Biodata William Hyde Wollaston Penemu Unsur Kimia Paladium dan Rhodium

Biodata William Hyde Wollaston Penemu Unsur Kimia Paladium dan Rhodium

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata William Hyde Wollaston seorang penemu unsur kimia paladium dan rhodium. Penasaran ingin tahu tentang penemu unsur kimia paladium dan rhodium, simak penjelasannya berikut ini.

William Hyde Wollaston adalah seorang ahli kimia dan fisika asal Inggris yang terkenal karena menemukan unsu kimia Paladium dan Rhodium. Dia juga mengembangkan cara untuk memproses bijih platina menjadi ingot lunak.

Biografi

William Hyde Wollaston lahir di East Dereham , Norfolk, pada tanggal 6 Agustus 1766. Ia putra dari pasangan Francis Wollaston dan Althea Hyde. Wollaston dididik di Charterhouse School dan Gonville dan Caius College, Cambridge.

Pada tahun 1793 Wollaston memperoleh gelar doktor dalam bidang kedokteran dari Universitas Cambridge, dan merupakan rekan senegaranya dari tahun 1787 sampai 1828.

Wollaston bekerja sebagai dokter di daerah pedesaan antara tahun 1793 samapi 1797, lalu pindah ke London. Selama masa studinya, Wollaston tertarik pada kimia, kristalografi, metalurgi dan fisika.

Wollaston terpilih sebagai Fellow dari Royal Society pada tahun 1793, di mana dia menjadi anggota berpengaruh. Wollaston menjabat sebagai presiden pada tahun 1820. Pada tahun 1822 Wollaston terpilih sebagai Anggota Kehormatan Asing dari American Academy of Arts and Sciences.

Wollaston tidak pernah menikah. William Hyde Wollaston meninggal di London pada tahun 1828 dan dimakamkan di Chislehurst , Inggris.

Karir

Setelah menjalin kemitraan dengan Smithson Tennant pada tahun 1800 untuk memproduksi dan menjual produk kimia, Wollaston menjadi kaya dengan mengembangkan metode fisiko-kimia pertama untuk memproses bijih platina dalam jumlah praktis.

Baca Juga :  Manfaat Daun Pepaya. Sayur Murah, Khasiat Melimpah!

Wollaston memegang rincian proses rahasia itu sampai mendekati kematiannya dan memperoleh keuntungan besar selama sekitar 20 tahun dengan menjadi satu-satunya pemasok di Inggris dari produk yang memiliki banyak kualitas yang sama seperti emas, namun jauh lebih murah.

Analisis kimia yang berkaitan dengan proses purifying platinum menyebabkan Wollaston untuk mengetahui unsur paladium (simbol Pd) pada tahun 1802 dan rhodium (simbol Rh) pada tahun 1804.

Paladium

Paladium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pd dan nomor atom 46. Paladium merupakan logam langka berwarna putih berkilau keperakan yang ditemukan pada tahun 1803 oleh William Hyde Wollaston. Dia menamakannya sesuai nama asteroid Pallas, julukan dewi Yunani Athena, yang diperolehnya ketika dia membunuh Pallas.

Paladium, platina, rodium, rutenium, iridium, dan osmium membentuk golongan unsur yang dirujuk sebagai logam golongan platina (platinum group metal, PGM). Mereka memiliki kemiripan sifat kimia, tetapi paladium memiliki titik lebur paling dan kerapatan paling rendah di antara golongan ini.

Lebih dari setengah dari pasokan paladium dan serupa platinum masuk ke dalam pengubah katalitik, yang mengkonversi sampai 90% gas berbahaya dari gas buang kendaraan bermotor (hidrokarbon, karbon monoksida, dan nitrogen dioksida) menjadi zat yang kurang berbahaya (nitrogen, karbon dioksida dan uap air).

Paladium juga digunakan dalam elektronik, kedokteran gigi, kedokteran, pemurnian hidrogen, aplikasi kimia, pemulihan air tanah dan perhiasan. Paladium memainkan peran kunci dalam teknologi yang digunakan untuk sel bahan bakar, yang menggabungkan hidrogen dan oksigen untuk menghasilkan listrik, panas, dan air.

Deposit bijih paladium dan PGM lainnya termasuk langka, dan deposit yang paling banyak telah ditemukan di sabuk norit Bushveld Igneous Complex yang meliputi Transvaal Basin di Afrika Selatan, Stillwater Complex di Montana, Amerika Serikat, Thunder Bay District di Ontario, Canada, dan Norilsk Complex di Rusia.

Baca Juga :  Biodata Said Daeng Muntu, Sastrawan Indonesia

Rhodium

Rhodium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Rh dan nomor atom 45. Rhodium adalah logam transisi yang jarang, berwarna keperakan putih, keras, dan kimiawi. Rhodium adalah anggota kelompok platinum.

Hanya ada satu isotop alami, 103 Rh. Rhodium alami biasanya ditemukan sebagai logam bebas, dicampur dengan logam sejenis, dan jarang sebagai senyawa kimia dalam mineral seperti bowieite dan rhodplumsite. Rhodium adalah salah satu logam mulia yang paling langka dan paling berharga.

Rhodium adalah logam mulia, tahan terhadap korosi, ditemukan dalam bijih platinum atau nikel bersama dengan anggota logam platinum lainnya. Ditemukan pada tahun 1803 oleh William Hyde Wollaston dengan satu bijih semacam itu, dan dinamai untuk warna mawar dari salah satu senyawa klorinnya, diproduksi setelah direaksikan dengan campuran asam kuat aqua regia .

Penggunaan utama elemen ini (sekitar 80% dari produksi rhodium dunia) adalah sebagai salah satu katalis dalam konverter katalitik tiga arah pada mobil. Karena logam rhodium bersifat inert terhadap bahan kimia korosi dan paling agresif, dan karena kelangkaannya, rhodium biasanya dicampur dengan platinum atau paladium dan diaplikasikan pada pelapis tahan korosi dan suhu tinggi.

Emas putih sering dilapisi dengan lapisan rhodium tipis untuk memperbaiki penampilannya sementara perak sterling sering berlapis rhodium untuk menghilangkan noda.

Penutup

Itulah biodata William Hyde Wollaston seorang penemu unsur kimia paladium dan rhodium. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :

  • https://en.wikipedia.org/wiki/William_Hyde_Wollaston
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Rhodium
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Paladium