jeruk dekopon dalam pot

Sukses Menanam Jeruk Dekopon dalam Pot

Sukses Menanam Jeruk Dekopon dalam Pot – Jeruk Dekopon merupakan salah satu varietas jeruk berasal dari Jepang. Jeruk dekopon memiliki kelebihan pada rasa yang sangat manis segar dan tidak memiliki biji. Kelebihan lain tentu saja ukurannya yang lebih besar daripada jeruk pada umumnya.

Nah Sobat, kali ini Waca Berita akan memberikan informasi tentang bagaimana agar bisa sukses menanam jeruk dekopon dalam pot.

Mengenal Jeruk Dekopon

Nama ilmiah Jeruk Dekopon adalah Citrus reticulata ‘Shiranui’ dan memiliki beberapa ciri khas. Ciri khas tersebut antara lain bentuknya yang sangat lucu, tidak seperti jeruk pada umumnya. Jeruk dekopon berbentuk bulat lonjong dan ada tonjolan di bagian atasnya menyerupai konde.

Jeruk Dekopon merupakan sebuah ragam tanpa biji dan manis dari jeruk mandarin. Jeruk tersebut adalah hibrida antara Kiyomi dan ponkan (Nakano no.3), yang dikembangkan di Jepang pada 1972.

Jeruk dekopon termasuk tanaman genjah, atau tanaman yang cepat berbuah. Baik ditanam di dataran tinggi maupun dataran rendah. Dapat ditanam dalam pot maupun pada lahan langsung.

Budidaya Jeruk Dekopon dalam Pot

Budidaya jeruk dekopon ini cukup mudah dilakukan, selain dapat ditanam langsung pada lahan dapat pula ditanam dalam pot sebagai tabulampot atau tanaman buah dalam pot. Jika sobat menanam tanaman jeruk dekopon ini di pekarangan rumah juga sekaligus dapat digunakan sebagai hiasan karena saat berbuah tanaman akan terlihat indah.

Baca Juga :  Biodata Charles Wheatstone, Penemu Stereogram

Untuk menanam jeruk dekopon dalam pot, beberapa hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

Persiapan Bibit Terbaik

Ada dua jenis bibit tanaman jeruk dekopon, yaitu bibit hasil perbanyakan generatif atau dari biji dan hasil perbanyakan vegetatif yaitu cangkok, okulasi dan penyambungan.

Bibit hasil perbanyakan generatif biasanya tidak langsung ditanam karena akan berbuah pada waktu yang cukup lama. Sehingga bibit ini biasanya digunakan dalam perbanyakan bibit vegetatif seperti okulasi, sambung pucuk dan sebagainya.

Untuk budidaya jeruk dekopon dalam pot, sebaiknya menggunakan bibit hasil perbanyakan vegetatif. Kelebihannya adalah sifat tanamannya bisa dipastikan sama dengan induknya. Selain itu bibit vegetatif lebih cepat berbuah.

Persiapan Pot untuk Menanam

Sobat bisa menggunakan pot seperti pada umumnya, yang perlu diingat pot tersebut harus memiliki lubang di dasarnya yang berfungsi mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam.

Pot tersebut juga sebaiknya memiliki kaki atau alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah. Hal ini bertujuan untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah. Kamu bisa mengganti kaki atau alas pot dengan batu bata atau yang sejenisnya jika pot yang digunakan tidak memiliki kaki atau alas.

Persiapan Media Tanam Yang Baik

Media tanam yang digunakan dalam menanam jeruk dekopon harus bisa menyimpan air dan memasok nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Media tanam tersebut merupakan campuran tanah gembur yang subur, pupuk kandang/kompos dan sekam dengan perbandingan 1:1:1.

Tahap Penanaman Bibit Jeruk Dekopon dalam Pot

Pada tahap ini kamu dapat meletakkan pecahan genteng dan batu bata pada dasar pot terlebih dahulu, sebelum media tanam dimasukan ke dalam pot.

Baca Juga :  Biodata Franz-Joseph Müller von Reichenstein Penemu Unsur Tellurium

Setelah media tanam disiapkan, masukkan bibit ke dalam pot. Jika bibit menggunakan polybag, usahakan media tanam dan bibit dalam polybag tidak pecah. Sementara jika bibit dari hasil cangkok, buka plastik penutup cangkokan, letakkan tepat di tengah-tengah pot. Atur peletakan agar tanaman tegak lurus/tidak miring. Timbun dengan media tanam yang sama hingga pangkal batang.

Simpan pot tersebut di tempat yang agak teduh untuk beradaptasi. Siram setiap pagi atau sore hari. Setelah seminggu, pot bisa dipindah ke tempat terbuka.

Pemupukan Tanaman Jeruk Dekopon

Kamu bisa menggunakan pupuk NPK dengan dosis 1 sendok makan. Lakukan pemupukan setelah dua minggu sejak penanaman bibit. Pemupukan dilakukan sebanyak 3 kali dengan interval 15 hari, dan setelah 3 kali pemupukan menggunakan pupuk NPK.

Sukses Menanam Jeruk Dekopon dalam Pot yang Potensinya Masih Menggiurkan

Jeruk dekopon dalam pot atau yang ditanam secara langsung di tanah, bisa berbuah di usia tiga tahun. Produktivitasnya bisa mencapai 50-80 kilogram per pohon dalam satu tahun.

Untuk harga per kilo jeruk dekopon masih tergolong tinggi, harga dari petani saja mulai Rp 50 ribu per kilogram.

Jeruk dekopon sudah mulai dibudidayakan oleh masyarakat di Indonesia, permintaan sudah mulai datang baik dari dalam maupun luar negeri, sementara petani jeruk dekopon masih bisa dihitung. Hal ini membuktikan bahwa potensi jeruk dekopon masih menggiurkan.

Demikian sedikit informasi tentang menanam jeruk dekopon dalam pot. Semoga bisa dipraktikan dan bermanfaat ya, Sob!

Afnan Rafiski

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Sukses Menanam Jeruk Dekopon dalam Pot yang dipublish pada Maret 6, 2023 di website Waca Berita

Artikel Terkait