Kunci Ayo Berlatih halaman 43 IPA SMA Kelas 10

Wacaberita.com – Kunci Ayo Berlatih halaman 43 IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka – Hai Sobat Pelajar, materi pembelajaran Kurikulum Merdeka yang akan kita bahas kali ini adalah Ayo Berlatih halaman 43 IPA SMA/SMK Kelas 10. Jawaban yang akan kami bagikan di bawah ini bukan merupakan jawaban yang mutlak benar, dapat dimungkinkan ada alternatif jawaban lain. Mari kita simak materinya bersama-sama berikut ini.

Kunci Ayo Berlatih halaman 43 IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

AYO BERLATIH

Setelah Kalian belajar tentang peranan virus, cobalah jawab pertanyaan berikut.                                                                                                                                       

1. Jodohkanlah nama virus dan penyakit yang benar!

Jodohkanlah nama virus dan penyakit yang benar!

Jawaban:

Polio → Poliovirus

Baca Juga :  Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 10 – 11 Aktivitas 1.3 Mikrometer Sekrup

AIDS → HIV

Rabies → Rhabdovirus,

Mosaik → TMV

Demam berdarah → Virus Dengue.

2. Melalui bioteknologi, insulin dapat dihasilkan dari sel bakteri. Gambar 2.5 adalah bagan pembentukan insulin.

Berdasarkan bagan tersebut, pada proses manakah kita bisa memanfaatkan virus dalam pembuatan insulin?

Jawaban:

Proses membawa gen insulin ke dalam tubuh virus.

3. Bacalah intisari artikel yang berjudul Efikasi Vaksin Sinovac 65,3 Persen, Bagaimana Cara Menghitungnya? yang ditulis oleh Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas.

Vaksin Covid-19 Sinovac secara resmi diijinkan digunakan di Indonesia. Nilai efikasi vaksin sinovac di bandung sebesar 65,3%, hal ini berbeda dengan nilai efikasi vaksin sinovac di Brasil yaitu sebesar 78% dan di Turki sebesar 91,75%. Bagaimana cara menghitung nilai efikasi vaksin sinovac di Bandung sehingga nilainya berbeda dengan negara lainnya? Uji vaksin Sinovac di Bandung melibatkan 1.600 orang, terdapat 800 orang yang menerima vaksin, dan 800 orang yang mendapatkan placebo (vaksin kosong). Pada kelompok yang menerima vaksin ada 26 yang terinfeksi Covid-19 atau 3,25%, sedangkan dari kelompok placebo ada 75 orang yang terkena Covid-19 atau 9,4%. Nilai efikasinya adalah (0,094–0,0325)/0,094 × 100% = 65,3%. Dengan demikian nilai efikasi adalah perbandingan antara kelompok yang diberi vaksin dengan kelompok yang diberi placebo.

Berdasarkan artikel tersebut, jawablah pertanyaan berikut.

a. Apakah variabel terikat dan variabel bebas dalam penelitian tersebut?

Jawaban:

Variabel bebas: pemberian vaksin atau tidak,

variabel terikat: terinfeksi atau tidaknya virus corona

b. Jika seandainya dilakukan uji efikasi vaksin sinovac di suatu daerah dengan pengujian kepada 500 orang yang menerima vaksin dan 500 orang sebagai pembanding dan ditemukan 20 orang yang menerima vaksin mengalami Covid-19, sedangkan 100 orang kelompok pembanding mengalami Covid-19. Berapakah efikasi vaksin tersebut!

Jawaban:

Kelompok yg divaksin = 20/500 = 0,04

Baca Juga :  Jawaban Lembar Aktivitas 3 halaman 102 Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Kelompok yang tidak divaksin = 100/500 = 0,2

Efikasi = (0,2 – 0,04) / 0,2 x 100% = 80%

c. Tentukan apakah aktivitas penelitian dalam menguji efikasi virus benar atau salah. Apa alasan Kalian menyatakan benar atau salah?

Jawaban:

Aktivitas penelitian

Orang yang akan diberikan vaksin harus dalam kondisi sehat. Jawaban: benar

Jumlah orang yang diberikan vaksin boleh lebih banyak dibandingkan dengan kelompok pembanding. Jawaban: Salah

Alasan: Syarat orang yang diberikan vaksin corona adalah dalam kondisi sehat supaya apabila penyakit tersebut menyerang saat divaksin maka tidak menyebabkan fatal. Pada saat pengujian efikasi, maka jumlah orang yang diberikan vaksin dengan yang tidak harus sama.

Demikian materi Kunci Ayo Berlatih halaman 43 IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu Sobat semua dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tetap semangat belajar dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga: