Kunci Ayo Berlatih halaman 39 dan 40 IPA SMA Kelas 10

Kunci Ayo Berlatih halaman 39 dan 40 IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Wacaberita.com – Kunci Ayo Berlatih halaman 39 dan 40 IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka – Hai Sobat Pelajar, materi pembelajaran Kurikulum Merdeka yang akan kita bahas kali ini adalah Ayo Berlatih halaman 39 dan 40 IPA SMA/SMK Kelas 10. Jawaban yang akan kami bagikan di bawah ini bukan merupakan jawaban yang mutlak benar, dapat dimungkinkan ada alternatif jawaban lain. Mari kita simak materinya bersama-sama berikut ini.

Kunci Ayo Berlatih halaman 39 dan 40 IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

LATIHAN SOAL TERPADU

SOAL B

Ayo Berlatih

Setelah Kalian belajar tentang replikasi virus, cobalah jawab pertanyaan berikut.

1. Urutkanlah proses tahapan proses replikasi virus berikut.

Dilihat dari tahapannya, siklus apakah yang terjadi?

Jawaban:

Urutan tahapan

tahap pelekatan, penetrasi, sintesis, perakitan dan sel lisis

Terjadi siklus listik

Pada siklus litik perkembangbiakan virus diawali dengan tahap melekatnya virus pada sel inang, kemudian penetrasi asam nukleat virus ke dalam sel inang. Tahap selanjutnya adalah asam nukleat virus akan memerintah sel inang untuk mensintesis asam nukleat dan bagian tubuh virus untuk dirakit menjadi tubuh virus baru. Akhir siklus ini sel inang pecah dan mengeluarkan banyak virus baru.

Baca Juga :  Kunci Ayo Berlatih halaman 83 Bilangan Avogadro dan Jumlah Mol IPA SMA Kelas 10

2. Identifikasilah persamaan dan perbedaan siklus litik dan lisogenik dengan menggunakan diagram venn berikut.

Jawaban:

Persamaan dan Perbedaan

persamaan dan perbedaan siklus litik dan lisogenik dengan menggunakan diagram venn

3. Berikut adalah penggalan berita hoax atau bohong tentang bagaimana virus corona memperbanyak diri.

Virus corona yang tanpa sengaja menempel pada kulit tangan, akan menginfeksi sel-sel pada kulit tangan. Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus. Itulah mengapa kita harus mencuci tangan agar virus tidak menginfeksi sel kulit.

a. Berdasarkan paragraf tersebut, pernyataan mana sajakah yang benar?

Jawaban:

Pernyataan yang benar

Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus

b. Menurut Kalian, kegiatan laboratorium manakah yang dapat membuktikan bahwa mencuci tangan dapat mengurangi infeksi virus?
Apa alasan Kalian menyatakan benar atau salah?

Jawaban:

Kegiatan laboratorium

a. Mengamati di bawah mikroskop elektron sel kulit tangan yang terpapar virus corona dan sel kulit tangan yang telah dicuci dengan sabun. Jawaban: Salah

b. Membandingkan jumlah yang tertular Covid-19 antara kelompok orang yang tidak mencuci tangan dan yang selalu mencuci tangan setelah kontak dengan penderita Covid-19. Jawaban: Benar

c. Mencampur virus corona dengan air sabun kemudian mengecek strukturnya di bawah mikroskop elektron. Jawaban: Benar

Alasan: Untuk menguji adanya keberhasilan dalam penggunaan sabun dalam mengurangi infeksi virus corona, dapat dilakukan dengan membandingkan jumlah yang terkena Covid-19 antara kelompok orang yang mencuci tangan dengan yang tidak ataupun melihat struktur virus yang telah mengalami kontak dengan sabun untuk melihat apakah sabun efektif merusak struktur virus sehingga peluang untuk menginfeksinya kecil. Virus corona tidak menyerang sel kulit tangan sehingga kurang tepat untuk mengobervasinya di bawah mikroskop elektron.

Baca Juga :  Latihan Pemahaman Topik 7 Modul 2 Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

Demikian materi Kunci Ayo Berlatih halaman 39 dan 40 IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu Sobat semua dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tetap semangat belajar dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga:

You May Also Like

About the Author: Wiwit Husni