Penyebab Kerusakan Ekosistem

Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 64 Kejadian apa di kelompok kalian yang paling banyak memutus rantai makanan

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 64 Kejadian apa di kelompok kalian yang paling banyak memutus rantai makanan. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Topik C: Ekosistem yang Harmonis

Pertanyaan Esensial
1. Apa hubungan jaring-jaring makanan dengan keseimbangan ekosistem?
2. Apa peran manusia dalam menjaga keseimbangan ekosistem

Jaring-jaring makanan sangat erat kaitannya dengan populasi makhluk hidup. Karena proses ini menggambarkan keberlangsungan hidup anggota ekosistem. Jika hewan bisa makan maka akan bertahan hidup dan bisa berkembang biak. Jika hewan dimakan maka jumlahnya akan berkurang. Semua ini berlangsung secara alami dan membuat ekosistem tetap seimbang. Lalu, bagaimana jika satu komponen hilang? Apa yang terjadi jika ada perubahan lingkungan pada ekosistem, seperti misalnya pembangunan dan penebangan hutan? Yuk, kita pelajari bersama-sama.

Lakukan Bersama

Penyebab Kerusakan Ekosistem

Masih ingat dengan permainan jaring-jaring makanan di Topik A? Yuk, kita lanjutkan permainan ini! Sebelum mulai, siapkan kembali benang dan kertas labelnya, ya.

1. Gunakan kembali jaring-jaring makanan yang sudah kalian buat di karya sebelumnya sebagai anggota ekosistem.

2. Buatlah lingkaran dengan kelompok kalian dan hubungkan dengan benang sesuai dengan perannya masing-masing.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 97 Apakah teknologi harus menggunakan listrik

3. Sekarang, mari kita bermain “andaikan”. Buatlah cerita andaikan yang membuat peran yang dimainkan hilang/berkurang di ekosistem itu. Setelah mengutarakan “andaikan”, keluarlah dari lingkaran dan lepaskan benang yang dipegang.

4. Perhatikan contoh berikut.

“Andaikan ada kebakaran hutan sehingga pohon-pohon hangus terbakar”

a. Maka yang berperan menjadi pohon keluar dari lingkaran dan  melepaskan benang yang dipegangnya.

b. Teman lain yang terhubung dengan pohon harus memikirkan apakah bisa bertahan dalam lingkaran atau harus ikut keluar. Jika keluar, maka ia juga akan melepaskan benangnya. Begitu seterusnya.

5. Jika tidak ada lagi yang perlu keluar lingkaran, ulangi permainan dengan cerita yang baru. Lakukan permainan sampai 3 atau 4 cerita “andaikan”.

6. Setelah selesai permainan ini, coba renungkan pertanyaan berikut dan tulis dalam buku tugas kalian.

a. Kejadian apa di kelompok kalian yang paling banyak memutus rantai makanan?

Jawaban : Bervariasi, namun kemungkinan besar saat produsen hilang.

b. Apa yang terjadi saat konsumen tingkat 3 hilang dari ekosistem?

Jawaban : Bervariasi, namun konsumen tingkat 2 dan 1 akan kehilangan predatornya.

c. Apa yang terjadi saat tidak ada produsen?

Jawaban : Yang terjadi ialah berdampak pada konsumen tingkat 1 sampai tingkat 3.

d. Apakah ada kejadian yang menurut kalian bisa menambah banyak populasi hewan lain?

Jawaban : Bervariasi, namun berkaitan dengan hilangnya predator. Elaborasikan bahwa ketika konsumen tingkat 2 keluar lingkaran, tidak hanya konsumen tingkat 3 yang kehilangan makanan namun juga konsumen tingkat 1 bisa bertambah banyak.

e. Dari kegiatan yang sudah dilakukan, faktor apa saja yang bisa menyebabkan rusaknya ekosistem?

Jawaban :  faktor alam dan faktor ulah manusia.

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 64 Kejadian apa di kelompok kalian yang paling banyak memutus rantai makanan. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 61 Mengapa makhluk hidup membutuhkan energi