Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 143

jawaban ips kelas 7 halaman 143

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita, kembali lagi redaksi Waca Berita akan memberikan artikel tentang jawaban pelajaran IPS Kelas 7 SMP MTs Kurikulum Merdeka Halaman 143 yaitu Lembar Aktivitas 2.

Pada tema ini Sobat bisa menemukan pembahasan tentang Aktivitas kehidupan masyarakat pada masa lalu.

Leluhur bangsa Indonesia mempunyai kemampuan yang cerdas untuk menerima budaya baru dari luar. Mereka mempunyai sifat terbuka dan dapat mengolah budaya dari luar.

Local genius yang dimiliki oleh leluhur bangsa Indonesia dapat menjadikan budaya asli mereka tidak serta-merta hilang. Mereka memadukan unsur-unsur budaya dari luar dengan budaya yang telah ada dan hidup dari generasi ke generasi.

Jawaban Lembar Aktivitas 2 IPS Kelas 7 Halaman 143

Pada Halaman 143 buku mata pelajaran IPS SMP Mts Kelas 7 Kurikulum Merdeka pada Aktivitas 2 terdapat pertanyaan berikut ini.

jawaban ips kelas 7 halaman 143

Bagaimana pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha pada sistem keagamaan, pemerintahan, sosial, ekonomi, dan seni budaya?

Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha pada sistem keagamaan

Dengan masuknya agama Hindu-Buddha, maka secara perlahan menggantikan kepercayaan terdahulu, yaitu animisme dan dinamisme. Bahkan terdapat akulturasi antara kepercayaan terdahulu dengan agama Hindu-Buddha ini.

Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha pada sistem pemerintahan

Sebelum dikenalnya agama Hindu-Buddha, masyarakat Indonesia mengenal sistem kepemimpinan berdasarkan kelebihannya, baik kelebihan spiritual ataupun fisik.

Sistem kepemimpinan ini dikenal dengan primus interpares. Namun, dengan masuknya agama Hindu-Buddha juga menyebabkan masuknya sistem pemerintahan baru, yaitu kerajaan dengan pemimpinnya adalah raja.

Baca Juga :  Jawaban BAB 4 Ulasan Matematika Halaman 281 Kelas 7

Raja pertama adalah raja pendiri dari kerajaan yang takhtanya akan dilanjutkan oleh anak laki-lakinya.

Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha pada sosial dan ekonomi

Masuknya kebudayaan Hindu-Buddha juga memengaruhi bidang sosial, yaitu dengan diperkenalkannya sistem sosial berupa kasta. Terdapat empat kelas sosial atau kasta, yaitu brahmana (ahli agama), ksatria (prajurit dan bangsawan), waisya (pedagang), dan sudra (kasta terbawah).

Sedangkan pada bidang ekonomi adalah jalur perdagangan Indonesia yang tambah ramai sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat kala itu.

Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha pada seni budaya

Terdapat banyak sekali bentuk dari pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia. Pada seni arsitektur, seperti candi dan petirtaan. Pada seni ukir adalah relief yang dipahat pada candi. Sedangkan pada seni sastra adalah berbagai kitab dan kakawin yang ditulis oleh para pujangga.

Demikian Jawaban Lembar Aktivitas 2 IPS Kelas 7 Halaman 143

Nah itulah pembahasan tentang Jawaban Lembar Aktivitas 2 IPS Kelas 7 Halaman 143. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar Sobat semua. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afid Setyadi