Jawaban Latihan Pemahaman Topik 13 Modul 1 Literasi Dalam Kurikulum Merdeka
Jawaban Latihan Pemahaman Topik 13 Modul 1 Literasi Dalam Kurikulum Merdeka

Latihan Pemahaman Topik 13 Modul 1 Literasi Dalam Kurikulum Merdeka

Wacaberita.comJawaban Latihan Pemahaman Topik 13 Modul 1 Literasi Dalam Kurikulum Merdeka – Halo rekan-rekan guru, kali ini kami akan membagikan materi seputar pemanfaatan platform merdeka mengajar pada fitur pelatihan mandiri. Dalam fitur ini, para guru dituntut untuk memahami serangkaian materi melalui topik dan modul di mana di dalamnya terdapat materi modul berupa video/pdf, latihan pemahaman, refleksi, serta post test, dan diakhiri dengan mengerjakan aksi nyata.

Materi yang akan kami bagikan adalah jawaban latihan pemahaman pada Topik 13 Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman Modul 1 Literasi Dalam Kurikulum Merdeka. Latihan pemahaman ini dikerjakan setelah Sobat guru menyaksikan materi modul yang ditampilkan melalui video maupun harus didownload dulu dalam bentuk pdf. Mari langsung saja kita simak jawabannya di bawah ini.

Baca Juga :  Jawaban Topik 10 Modul 2 Restitusi

Jawaban Latihan Pemahaman Topik 13 Modul 1 Literasi Dalam Kurikulum Merdeka

Jawaban Latihan Pemahaman Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka

1. Literasi adalah kemampuan untuk mengenali, memahami, menafsirkan, mencipta, mengkomputasi, dan berkomunikasi menggunakan simbol visual, auditori, dan digital mengenai topik lintas disiplin dan keilmuan. Pernyataan di atas adalah…

a. Benar

b. Salah

2. Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan nomor 0340 tahun 2022 mengatur tentang…

a. Panduan Pembelajaran dan Asesmen

b. Capaian Pembelajaran

c. Kompetensi Literasi Guru

d. Pedoman Penerapan Kurikulum

Jawaban Cerita Reflektif Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka

Apakah ibu dan bapak ingat bagaimana praktik pembelajaran membaca saat ibu dan bapak bersekolah dulu? Bagaimana perbedaannya dengan yang ibu dan bapak praktikkan saat ini?

Contoh Jawaban:

Ya, saya masih ingat. Dulu, saya membaca teks bacaan saat pembelajaran, baik sendiri maupun klasikal dengan teman-teman. Namun sekarang sebagai guru, saya menerapkan beberapa praktik membaca di kelas. Selain saat proses pembelajaran, saya menerapkan praktik membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Bagi murid yang belum lancar membaca, maka diadakan tambahan waktu. Selain itu, murid juga memiliki kegiatan membaca di perpustakaan secara rutin. Tidak hanya sebatas membaca, praktik membaca yang saya lakukan juga ditindaklanjuti dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengukur kemampuan analisis siswa terhadap bacaan. Dengan demikian, saya sebagai guru mampu mengetahui kemampuan membaca murid. Murid harus dibimbing sesuai dengan kemampuan membacanya, tidak boleh disamaratakan.

Jawaban Latihan Pemahaman Kegiatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka

1. Untuk meningkatkan minat dan keterampilan membaca peserta didik, pendidik cukup memberikan tugas membaca maupun soal-soal terkait bacaan.

Pernyataan di atas adalah…

a. Benar

b. Salah

Jawaban Cerita Reflektif Kegiatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka

Apakah ibu dan bapak ingat bagaimana praktik pembelajaran membaca saat ibu dan bapak bersekolah dulu? Bagaimana perbedaannya dengan yang ibu dan bapak praktikkan saat ini?

Contoh Jawaban:

Ya, saya masih ingat. Dulu, saya membaca teks bacaan saat pembelajaran, baik sendiri maupun klasikal dengan teman-teman. Namun sekarang sebagai guru, saya menerapkan beberapa praktik membaca di kelas. Selain saat proses pembelajaran, saya menerapkan praktik membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Bagi murid yang belum lancar membaca, maka diadakan tambahan waktu. Selain itu, murid juga memiliki kegiatan membaca di perpustakaan secara rutin. Untuk menarik kegiatan membaca, saya juga mengajak murid untuk membaca secara ekspresif atau membaca sambal mendongeng. Tidak hanya sebatas membaca, praktik membaca yang saya lakukan juga ditindaklanjuti dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengukur kemampuan analisis siswa terhadap bacaan. Dengan demikian, saya sebagai guru mampu mengetahui kemampuan membaca murid. Murid harus dibimbing sesuai dengan kemampuan membacanya, tidak boleh disamaratakan.

Baca Juga :  Jawaban Topik 14 Modul 1 Membaca Bersama

Demikian artikel Jawaban Latihan Pemahaman Topik 13 Modul 1 Literasi Dalam Kurikulum Merdeka yang dapat kami bagikan kepada Sobat Pewaca semua. Informasi yang kami bagikan bukan mutlak sebuah kebenaran, sehingga terbuka bagi kami untuk menerima koreksi, kritik serta saran dari Anda semua. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Sobat semua, terima kasih telah mengunjungi website ini.