Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan – Sobat Waca Berita, siapa yang tak kenal dengan Buah Naga? Buah naga (Inggris: Pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Begitu banyak nutrisi dan vitamin dalam buah naga sehingga seringkali buah ini disebut sebagai “Superfood”. Buah naga memiliki kalori yang rendah tetapi mengandung banyak vitamin dan mineral penting serta mengandung sejumlah besar serat makanan.

Kandungan Gizi Buah Naga

Buah naga memiliki tampilan kulit berwarna merah dengan daging buah berwarna putih atau merah. Rasanya manis dengan sedikit masam. Buah naga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan kesehatan tubuh. Berdasarkan data U.S. Department of Agriculture, kandungan buah naga dengan berat 227 gram meliputi:

  • Kalori: 136
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 29 gram
  • Serat: 7 gram
  • Vitamin C: 4 milligrams
  • Calcium: 31 milligrams
  • Iron: 1 gram
  • Magnesium: 68 milligrams

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Berbagai manfaat buah naga telah dirangkum oleh redaksi Waca Berita berikut ini.

Mengurangi risiko terkena penyakit

Kandungan antioksidan dalam buah naga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis. Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Studi dalam British Journal of Pharmacology menunjukkan bahwa mengonsumsi buah naga yang mengandung antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

Baca Juga :  Biodata Rosihan Anwar, Tokoh Pers Indonesia

Manfaat Buah Naga untuk Meningkatkan imun tubuh

Buah naga mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu dalam memerangi batuk dan asma. Tak hanya itu, buah naga juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan luka dengan cepat karena kandungan vitamin C di dalamnya.

Melancarkan pencernaan

Manfaat buah naga untuk melancarkan pencernaan terletak pada kandungan prebiotiknya. Prebiotik berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus Sobat. Dilansir dari jurnal Food Chemistry, prebiotik adalah jenis serat khusus yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di lambung. Mengonsumsi buah naga secara teratur dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare. Hal itu karena prebiotik memicu pertumbuhan bakteri baik yang menurut para peneliti dapat mengalahkan bakteri jahat.

Mengandung asam lemak yang menyehatkan

Buah naga mengandung asam lemak yang menyehatkan pada bagian bijinya. Menurut penelitian di World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, biji buah naga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-9 serta minyak alami yang baik untuk tubuh. Omega-3 bekerja baik untuk kesehatan jantung. Asam lemak ini dapat mencegah detak jantung tidak teratur, mengurangi plak lemak di dalam dinding arteri, menurunkan pembekuan darah, menurunkan trigliserida (lemak darah), meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan mengurangi peradangan.

Membantu mencegah kanker

Studi oleh Leonie de Munter dkk. dalam American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2015 menemukan hubungan antara asupan vitamin C dan risiko kanker. Manfaat buah naga dalam mencegah kanker ada pada kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam studi tersebut, 120.852 orang yang memiliki asupan vitamin C yang tinggi dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Manfaat Buah Naga untuk Meningkatkan kadar zat besi

Buah naga kaya akan zat besi yang berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga berfungsi untuk memecah makanan menjadi energi. Namun, banyak orang tidak mendapatkan zat besi yang cukup. Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Cold Spring Harbor Perspectives in Medicine menemukan bahwa 30% populasi dunia kekurangan zat besi. Jadi, mengonsumsi buah naga secara rutin dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. BACA JUGA 20 Manfaat Buah Naga, Bisa untuk Makanan Pendamping ASI

Baca Juga :  Biodata Reynold B. Johnson Penemu Hard Disk Komputer

Mengandung banyak vitamin

Buah naga juga mengandung kelompok vitamin B (B1, B2 dan B3) yang memiliki peran penting dalam kesehatan. Vitamin B1 memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi energi dan metabolisme karbohidrat. Vitamin B2 dalam bertindak sebagai multivitamin dan membantu memperbaiki serta memulihkan nafsu makan yang hilang. Vitamin B3 yang ada dalam buah naga berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan memberikan tampilan kulit yang halus dan lembab serta meningkatkan indera penglihatan dan mencegah hipertensi.

Cara Mengolah Buah Naga Menjadi Jus

Buah naga dapat diolah menjadi jus yang menyegarkan. buah naga tetap mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Buah naga yang belum matang akan berwarna hijau. Untuk membuat jus buah naga, carilah yang berwarna merah cerah. Beberapa bintik pada kulit buah naga itu normal, tetapi terlalu banyak bercak seperti memar dapat menunjukkan bahwa buah naga itu terlalu matang. Buah naga yang matang akan terasa lembut tapi tidak lembek. Untuk membuat buah naga, potong buah naga kemudian masukkan ke dalam blender dan tambahkan sedikit madu sebagai pengganti gula.

Penutup: Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Nah itu dia Sobat penjelasan tentang Buah Naga dan manfaatnya untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat ya!