Kaktus Spiral Cereus Validus Spiralis

Kaktus Spiral Cereus Validus Spiralis – Sobat, kaktus yang satu ini juga biasa dikenal sebagai ‘Spiralis’. Tanaman ini dikenal indah namun langka. Saat tanaman tumbuh perlahan, Kamu akan melihat bahwa batangnya berbentuk kolom dan hijau hingga biru-hijau. Saat tanaman dewasa, kaktus ini bisa mencapai tinggi sekitar 5 m dan diameter sekitar 12,5 cm. Kaktus ini memiliki bunga berwarna putih yang indah.

Klasifikasi Ilmiah Kaktus Spiral

  • Famili: Cactaceae
  • Subfamili: Cactoideae
  • Suku: Cereeae
  • Genus: Cereus

Fakta Singkat Kaktus Spiral:

  • Lebih suka sinar matahari penuh
  • Bisa ditanam di luar ruangan
  • Tumbuh setinggi 5 m
  • Tumbuh hingga lebar 12,5 cm
  • Bisa mati dengan mudah jika terlalu banyak air (overwatering)
  • Tidak tahan cuaca dingin
  • Tumbuh lebih baik pada areal yang panas
  • Bisa diperbanyak dengan stek atau biji
  • Bunganya berwarna putih

Cara Memperbanyak Kaktus Spiral Cereus Validus ‘Spiralis’

Spiralis dapat diperbanyak dengan stek atau biji. Seperti semua jenis sukulen lainnya, campuran tanah yang dikeringkan dengan baik sangat penting.

Cara Memperbanyak Cereus Validus ‘Spiralis’ dengan Stek

Saat memperbanyak Kaktus spiral dengan stek, potong daun dari tanaman induk dengan hati-hati menggunakan pisau atau gunting bersih. Sebelum penanaman kembali, tunggu beberapa hari agar hasilnya lebih maksimal. Gunakan tanah yang dikeringkan dengan baik untuk tanaman sukulen baru Sobat. Tapi tetap disiram ya sob.

Cara Memperbanyak Cereus Validus ‘Spiralis’ Menggunakan Biji

Jenis sukulen ini pertumbuhannya lambat sehingga meskipun dapat diperbanyak dengan bijinya, cara ini tidak dianjurkan. Untuk berkembang biak dari biji, tanam benih dalam campuran tanah yang dikeringkan dengan baik. Cara ini bisa digunakan di luar ruangan.

Baca Juga :  Agar Tanaman Kribo Ungu Tetap Cantik Menarik

Merawat Cereus Validus ‘Spiralis’ si Kaktus Spiral

Jenis sukulen ini adalah salah satu yang unik yang mekar di musim semi. Saat mekar, Kamu dapat menikmati bunga berwarna putih. Ini adalah tambahan yang bagus untuk koleksi tanaman hias terutama jika Kamu memajangnya dalam pot yang indah. Berikut merupakan cara merawat si spiral ini.

Perhatikan saat memberi air

Cereus Validus ‘Spiralis’ bisa menjadi sangat indah jika dirawat dengan baik. Jenis sukulen ini membutuhkan penyiraman yang khas seperti sukulen lainnya. Metode penyiraman sangat penting untuk menjaga kesehatan Kaktus Spiral.

Untuk penyiraman perlu diperhatikan intensitas airnya. Jumlah air yang berlebihan harus dihindari. Cara penyiraman terbaik adalah dengan cara merendam dan mengeringkan sukulen ini. Namun, sukulen harus dikontrol untuk menghindari overwatering.

Tempat Menanam

Sukulen Cereus Validus ‘Spiralis’ membutuhkan cahaya yang kuat. Saat menanam jenis sukulen ini di kebun, pastikan mendapat sinar matahari. Matahari penuh hingga sebagian adalah yang terbaik untuk pertumbuhannya. Lebih baik menanam di luar ruangan daripada di dalam ruangan.

Jenis sukulen ini lebih menyukai iklim yang hangat. Jika kamu tinggal di daerah yang dingin, lebih baik menanam Spiral di lingkungan dalam ruangan. Selama mendapat sinar matahari yang cukup, tanaman akan tumbuh dengan sehat.

Demikian informasi tentang Kaktus Spiral Cereus Validus Spiralis, semoga bermanfaat ya Sob!