Segudang Manfaat Pepaya Yang Kaya Enzim dan Vitamin

Segudang Manfaat Buah Pepaya, Kaya Enzim dan Vitamin – Sobat Waca berita, siapa yang tak mengenal Pepaya? Banyak orang yang menyukai buah ini karena manfaatnya. Akan tetapi ada sebagian orang yang tidak menyukainya karena aromanya yang cukup menyengat, terutama buah pepaya yang sangat matang. Meski tidak semenyengat durian, aroma pepaya memang sangat khas.

Buah dari tanaman Carica papaya ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan tetapi sekarang tumbuh di banyak bagian lain dunia.

Pepaya berbentuk mirip buah pir dan panjangnya bisa mencapai 20 inci atau sekitar 51 centimeter (cm). Kulitnya berwarna hijau saat mentah dan jingga saat matang, sedangkan daging buah berwarna kuning, jingga atau merah.

Buah ini disebut memiliki banyak nutrisi seperti enzim dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Nah sobat, sebelum membahas manfaatnya, berikut fakta-fakta menarik yang belum banyak diketahui tentang buah pepaya:

  • Enzim papain dalam pepaya dapat memecah rantai protein pada daging dan otot. Karena itu, sejak ribuan tahun yang lalu masyarakat menggunakan pepaya untuk melunakkan daging.
  • Selain daging buahnya, biji pepaya juga bisa dimakan. Rasanya seperti lada hitam, sehingga beberapa negara menggunakan biji pepaya sebagai pengganti rempah.
  • Mengonsumsi terlalu banyak pepaya dapat menyebabkan karotenemia, yaitu kondisi di mana telapak kaki dan telapak tangan menguning. Hal ini bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya.
  • Hingga saat ini hanya ada 2 varietas pepaya, yaitu pepaya Meksiko dan Hawaii. Pepaya Meksiko dapat memiliki berat hingga 4,5 kilogram (kg) sedangkan pepaya Hawaii biasanya memiliki berat sekitar 500 gram (g).
Baca Juga :  Biodata Walther Flemming Penemu Mitosis dan Kromosom

Kandungan Buah Pepaya

Mirip dengan buah lainnya, pepaya sangat menyehatkan jika dimakan sebagai bagian dari diet seimbang, kalorinya pun rendah sehingga dapat dikonsumsi jika kamu ingin menurunkan berat badan.

Berikut ini kandungan dalam setiap 152 g buah pepaya:

  • Kalori: 59
  • Karbohidrat: 15 g
  • Serat: 3 g
  • Protein: 1 g
  • Vitamin C: 157% dari total vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam sehari
  • Vitamin A: 33% dari total vitamin A yang dibutuhkan tubuh dalam sehari
  • Folat (vitamin B9): 14% dari total folat yang dibutuhkan tubuh dalam sehari
  • Kalium: 11% dari total kalium yang dibutuhkan tubuh dalam sehari
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Vitamin B1
  • Vitamin B3
  • Vitamin B5
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Antioksidan karotenoid
  • Enzim papain

Segudang Manfaat Pepaya

Dengan melimpahnya kandungan vitamin, serat, hingga antioksidan di dalamnya. Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Pepaya dapat dikonsumsi langsung maupun dicampurkan pada yogurt, smoothie, salad, dan dibuat jus.

Kandungan nutrisinya terbukti dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker, radang sendi, sembelit, dan masih banyak lagi. Berikut daftar khasiat pepaya bagi kesehatan:

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh berperan sebagai pelindung terhadap berbagai infeksi yang dapat membuat kamu jatuh sakit.

Satu buah pepaya mengandung lebih dari 200% kebutuhan harian vitamin C, menjadikannya bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

Meningkatkan Kondisi Pencernaan

Makan pepaya setiap hari dapat meningkatkan kondisi pencernaan karena pepaya memiliki kandungan enzim yang dikenal sebagai papain dan serat yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Orang-orang di daerah tropis menganggap pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar lainnya.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi formula berbahan pepaya selama 40 hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam sembelit dan kembung.

Baca Juga :  Cara Merawat Ikan Cupang Rose Tail

Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Pepaya kaya akan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan seperti beta-karoten yang membantu mencegah kulit kamu dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat mengakibatkan keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Manfaat Pepaya dapat Mencegah kanker

Pepaya kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid yang mencegah sel untuk mengalami kerusakan akibat radikal bebas.

Beberapa penelitian juga mengaitkan konsumsi pepaya dengan penurunan risiko kanker usus besar dan prostat.

Manfaat Pepaya Ternyata Mampu Membantu Mengurangi Stres

Buah pepaya kaya akan beberapa nutrisi seperti vitamin C yang dapat membuat kamu terbebas dari stres.

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Alabama, ditemukan bahwa 200 miligram (mg) vitamin C dapat membantu mengatur aliran hormon stres.

Membantu Meredakan Nyeri Haid

Wanita yang mengalami nyeri saat menstruasi dapat mengonsumsi pepaya untuk mengurangi rasa sakitnya.

Hal ini dikarenakan enzim yang disebut papain yang terkandung dalam pepaya dapat membantu mengatur dan melancarkan aliran selama periode menstruasi.

Melindungi dari Penyakit Radang Sendi (Arthritis)

Makan pepaya baik untuk kesehatan tulang karena memiliki sifat anti-inflamasi dan vitamin C yang membantu menjaga berbagai bentuk penyakit radang sendi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of the Rheumatic Diseases menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan rendah vitamin C tiga kali lebih mungkin menderita radang sendi daripada mereka yang rajin mengonsumsi makanan kaya vitamin C.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Pepaya sangat rendah kalori dan tinggi akan serat sehingga membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Dengan saluran pencernaan yang sehat dan sistem kekebalan tubuh, pepaya membantu menurunkan berat badan secara keseluruhan. Serat alami di dalamnya dapat mendetoksifikasi tubuh dan membersihkannya, sehingga tubuh tetap sehat dan bugar.

Baca Juga :  Cara Menanam Kembang Sepatu di Pekarangan Rumah

Bagus untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Pepaya juga bagus untuk rambut karena mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut.

Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan vitamin C dalam pepaya dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen, yang memberikan struktur pada kulit.

Manfaat Pepaya Dapat Mencegah Diabetes

Meskipun buah tropis ini dikenal dengan rasa manisnya, buah ini bagus untuk penderita diabetes atau kamu ingin mengurangi risiko menderita diabetes.

Rasa manisnya alami, dan tidak seperti buah-buahan lainnya, buah ini memiliki kandungan gula yang rendah serta kadar glukosa yang rendah.

Buah pepaya juga kaya dengan nutrisi yang berkualitas tinggi yang dapat menjaga kadar gula darah dan kolesterol.

Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kaya akan antioksidan dan fitokimia, pepaya membantu menjaga kesehatan jantung dan melawan dari kemungkinan terserang penyakit jantung.

Ditambah dengan kandungan vitamin C, serat, dan kalium yang dapat meningkatkan aliran darah dan menjaga arteri tetap sehat.

Manfaat Pepaya, Luar Biasa

Nah, itu dia nutrisi dan manfaat kesehatan yang terkandung dalam buah pepaya. Rutin konsumsi buah dan sayur agar kesehatan senantiasa terjaga ya, Sobat.

Selain rasanya yang enak, pepaya juga mengandung segudang nutrisi yang dapat mencegah berbagai macam masalah kesehatan. Yuk, mulai hidup sehat. Semoga artikel ini bermanfaat!