Marketing , Pengertian dan Tujuanya

Waca Berita – Marketing , Pengertian dan Tujuanya. Berikut akan kami jabarkan sepintas tentang marketing dan tujuan marketing serta penjelasan lain terkait bahasan marketing.

Kegiatan pemasaran (marketing) sangat menyentuh setiap kehidupan manusia. Melalui sarana pemasaran (marketing), produk dan jasa yang menciptakan standard hidup dikembangkan dan disuguhkan kepada masyarakat.

Baca Juga : Pasar, Pengertian dan Segmentasinya

Pengertian Marketing

Marketing mencakup banyak kegiatan, mulai dari riset pemasaran, pengembangan produk, distribusi, periklanan, dan kegiatan pemasaran lainnya. Pemasaran memadukan beberapa kegiatan yang dirancang untuk melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. Keberhasilan perusahaan pada dasarnya adalah keberhasilan dalam pemasarannya.

marketing

Marketing adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

Pengertian tersebut bersandar pada konsep inti pemasaran, yang meliputi:

kebutuhan (needs), keinginan (wants) dan permintaan (demands); produk (barang, jasa, dan gagasan); nilai, biaya, dan kepuasan; pertukaran dan transaksi; hubungan dan jaringan; pasar; serta pemasar dan prospek.

Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tujuan Akhir Marketing

Tujuan akhir pemasaran atau marketing berhubungan erat dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan. Untuk mencapai tujuannya, pihak perusahaan menitikberatkan kepada kepuasan pelanggan, memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, menyediakan barang atau jasa, distribusi, diferensiasi produk, dan lain sebagainya. Karakteristik yang
mempengaruhi perilaku pelanggan secara garis besar dibedakan menjadi dua yaitu karakteristik secara khusus berkaitan dengan faktor internal dan factor eksternal.

Faktor internal mencakup: gengsi dan pengakuan, persepsi, motivasi, kepribadian dan emosi. Faktor eksternal mencakup: demografi dan gaya hidup, budaya, subkultur, kelas sosial, referensi group dan keluarga, serta faktor strategi marketing. Karakteristik secara umum antara lain: jenis kelamin, usia/umur, agama/kepercayaan, budaya,
pendidikan, dan pendapatan.

Baca Juga :  Perusahaan Sekuritas Terbaik Paling Diminati

Kesimpulan :

Pada dasarnya marketing merupakan proses manajerial dan sosial yang terdapat didalamnya individu maupun kelompok dan mereka mendapatkan apa yang dibutuhkan bisa melalui penwaran, menciptkan dan menukarkan produk yang memiliki nilai dengan pihak lainya.

 

Tinggalkan komentar