Cara Deteksi Emas Asli atau Palsu, Cek Penjelasn Berikut !!

Waca Berita – Sebelum melakukan investasi emas. Tentunya sobat harus cek – cek terlebih dahulu. Minimal punya kemampuan ni, cara pengecekan apakah emas yg dibeli asli atau palsu.

Dikutip dari Loga Mulia, Selasa ( 6 / 7 / 2021 ) dijelaskan beberapa cara untuk melakukan pengecekan emas. Apakah emas yang kita miliki asli atau tidak.

Perbedaan antara emas asli dan emas palsu dapat dilihat dari tampilan fisiknya. Sobat bisa melihat tanda-tanda khusus yang biasanya muncul pada emas murni atau emas. Misalnya, ada segel yang menunjukkan kandungan emas. Biasanya menggunakan satuan kehalusan, namun biasa dikenal dengan karat dalam angka mulai dari 10K, 18K dan 24K.

Apakah warnanya berubah ketika Anda menggosoknya?

Cobalah untuk memegang emas yang Sobat beli dengan baik, lalu coba gosok permukaan emas dengan telapak tangan atau jari telunjuk Sobat. Jika warnanya memudar dan tidak seragam, bisa dipastikan itu emas palsu, begitu pula sebaliknya.

Uji keaslian emas yang dibeli dengan gigitan

Emas merupakan logam mulia yang lunak, sehingga sangat mudah dibentuk. Jika penjual menawarkan emas berkualitas tinggi, Sobat dapat dengan mudah melihat apakah emas itu lunak atau tidak. Semakin tinggi karatnya, semakin lembut emasnya.

Cara termudah untuk mengetahui apakah emas itu asli atau palsu adalah dengan menggigit permukaan emasnya. Jika ada bekas gigitan yang tertinggal setelah digigit, berarti emas asli. Namun, sangat disarankan agar Anda tidak terburu-buru membelinya. Karena bisa jadi bahan penyusun emas palsu adalah timah, karena timah juga merupakan logam yang lunak.

Cobalah untuk lebih dekat dengan magnet

Emas pada dasarnya adalah logam non-magnetik. Artinya jika didekatkan dengan magnet, emas tidak akan tertarik atau menempel. Perlu juga diingat bahwa tes yang satu ini bukan berarti emas yang Anda jamin, karena masih banyak logam lain yang memiliki sifat non-magnetik.

Baca Juga :  Dibalik Makna Logo Perusahaan Antam

Goresan pada keramik atau kertas

Cara lain untuk melihat emas mana yang asli dan palsu adalah dengan menggunakan keramik atau keras. Jika emas tergores pada keramik atau kertas tidak meninggalkan bekas, berarti emas tersebut asli. Tidak ada goresan yang tertinggal, bisa menjadi indikasi bahwa emas tersebut asli. Anda juga harus memperhatikan metode yang digunakan untuk merusak emas.

asam menetes

Tips mengetahui emas asli dan palsu berikut ini biasa digunakan oleh para pedagang emas dan toko perhiasan. Jika ingin melakukannya sendiri harus berhati-hati, karena asam nitrat merupakan cairan yang sangat berbahaya bagi tubuh dan pernapasan. Cara yang digunakan cukup mudah yaitu dengan meneteskan asam nitrat ke dalam emas kemudian mengamati reaksinya.

Ketika berubah menjadi hijau, berarti logam ini adalah besi dengan lapisan emas, tetapi ketika berubah menjadi kuning, itu berarti tembaga dengan lapisan emas. Jika memiliki warna susu sementara itu, logamnya adalah perak dengan lapisan emas. Tetapi jika tidak berubah warna, logam tersebut adalah emas asli.

Gunakan aplikasi CertiEye

Selain berbagai cara yang sudah ditawarkan, sebenarnya ada cara lain untuk emas batangan Antam dengan kemasan terbaru. Anda dapat menggunakan aplikasi CertiEye di smartphone Anda untuk mengetahui apakah emas batangan yang Anda miliki asli atau palsu. Baca artikel berikut untuk informasi lebih lanjut tentang CertiEye.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan tentang cara mengetahui emas mana yang asli dan palsu sebelum berinvestasi emas. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan komentar