Materi Sistem Reproduksi Manusia IPA Kelas 9 SMP/MTs

Materi Sistem Reproduksi Manusia IPA Kelas 9 SMP/MTs

Materi Sistem Reproduksi Manusia IPA Kelas 9 SMP/MTs – Hai sobat cerdas, Pembelahan sel merupakan bagian awal dari materi pelajaran IPA di kelas IX SMP/MTs pada konsep Sistem Reproduksi pada Manusia. Sobat cerdas harus memahami materi ini dengan baik pada penjelasan kali ini maupun saat berada dikelas ketika guru sedang menjelaskan materi tersebut. Berikut ini kita akan membahas materi IPA Kelas 7 tentang Sistem Reproduksi Manusia.

Pernahkah terpikir oleh kalian bagaimana ibu dapat mengandung? Apakah ibu dapat mengandung tanpa kehadiran ayah kita? Tentu jawabannya tidak bukan? Dari pernikahan ayah dan ibu dihasilkan keturunan, yaitu lahirnya kamu.

Ayah dan ibu dapat mempunyai keturunan karena memiliki sistem reproduksi. Tanpa sistem reproduksi ini, niscaya kita tidak dapat lahir di dunia dan umat manusia akan punah. Apa sajakah alat-alat atau organ penyusun sistem reproduksi? Apakah sistem reproduksi ayah kita (laki-laki) dan sistem reproduksi ibu kita (perempuan) sama?

Sistem Reproduksi pada manusia terdiri dari 4 bagian materi yang saling berkaitan, yaitu:

1.Belajar Pembelahan Sel Secara Mitosis dan Meiosis
2.Struktur dan Fungsi Organ Reproduksi
3.Penyakit dan Gangguan pada Organ Reproduksi
4.Upaya Pencegahan Penyakit pada Organ Reproduksi

Mari, kita belajar bersama!

Sebelum kalian mempelajari sistem reproduksi, terlebih dahulu kalaian pahami materi tentang pembelahan sel. Pada awalnya manusia berasal dari satu sel. Sel tersebut kemudian mengalami pembelahan, sehingga jumlah sel manusia pada saat dewasa dapat mencapai 200 triliun.

Mengapa sel membelah?

Pembelahan sel itu sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup. Setidaknya ada tiga alasan mengapa sel mengalami pembelahan, yaitu

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 244-245 Kelas 9

Untuk pertumbuhan, perbaikan, dan reproduksi. Alasan pertama sel mengalami pembelahan adalah untuk pertumbuhan. Masih ingatkah kamu bahwa salah satu ciri makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan? Makhluk hidup dapat tumbuh karena sel-selnya bertambah banyak.

Semakin banyak sel pada makhluk hidup, maka semakin besar ukuran makhluk hidup itu. Alasan selanjutnya adalah untuk perbaikan. Pernahkah kamu mengalami luka pada bagian tubuhmu? Apakah setelah beberapa lama bagian tubuh yang luka tersebut dapat menutup seperti semula? Sebenarnya, pada bagian tubuhmu yang mengalami luka tersebut terjadi kerusakan jaringan.

Perbaikan jaringan yang rusak pada tubuhmu tersebut adalah hasil dari proses pembelahan sel. Alasan terakhir, sel mengalami pembelahan untuk reproduksi. Reproduksi atau perkembangbiakan adalah ciri lain dari makhluk hidup. Pada proses reproduksi seksual, diperlukan sel kelamin untuk membentuk individu baru (anakan). Proses pembentukan sel kelamin ini dilakukan dengan cara pembelahan sel.

Teori Sel

Menurut teori sel, semua sel hidup berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya (omnis cellula e cellula). Teori ini dinyatakan oleh Rudolf Virchow pada tahun 1855. Pembentukan sel-sel baru atau anakan dari sel yang sudah ada sebelumnya dapat terjadi melalui proses pembelahan sel. Pembelahan sel dibedakan menjadi pembelahan mitosis dan meiosis.

Pembelahan mitosis terjadi pada sel-sel tubuh (sel somatik) makhluk hidup. Pada pembelahan ini, dihasilkan sel anak yang mempunyai kromosom yang jumlahnya sama dengan jumlah kromosom sel induk. Kromosom adalah materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat. Bagaimanakah dengan pembelahan secara meiosis? Pembelahan secara meiosis hanya terjadi pada sel-sel kelamin. Pembelahan ini berfungsi untuk menghasilkan sel gamet (sel telur atau sel sperma). Melalui pembelahan ini akan dihasilkan sel anak yang mempunyai jumlah kromosom setengah dari jumlah kromosom sel induk.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 223 Kelas 9

1. Pembelahan Mitosis

pembelahan mitosis merupakan tipe pembelahan sel yang menghasilkan 2 sel anakan. Sel anakan dari pembelahan mitosis mempunyai karakter identik secara genetik dengan sel induk. Artinya, kedua sel anakan yang terbentuk mempunyai susunan genetika yang sama, termasuk sama dalam jumlah kromosom dengan induknya.

Jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah 2n atau disebut dengan diploid. Sel diploid adalah sel-sel yang kromosomnya berpasangan (2n).

Pembelahan mitosis merupakan proses yang berkesinambungan yang terdiri atas empat fase pembelahan, yaitu

a. profase : membran inti mulai rusak menjadi bagian-bagian kecil, benang-benang kromatin memadat menjadi kromosom

b. metaphase : kromosom berjejer pada bidang pembelahan

c. anafase : kromatid saudara dari setiap pasangan memisah menuu kutub yang berlawanan, pada akhir anafase kedua kutub sel memiliki kromosom yang jumlahnya sama

d. telophase : membran inti kembali mulai bergabung, kromosom merenggang, selalu diikuti dengan pembelahan sitoplasma yang disebut sitokinesis.

Gambar 1.2 Fase-Fase Pembelahan Mitosis

2. Pembelahan Meiosis

Pembelahan sel meiosis terjadi pada organ kelamin yang berfungsi untuk menghasilkan sel gamet, yaitu sel telur dan sel sperma.

Pembelahan meiosis merupakan pembelahan sel yang menghasilkan 4 sel anakan yang masing-masing sel anakan hanya memiliki separuh dari jumlah kromosom sel induk.

Dapat dikatakan bahwa jumlah  kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah n atau disebut dengan haploid. Oleh karena itu, meiosis disebut sebagai pembelahan reduksi.

Sebelumnya kamu telah mempelajari fase-fase pada pembelahan mitosis. Menurut pendapat Sobat Pintar, apakah sama fase-fase pada pembelahan mitosis dan meiosis? Berbeda dengan mitosis, pembelahan meiosis berlangsung dalam 2 tingkat yaitu meiosis I dan meiosis II. Meskipun demikian, fase-fase pembelahan meiosis mirip dengan fase-fase pembelahan mitosis.

Penutup

Demikianlah Materi Sistem Reproduksi Manusia IPA Kelas 9 SMP/MTs. Semoga apa yang kami ulas di atas dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahun untuk sobatku semuanya. Jangan lupa untuk selalu belajar dan nantikan ulasan dari kami selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 210-211 Kelas 9

Baca Juga

Kunci Jawaban IPA Halaman 223 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 221 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 216-217 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 212 213 214 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 210-211 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 205-206 Kelas 9