Memilih dan Menyimpan Buah Manggis, Begini Caranya

Memilih dan Menyimpan Buah Manggis, Begini Caranya – Sobat Wacaberita, buah manggis menjadi semakin populer karena adanya suplemen dari buah sekaligus kulitnya yang diklaim memiliki begitu banyak manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan.

Buah ini juga menjadi buah favorit karena memiliki rasa manis dan unik. Dan ternyata, buah manggis termasuk ke dalam tanaman obat, lho, karena mengandung banyak zat-zat penting seperti zat besi, fosfor, kalsium, dan thiamin.

Bentuk dari buah manggis ini bisa dibilang unik. Bagian bawah kulit manggis terdapat kelopak yang jumlah dan ukurannya berbeda. Nah, jumlah dari kelopak tersebut biasanya sesuai dengan jumlah buah manggis di dalamnya. Buah manggis punya rasa manis dengan sedikit asam.

Buah manggis ini termasuk buah musiman yang panen di sepanjang bulan November hingga Maret. Jika sudah tiba masa panen, biasanya banyak yang membeli buah ini dan menyimpannya.

Sobat, untuk menyimpan buah manggis, kamu harus tahu nih cara yang tepat agar buah manggis kesuakaanmu tidak cepat membusuk. Nah Sobat, mari simak tips di bawah ini untuk memilih dan menyimpan buah manggis yang tepat.

Tips memilih dan menyimpan buah manggis: perhatikan bentuk buah manggis

Saat Sobat akan membeli buah manggis, pilihlah buah yang cangkang atau kulit luarnya berwarna ungu tua mulus. Hindari membeli buah manggis yang pada kulitnya terdapat bercak kekuningan, karena biasanya rasa dagingnya akan cenderung pahit bahkan tidak bisa dimakan.

Baca Juga :  Manggis, Ratu Buah Kaya Manfaat

Perhatikan tekstur kulit buah manggis

Buah manggis terlindungi oleh kulit yang cukup keras. Nah, Sobat bisa memeriksa kualitas manggis dari cangkangnya tersebut. Caranya sangat gampang, Sobat hanya perlu sedikit menekan kulit manggis. Jika masih keras tapi tetap lembut, artinya buah manggis tersebut bagus. Tapi jika kulit manggis lembek atau bahkan terlalu keras, maka sebaiknya jangan dibeli karena rasanya akan kurang enak.

Cara mengupas buah manggis yang benar

Berbeda dengan buah kupas lainnya, mengupas kulit manggis tak bisa sembarangan. Jika kurang tepat, daging buah akan terkena getah kulit manggis yang berwarna ungu dan sedikit pahit, atau bahkan daging buahnya bisa hancur. Cara terbaik untuk mengupas buah manggis adalah dengan memotong bagian kulitnya dengan pisau tajam, tapi jangan sampai terlalu dalam untuk memastikan daging buahnya tidak ikut terpotong.

Setelah itu, buka bagian kulit manggis yang sudah dipotong tersebut sampai daging buahnya terlihat dan dapat diambil. Buah manggis yang segar pun siap dinikmati.

Menyimpan buah manggis di tempat kering

Sobat bisa menaruh buah manggis di dalam wadah kering yang terbuka, lalu masukkan ke dalam kulkas. Dengan cara ini, buah manggis bisa awet sampai satu bulan lamanya.

Mudah bukan tips di atas? Setelah tahu bagaimana menyimpan buah manggis, kamu bisa semakin pede untuk memborong manggis saat musimnya tiba. Semoga bermanfaat!