Biodata Albert Einstein Penemu Teori Relativitas

Biodata Albert Einstein Penemu Teori Relativitas.

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Albert Einstein seorang penemu teori relativitas. Penasaran ingin tahu tentang penemu teori relativitas simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Albert Einstein :

  • Lahir 14 Maret 1879 Württemberg, Kekaisaran Jerman
  • Meninggal18 April 1955 (umur 76) Princeton, New Jersey, Amerika Serikat
  • Tempat tinggal :  Jerman, Italia, Swiss, Austria, Belgia, Britania Raya, Amerika Serikat
  • KewarganegaraanWürttemberg/Jerman (1879–1896)
  • Tanpa kewarganegaraan (1896–1901) Swiss (1901–1955), Austria (1911–1912), Jerman (1914–1933), Amerika Serikat (1940–1955)
  • Bidang : Fisika
  • Alma mater ETH Zurich, Universitas Zurich
  • Pembimbing doktoral Alfred Kleiner
  • Pembimbing akademik lainnya : Heinrich Friedrich Weber
  • Penghargaan : Hadiah Nobel Fisika (1921), Medali Matteucci (1921), Medali Copley (1925), Medali Max Planck (1929), Tokoh Time Abad Ini (1999)
  • Pasangan : Mileva Marić (1903–1919), Elsa Löwenthal, née Einstein, (1919–1936)

Albert Einstein (14 Maret 1879 –18 April 1955) adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20.Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi.

Einstein dilahirkan di Württemberg, Jerman. Ayahnya bernama Hermann Einstein, seorang penjual ranjang bulu yang kemudian menjalani pekerjaan elektrokimia, dan ibunya bernama Pauline.

Albert Einstein pada masa kecilnya dikenal sebagai anak autisme yang nampak terbelakang karena kemampuan bicaranya sangat terlambat. Kepribadianya pendiam dan suka bermain seorang diri.

Minat dan kecintaannya pada bidang ilmu fisika muncul pada saat usianya lima tahun. Ketika sedang terbaring lemah karena sakit, ayahnya menghadiahinya sebuah kompas. Einstein kecil tertarik oleh keajaiban kompas tersebut.

Baca Juga :  Biodata Marc Delafontaine Penemu Unsur Holmium

Walaupun pendiam dan tidak suka bermain dengan teman-temannya, Einstein tetap mampu berprestasi di sekolahnya. Nilai raportnya bagus dan dia menjadi juara di kelasnya.

Pada saat usia 21 tahun Einstein dinyatakan lulus kuliahnya di ETH (Eidgenoessische Technische Hochscule). Setelah lulus, Dia melamar pekerjaan sebagai asisten dosen, tetapi ditolak. Akhirnya Albert mendapat pekerjaan sementara sebagai guru di SMA. Selanjutnya dia mendapat pekerjaan di kantor paten di kota Bern.

Pada 1898, Einstein jatuh cinta kepada Mileva Maric, seorang Serbia yang merupakan teman kelasnya. Kemudian pada 14 Mei 1904, anak Albert Einstein lahir. Ia adalah anak pertama dari Mileva bernama Hans Albert Einstein.

Penghargaan Einstein

Di tahun 1905 adalah tahun penuh prestasi bagi Albert Einstein, karena pada tahun tersebut Einstein banyak menghasilkan karya-karya yang cemerlang.

Albert Einstein dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan “pengabdiannya bagi Fisika Teoretis”.

Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal diseluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan.

Di masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah, dan dalam budaya populer, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan jenius. Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia.

Ketenarannya juga membuat nama “Einstein” digunakan secara luas dalam iklan dan barang dagangan lain, dan akhirnya “Albert Einstein” didaftarkan sebagai merk dagang.

Untuk menghargainya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai einstein, sebuah unsur kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein.

Karena ketenaran dan ketulusannya dalam membantu orang lain yang kesulitan, Albert Einstein ditawari menjadi presiden Israel yang kedua. Akantetapi jabatan ini ditolaknya karena dia merasa tidak mempunyai kompetensi di bidang tersebut.

Baca Juga :  Biodata George Eastman Penemu Film Gulung

Meninggalnya Einstein

Pada tanggal 18 April 1955, Albert Einstein meninggal dunia dengan meninggalkan karya besar yang telah mengubah sejarah dunia.

Dalam biografi Albert einstein, diketahui bahwa Albert Einstein sempat bersedih dan menyesal dalam hati karena karya besarnya – teori relativitas umum dan khusus – digunakan sebagai inspirasi untuk membuat bom atom.

Bom itulah yang dijatuhkan di atas kota Hiroshima dan Nagasaki saat Perang Dunia II berlangsung. Dikatakan Einstein sangat menyesal telah menulis surat untuk presiden Roosevelt yang menjelaskan tentang Bom Atom.

Penutup

Itulah biodata Albert Einstein seorang penemu teori relativitas semoga bisa bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Alessandro Volta Penemu Batu Baterai

Sumber : wikipedia.org

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski