Pohon Kayu Jawa Miliki Segudang Manfaat

pohon kayu jawa

Pohon Kayu Jawa Miliki Segudang Manfaat- Sobat Waca berita, Lannea Coromandelica atau Pohon Kayu Jawa, juga dikenal sebagai pohon kudo atau pohon jaranan, adalah tanaman yang biasanya digunakan sebagai pembatas kebun ataupun peneduh.

Pohon yang juga dikenal sebagai Kayu Kambing di Gorontalo dan Kayu Jaran di sebagian Pulau Jawa ini, ternyata telah digunakan banyak orang pada zaman dahulu kala sebagai tanaman yang memiliki khasiat obat yang cukup manjur.

Kamu perlu ketahui, masyarakat Indonesia mempercayai pohon ini merupakan obat ini sangat mujarab, terutama untuk membantu penyembuhan luka dalam maupun luka luar. Selain itu tanaman ini memiliki manfaat sebagai penawar bisa racun seperti ular/gigitan serangga, ataupun luka sayat.

Getah pohon ini juga dapat digunakan sebagai perekat, sedangkan pucuknya bisa menjadi obat tetes mata dan batang pohon ini juga dapat digunakan sebagai obat belekan, sakit gigi dan luka sayat.

Tanaman ini juga sering digunakan untuk mengobati luka sayat dan sakit gigi yaitu dengan cara mengupas kulit batang tanaman ini lalu dikerik batang kayu jawa tepat pada bagian kambiumnya, kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit atau terluka.

Cara Memanfaatkan Pohon Kayu Jawa

Cara penggunaan pohon kayu jawa ini berbeda-beda tergantung tujuan penggunaannya. Misalnya untuk pengobatan diare atau muntah masyarakat biasanya meminum air rebusan tumbuhan ini.

Menurut beberapa sumber, praktisi pengobatan tradisional Kirtikar, K. R. dan Basu, B.D., dalam bukunya yang berjudul Indian Medicinal Plants, menyebutkan tanaman ini dapat digunakan sebagai penawar racun. Tanaman jaranan sering digunakan untuk mengobati penyakit gastrointestinal yang menyebabkan penyakit ikterus nyeri dan penyakit jantung.

Menurut Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu, MS. tumbuhan kayu jawa juga merupakan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan daun dan kulit batangnya dengan cara ditumbuk ataupun direbus untuk mengobati luka luar, luka dalam dan perawatan paska persalinan.

Baca Juga :  Resep Ayam Goreng Bawang Pedas

Dalam mengkonsumsi obat-obatan herbal, masyarakat biasanya menerapkan beberapa cara, salah satunya dengan melakukan perebusan bahan tersebut.

Akan tetapi, merebus bahan dengan menggunakan air dinilai kurang efektif karena beberapa senyawa kimia yang ada pada bahan tidak tahan panas sehingga senyawa tersebut akan hilang.

Salah cara lain yang dianggap aman yaitu dengan memanfaatkan getah tumbuhan agar kandungan senyawa dalam bahan bisa terjaga.

Demikian informasi tentang Pohon Kayu Jawa Miliki Segudang Manfaat. Semoga bermanfaat ya Sob!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski