Manfaat Daun Kayu Jawa untuk Kesehatan

daun kayu jawa

Manfaat Daun Kayu Jawa untuk Kesehatan – Pohon kayu jawa merupakan pohon peneduh jalan. Pohon ini rindang sekali jika daunnya baru bersemi setelah gugur beberapa waktu.

Pohon yang memiliki nama ilmiah Lannea coromandelica ini memiliki nama unik di berbagai daerah di Indonesia. Di daerah Sulawesi disebut dengan nama Kayu Jawa. Di Jawa sendiri disebut pohon Kudo, Jaranan, Ki Kuda, Kedondong Laki, dan di Flores disebut pohon Reo. Pohon Kayu Jawa atau Kudo ini masuk dalam famili Anacardiaceae yang artinya satu keluarga dengan pohon mangga.

Tanaman pohon kayu jawa ini juga sangat sering dimanfaatkan sebagai pagar hidup. Kamu bisa memotong sekitar 1,5 meter sampai 2 meter batang/cabang pohon kayu jawa, bersihkan daunnya dan tinggal tanam atau tancapkan ditempat yang diinginkan.

Syarat tumbuhnya sangat mudah, yang penting ada sedikit air (banyak juga lebih bagus) dan tanahnya tidak terlalu kering. Pohon kayu jawa ini akan mudah sekali bertunas dan tumbuh dengan cepat. Jadi kamu bisa memperbanyak pohon kayu jawa ini dengan cara menggunakan stek batang.

Manfaat daun kayu jawa untuk kesehatan.

Sobat, tahukah kamu daun kayu jawa sering dimanfaatkan sebagai herbal untuk masalah kesehatan?

Salah satu yang sering ditemukan adalah daun pohon ini digunakan untuk mengatasi gigitan hewan berbisa.

Pucuk daun dari pohon Kayu Jawa ampuh untuk penawar bisa (racun) binatang berbisa, seperti ular atau gigitan serangga.

Caranya pucuk daunnya secukupnya kemudian ditumbuk boleh dicampur dengan garam secukupnya lalu oleskan pada luka.

Selain untuk mengatasi racun gigitan hewan berbisa, daun kayu jawa juga bisa mengatasi luka akibat tergores senjata tajam.

Caranya sama seperti pada saat mengatasi gigitan hewan berbisa sob.

Baca Juga :  Biodata KH Abdul Wahab Hasbullah, Pendiri Nahdatul Ulama

Namun informasi terkait hal ini sebatas dari pengalaman-pengalaman saja ya Sob, belum ditemukan kajian ilmiahnya.

Pohon Kayu Jawa

Sebenarnya masih banyak kegunaan atau manfaat lain dari pohon kayu jawa ini. Namun Waca Berita akan membahasnya secara terpisah dan lebih mendalam. Tunggu update terbaru kami, semoga bermanfaat ya Sob!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski