Pupuk alami untuk cabe
pupuk alami untuk cabe

Membuat Pupuk Alami Untuk Cabe yang Murah dan Mudah


Pupuk Alami Untuk Cabe – Menanam cabe baik langsung di tanah atau polybag harus dibarengi dengan perawatan yang baik dan benar. Salah satu langkah perawatan yang dilakukan adalah proses pemupukan tanaman cabe. Pemupukan bertujuan agar tanaman cabe tumbuh dengan sehat, berdaun lebat dan menghasilkan buah cabe sesuai harapan.

Secara umum ada banyak produk pupuk yang berada di pasaran, kebanyakan berupa pupuk kimia yang memberi efek baik positif maupun negatif kepada tanaman. Ada juga jenis pupuk alami atau organik yang berbahan dasar limbah atau bahan lain yang bisa ditemukan di sekitar kita. Sobat Waca Berita, kali ini Waca Berita akan memberi informasi tentang pupuk alami untuk cabe.

Memilih Pupuk Alami Untuk Cabe

Salah satu keunggulan kenapa sobat harus memilih pupuk alami adalah lebih aman untuk media tanam dan tanamannya sendiri, serta harganya lebih terjangkau karena bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukan di sekitar kita.

Untuk membuat pupuk alami juga tidak memerlukan alat-alat khusus. Inilah mengapa banyak petani yang memilih membuat sendiri pupuk alami tanaman.

Membuat Pupuk Alami Untuk Cabe

Adapun untuk membuat pupuk tanaman akan kita bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan bahan dasar yang digunakan. Berikut penjelasannya lengkap dengan bagaimana cara membuatnya.

Pupuk Alami Berbahan Dasar Kunyit

Pupuk alami berbahan dasar kunyit ini termasuk salah satu yang bisa sobat coba. Pupuk yang akan dibuat ini nanti berbentuk cair. Pupuk cair akan lebih mudah diserap oleh media tanam sehingga proses pertumbuhan tanaman akan lebih terjamin.

Baca Juga :  Penyebab Buah Jambu Air Rontok dan Cara Mengatasinya

Kunyit sebagai bahan dasar pupuk ini telah banyak dilaporkan memiliki peran sebagai antioksidan, antivirus, antijamur, antikanker serta berpotensi untuk dijadikan pestisida alami yang dipergunakan untuk perlindungan tanaman.

Berikut langkah-langkah untuk membuat pupuk alami berbahan dasar kunyit:

  1. Siapkan bahan utamanya yaitu kunyit, telur, air, dan dua sendok makan susu bubuk.
  2. Haluskan kunyit dengan cara ditumbuk atau diparut, taruh dalam sebuah wadah.
  3. Campurkan telur ke dalam wadah berisi kunyit tadi, lalu aduk hingga rata.
  4. Masukkan dua sendok susu bubuk ke dalam wadah, beri sedikit air, aduk hingga tercampur rata.
  5. Setelah tercampur rata, gunakan adonan tersebut dengan takaran 3 sendok adonan untuk satu liter air.

Cara menggunakan pupuk alami untuk cabe berbahan dasar kunyit cukup mudah. Masukan tiga sendok adonan pupuk ke dalam botol yang tutupnya sudah dilubangi. Isi dengan satu liter air. Karena tutup sudah berlubang, sobat tinggal mengucurkan pupuk cair tersebut ke tanah dan tanaman cabe. Jangan lupa dikocok terlebih dahulu agar bahan-bahan dan air tercampur rata.

Lakukan penyiraman pupuk organik cair tanaman cabe setiap satu dua minggu sekali.

Pupuk Alami Dari Kotoran Ternak

Kotoran ternak sudah umum digunakan sebagai pupuk alami untuk tanaman ya sob, biasanya tidak memerlukan proses yang ribet. Kotoran ternak cukup dicampurkan ke dalam tanah menjadi media tanam yang lumayan sempurna.
Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kotoran ternak dalam hal ini kotoran lembu perlu dicampur dengan dedak, air cucian beras dan air gula merah sebagai aktivator.

Ada juga yang menggunakan kotoran ayam kering sebagai pupuk alami untuk cabe. Kotoran ayam yang dikeringkan terbukti meningkatkan pertumbuhan cabe karena memiliki kandungan mineral dan unsur hara yang sangat baik untuk membantu proses metabolisme sel, pembentukan enzim dan merangsang hormon pertumbuhan.

Baca Juga :  Cara Menanam Kembang Sepatu di Pekarangan Rumah

Manfaat Garam untuk Tanaman Cabe

Sobat Waca Berita yang ada yang sudah pernah menggunakan garam sebagai pupuk alami untuk cabe? Kandungan natrium dan klor pada garam dapat memberikan unsur mikro pada tanaman sehingga meningkatkan produksi tanaman cabe dan tanaman lainnya.Selain menyuburkan tanaman, kandungan dalam garam juga bisa mengembalikan daun cabe yang keriting, menetralkan tanah asam dan alkalis. Juga dapat membunuh jamur dan bakteri yang membawa penyakit pada tanaman.

Untuk melakukan pemupukan dengan garam dapur, kamu cukup melarutkan satu sendok garam dapur ke dalam satu liter air, aduk dan campurkan hingga rata, lalu siram ke media tanam tanaman cabe.

Pupuk Alami Untuk Cabe

Ternyata untuk membuat pupuk alami sangat mudah dan murah ya, Sob. Kamu bisa mencoba di rumah agar tanaman cabe yang sedang dibudidaya menjadi lebih subur dan menghasilkan cabe yang berkualitas.

Demikian informasi tentang pupuk alami untuk cabe, semoga bermanfaat.