Serunya Bermain Peran pada Cerita Fiksi

Serunya Bermain Peran pada Cerita Fiksi

Table of Contents

Serunya Bermain Pran pada Cerita Fiksi – Hai sob, Permainan bermain peran adalah sebuah permainan di mana pemainnya memainkan peran karakter dalam latar fiksi. Pemain bertanggung jawab untuk memerankan peran ini dalam sebuah narasi, baik dengan melakukan akting, melalui proses pengambilan keputusan yang terstruktur, atau pengembangan karakter. Kali ini waca berita akan membahas mengenai Serunya Bermain Peran pada Cerita Fiksi yang ada pada buku siswa kelas 4 tema 8 sub tema 3 pembelajaran 4.

Serunya Bermain Peran pada Cerita Fiksi 151

Ayo Bermain Peran

Udin menonton pentas ketoprak, Gadjah Mada: Sumpah Palapa Membawa Petaka. Ketoprak dipentaskan oleh murid sekolah dasar. Udin senang dengan tokoh utamanya yaitu Patih Gadjah Mada. Mereka senang dengan peran Patih Gadjah Mada. Keluarga Udin keturunan Jawa. Ia merasa bangga dengan keberagaman kesenian Jawa.

Bentuklah kelompok terdiri atas tiga anak. Kemudian, carilah cerita fiksi yang di dalamnya memiliki minimal tiga tokoh. Tuliskan nama dan sifat tokoh yang ada pada cerita yang telah dipilih. Peragakan peran dengan sifatnya yang sesuai dari cerita itu di depan kelompok lain. Sebagai contoh, kamu memeragakan Patih Gadjah Mada dan dua orang temanmu sebagai prajuritnya. Patih Gadjah Mada mengajak dua prajurit untuk melawan musuh. Dialog saat bermain peran sebagai berikut.

Baca Juga :  Mengidentifikasi Lagu Bertangga Nada Mayor dan Minor

Patih Gadjah Mada : “Prajurit, lawan musuh kita dengan semangat! Mari Kita serang bersama-sama. Serbuuuu!” (Patih Gadjah Mada berdiri tegap di depan kedua prajurit, tangan kanan menuding ke arah musuh)

Dua Prajurit : “Semangat, Patih! Serbuuuu!” (Kedua prajurit, mengangkat tombak)
(Patih Gadjah dan Dua Prajurit, berlari)

Serunya Bermain Peran pada Cerita Fiksi 152

Ayo Mengamati

Gambar di atas menunjukkan gambar cerita Cindelaras ? Pernahkah kamu membaca cerita Cindelaras ? Atau mungkin kamu melihat video Cindelaras ? Coba, kamu cari informasi tentang cerita Cindelaras. Kamu bisa drama membaca buku atau kamu bisa memutar video. Kemudian, tuliskan ringkasan mengenai cerita Cindelaras pada kotak di bawah.

Cerita Tentang Cindelaras

Jawaban

Cerita ini bermula pada kisah keluarga Raden Putra, raja dari Kerajaan Jenggala yang memiliki sikap agak ceroboh. Raden Putra memiliki dua orang istri, yaitu satu permaisuri dan satu selir.

Sang selir pun tidak terima karena hanya dianggap sebagai selir sehingga selir dari Raden Putra bekerjasama dengan tabib istana untuk menuduh permaisuri telah meracuni selir dari raja Raden Putra.

Raja Raden Putra memerintah kepada prajuritnya untuk membuang sang permaisuri tanpa mengecek terlebih dahulu atas kebenaran dari informasi tersebut.

Sang permaisuri tidak meninggal akan tetapi sang permaisuri masih dalam kondisi hamil. Permaisuri tinggal di hutan bersama seekor ayam jago dan putra dari Raden Putra yang bernama Cindelaras.

Cindelaras berniat bertemu ayahnya dengan menantang ayahnya sendiri untuk melakukan adu ayam. Singkat cerita, ayam dari Cindelaras menang dan Raden Putra mengakui Cindelaras sebagai anaknya.

Cindelaras kemudian menceritakan kebenarannya kepada Raden Putra. Sebagai konsekuensi dari selirnya, Selir dari Raja Raden Putra dibuang ke hutan dan sang permaisuri dibawa kembali ke istana

Dari ringkasan cerita tersebut, diketahui tokoh utama adalah Cindelaras, sementara tokoh pembantu atau tokoh tambahan di antaranya adalah raja, permaisuri, selir, tabib, dan prajurit.

Selir dan tabib berperan sebagai tokoh antagonis karena tokoh tersebut bersifat atau berwatak jahat. Sementara tokoh yang berperan protagonis adalah Cindelaras dan permaisuri.

Serunya Bermain Peran pada Cerita Fiksi 153

Berdasarkan cerita ”Cindelaras”, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Siapakah yang menjadi tokoh utama dalam cerita ”Cindelaras”?

Jawaban

Tokoh utama:
– Cindelaras
– Raden Putra
– Permaisuri
– Selir

2. Siapakah yang menjadi tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita ”Cindelaras”?

Jawaban

Tokoh pembantu:
– Mang Diman
– Ratni

3. Siapakah tokoh yang berperan antagonis dalam cerita ”Cindelaras”?

Jawaban

Selir baginda raja Raden Putra

4. Mengapa tokoh dalam soal nomor 2 dikatakan berperan antagonis?

Jawaban

Karena memiliki sifat iri dan dengki.

Baca Juga :  Biodata Iwa Koesoema Soemantri, Pahlawan Nasional Indonesia

5. Siapa lawan dari tokoh antagonis? Tuliskan contoh tokoh yang berperan protagonis dalam cerita ”Cindelaras”?

Jawaban

Lawan dari tokoh antagonis yaitu tokoh utama atau protagonis dan tokoh protagonis atau tokoh utama dalam cerita cindelaras yaitu cindelaras.

Serunya Bermain Peran pada Cerita Fiksi 154

Kamu telah mampu menunjukkan tokoh utama dan tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita ”Cindelaras”. Masih ingatkah kamu dengan pengertian tokoh utama dan tokoh pembantu atau tokoh tambahan?

Ayo Menulis

Coba, kamu ingat kembali pengertian tokoh, tokoh utama, dan tokoh pembantu atau tambahan. Selanjutnya, tuangkan kembali dalam bentuk tulisan tentang pengertian tokoh, tokoh utama, dan tokoh pembantu atau tambahan sesuai ingatanmu. Tuliskan dalam kolom berikut.

Jawaban

– Tokoh: Individu ciptaan pengarang yang mengalami peristiwa-peristiwa dalam cerita
– Tokoh utama: Tokoh yang ditonjolkan dalam sebuah cerita
– Tokoh pembantu atau tambahan: Tokoh yang memiliki peran sebagai penunjang kisah dari tokoh utama

Karakter atau sifat dalam sebuah cerita bermacam-macam. Dalam kehidupan sehari-hari pun, karakter manusia juga beragam. Meskipun demikian, manusia harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Selain itu sebagai manusia, kita harus saling membantu. Mengapa demikian? Kita hidup pasti memerlukan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan hidup?

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia melakukan kegiatan ekonomi. Coba amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasikan kegiatan ekonomi orang-orang di daerahmu. Apakah pekerjaan mereka? Pekerjaan yang dimaksudkan yaitu mata pencaharian sehari-hari yang hasilnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mata pencaharian penduduk dapat dilihat dari corak kehidupan penduduk setempat, yaitu corak kehidupan tradisional (sederhana) dan corak kehidupan modern (kompleks).

Mata pencaharian penduduk yang memiliki corak sederhana sangat berhubungan dengan pemanfaatan lahan dan sumber daya alam. Contohnya pertanian, perkebunan, dan peternakan. Adapun mata pencaharian penduduk yang memiliki corak modern biasanya lebih mendekati sektor jasa, transportasi,
dan pariwisata. Bagaimanakah dengan penduduk di lingkungan tempat tinggalmu?

Serunya Bermain Peran pada Cerita Fiksi 155

Ayo Mengamati

Kamu telah memahami berbagai jenis pekerjaan berdasarkan corak kehidupan penduduk setempat. Lakukan pengamatan terhadap kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu! Apa saja jenis pekerjaan yang ditekuni penduduk di lingkungan tempat tinggalmu? Apakah semua penduduk di sekitarmu menekuni pekerjaan sesuai corak kehidupan sederhana atau sebaliknya sesuai corak kehidupan modern? Tuliskan kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu sesuai hasil pengamatanmu!

Buat kesimpulan sesuai dengan corak kehidupan kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu? Tuliskan dalam kotak berikut.

Jawaban

Jenis pekerjaan yang ditekuni penduduk di lingkungan tempat tinggal saya adalah petani:
– Semua penduduk di sekitar saya menekuni pekerjaan sesuai dengan corak kehidupan sederhana karena dalam kegiatan bertani masih menggunakan alat tradisional seperti cangkul dan sabitatau arit.
– Kesimpulan: Penduduk di sekitar tempat tinggal saya berprofesi sebagai petani namun masih sesuai dengan corak kehidupan sederhana karena masih menggunakan peralatan tradisional atau sederhana dalam bertani.

Baca Juga :  Mengidentifikasi Keragaman Karakteristik Individu

Ayo Membaca

Keragaman Karakteristik Individu Adanya keragaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi penduduk Indonesia menunjukkan adanya perbedaan karakteristik individu dalam masyarakat. Adanya karakteristik individu dalam masyarakat sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Masih banyak manfaat lain adanya keragaman karakteristik individu dalam masyarakat terutama dalam kegiatan ekonomi. Contohnya sebagai berikut.

1. Menumbuhkan Sikap Nasionalisme
Sikap nasionalisme dalam diri setiap individu dapat tumbuh dengan adanya rasa cinta tanah air. Rasa cinta tanah air tecermin dari sikap mau menerima keragaman karakteristik individu dalam masyarakat sebagai kekayaan khazanah budaya bangsa Indonesia. Dengan demikian, masyarakat akan senantiasa menjaga keragaman karakteristik individu dalam masyarakat, bukan menghilangkan keragaman tersebut.

2. Menciptakan Identitas Bangsa di Mata Internasional
Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia telah dikenal bangsa-bangsa dunia sebagai identitas diri bangsa Indonesia. Indonesia dikenal sebagai bangsa yang beragam karakteristik masyarakatnya, tetapi bisa bersatu dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Alat Pemersatu Bangsa
Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia pada hakikatnya menjadi alat pemersatu bangsa, bukan sebagai pemecah persatuan dan kesatuan bangsa. Kunci sukses mempertahankan persatuan dan
kesatuan dalam keragaman yaitu memegang teguh semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

4. Sebagai Ikon Pariwisata
Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia akan memperkaya khazanah budaya bangsa. Kekayaan khazanah budaya masyarakat Indonesia yang beragam memberikan nilai keunikan dan keindahan
tersendiri sehingga mampu menarik wisatawan manc negara untuk mengetahui dan mempelajari keragaman budaya Indonesia.

5. Menambah Pendapatan Nasional
Dengan menjadi simbol pariwisata, otomatis akan menambah devisa atau pendapatan negara. Hal tersebut bisa terjadi karena banyak wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke tempattempat
pariwisata Indonesia.

6. Memupuk Sikap Toleransi
Adanya keragaman karakteristik masyarakat Indonesia menuntut sikap toleransi yang tinggi dari segenap masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Serunya Bermain Peran pada Cerita Fiksi 157

Ayo Menulis

Sikap toleransi antarmasyarakat dapat ditunjukkan dengan sikap saling menghormati perbedaan yang ada, tolong-menolong tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ada, dan menjunjung tinggi
kepentingan bersama daripada kepentingan individu atau kelompok.

Sudahkah kamu memupuk sikap toleransi dalam keragaman dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu? Apa bentuk tindakan memupuk sikap toleransi dalam keragaman masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu.

Coba, kamu tuliskan tindakan-tindakanmu yang mencerminkan sikap toleransi dalam keragaman masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Tuliskan dalam kotak berikut.

Jawaban

  • Tidak mengganggu ibadah orang lain.
  • Gotong royong antar tetangga walaupun berbeda agama.
  • Tidak mengejek agama tetangga atau sekitar nya.
  • Mau menghargai agama orang lain.
  • Tetap bergaul walaupun beda Ras,Suku, Agama,
  • Membantu tetangga tanpa melihat Ras
  • Tidak memaksakan orang lain untuk berdoa dengan cara yang ia tak mengerti.
  • Tidak membuli teman jika berbeda Suku, Ras, dan Agama
  • Mau berbagi pada sesama tanpa memandang Ras.

Kesimpulan

Apa yang sudah kamu pelajaran pada hari ini? Bagaimana perasaanmu saat melakukan kegiatan pada pembelajaran ini. Tuliskan pada kolom berikut. Hasil renungan

Jawaban

Yang sudah saya pelajari hari ini adalalah tentang bermain peeran dalam serita fiksi serta keragaman karakteristik individu.
Persaan saya saat mengikuti kegiatan adalah sangat senang karena ilmu menjadi bertambah

Demikianlah pembahasan mengenai Serunya Bermain Peran pada Cerita Fiksi yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4. Dalam kegiatan ekonomi, banyak jenis pekerjaan yang ditekuni masyarakat. Semua dilakukan dengan tujuan yang sama yaitu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Keragaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi masyarakat tersebut sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia.

Coba, kamu diskusikan bersama orang tuamu hal yang akan terjadi jika semua masyarakat hanya menekuni satu jenis pekerjaan. Semua menekuni pekerjaan yang sama. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Jawaban

Jika semua masyarakat hanya menekuni 1 pekerjaan, maka tidak akan terjadi keseimbangan. Di satu sisi kita akan berlebih, tetapi di sisi lain kita akan kekurangan.
Misal jika semuanya menjadi pedagang, maka otomatis lama-kelamaan barang yang didagangkan pun habis, sedangkan yang memproduksinya tidak ada. Hasilnya ujung-ujungnya negara kita akan menjadi krisis dan kekurangan

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski