TIPS AMPUH PILIH MOTOR BEKAS TERBAIK


TIPS AMPUH PILIH MOTOR BEKAS TERBAIK

Tips memilih motor bekas sangat penting, apalagi jika Anda ingin mendapatkan motor bekas berkualitas dengan harga terjangkau.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih motor bekas, antara lain:

  • Kondisi mesin
  • Kondisi body
  • Kelengkapan surat-surat

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan riwayat servis motor bekas tersebut. Jika memungkinkan, mintalah kepada pemilik sebelumnya untuk menunjukkan bukti servis rutin.

tips memilih motor bekas

Memilih motor bekas yang berkualitas dan sesuai kebutuhan memerlukan pertimbangan yang matang. Berikut adalah 9 aspek penting yang perlu diperhatikan:

  • Kondisi mesin
  • Kelengkapan surat-surat
  • Riwayat servis
  • Harga
  • Jenis motor
  • Tahun pembuatan
  • Kondisi body
  • Kelistrikan
  • Kelengkapan aksesori

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan Anda. Selain itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik atau ahli otomotif untuk mendapatkan saran dan rekomendasi yang lebih spesifik.

Kondisi Mesin

Kondisi mesin merupakan salah satu aspek terpenting dalam memilih motor bekas. Mesin yang sehat dan terawat akan membuat motor lebih awet dan nyaman dikendarai. Sebaliknya, mesin yang bermasalah dapat menimbulkan biaya perbaikan yang mahal.

Untuk memeriksa kondisi mesin motor bekas, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Nyalakan mesin dan dengarkan suaranya. Mesin yang sehat biasanya akan mengeluarkan suara yang halus dan tidak kasar.
  2. Perhatikan asap knalpot. Asap knalpot yang berwarna putih atau kebiruan dapat mengindikasikan adanya masalah pada mesin.
  3. Cek oli mesin. Oli mesin yang hitam atau keruh dapat mengindikasikan adanya masalah pada mesin.
  4. Lakukan test ride. Saat test ride, perhatikan apakah mesin motor terasa bergetar atau tidak.

Jika Anda tidak yakin dengan kondisi mesin motor bekas yang ingin dibeli, sebaiknya bawa ke bengkel untuk diperiksa oleh mekanik.

Kelengkapan surat-surat

Kelengkapan surat-surat merupakan aspek penting yang harus diperhatikan saat memilih motor bekas. Surat-surat tersebut merupakan bukti kepemilikan dan legalitas motor, sehingga sangat penting untuk memastikan kelengkapannya.

  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)

    STNK merupakan surat yang berisi identitas kendaraan dan pemiliknya. STNK harus masih berlaku dan tidak dalam keadaan rusak atau hilang.

  • BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)

    BPKB merupakan surat yang berisi data teknis kendaraan dan pemiliknya. BPKB harus masih asli dan tidak dalam keadaan rusak atau hilang.

  • Faktur pembelian

    Faktur pembelian merupakan bukti pembelian motor bekas yang sah. Faktur pembelian harus masih asli dan tidak dalam keadaan rusak atau hilang.

  • Kwitansi pembelian

    Kwitansi pembelian merupakan bukti pembayaran motor bekas yang sah. Kwitansi pembelian harus masih asli dan tidak dalam keadaan rusak atau hilang.

Jika surat-surat motor bekas yang ingin dibeli tidak lengkap, sebaiknya Anda tidak membelinya. Hal ini karena surat-surat yang tidak lengkap dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, seperti kesulitan saat mengurus balik nama atau saat terjaring razia lalu lintas.

Riwayat servis

Riwayat servis merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan saat memilih motor bekas. Riwayat servis yang baik menunjukkan bahwa motor tersebut telah dirawat secara rutin, sehingga kondisinya masih terjaga dengan baik.

Sebaliknya, motor bekas yang tidak memiliki riwayat servis yang jelas berisiko memiliki masalah tersembunyi yang dapat merugikan Anda di kemudian hari. Oleh karena itu, penting untuk menanyakan kepada pemilik sebelumnya tentang riwayat servis motor bekas yang ingin dibeli.

Idealnya, motor bekas yang ingin dibeli memiliki riwayat servis rutin di bengkel resmi. Hal ini menunjukkan bahwa motor tersebut telah ditangani oleh mekanik yang kompeten dan menggunakan suku cadang asli.

Baca Juga :  Panduan Terlengkap Memilih Kebaya Wisuda yang Memukau

Harga

Harga merupakan salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih motor bekas. Harga motor bekas sangat bervariasi, tergantung pada beberapa faktor, seperti kondisi motor, jenis motor, tahun pembuatan, dan kelengkapan surat-surat.

Bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas, tentu Anda ingin mendapatkan motor bekas dengan harga yang terjangkau. Namun, perlu diingat bahwa harga yang terlalu murah seringkali mengindikasikan adanya masalah pada motor tersebut. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh sebelum membeli motor bekas dengan harga murah.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya-biaya lain yang mungkin timbul setelah membeli motor bekas, seperti biaya perbaikan, biaya servis, dan biaya pajak. Dengan mempertimbangkan semua faktor tersebut, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih motor bekas sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Jenis motor

Jenis motor merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan saat memilih motor bekas. Jenis motor yang berbeda memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing, sehingga penting untuk memilih jenis motor yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya berkendara Anda.

Secara umum, jenis-jenis motor yang tersedia di pasaran antara lain:

  • Motor bebek
  • Motor sport
  • Motor matic
  • Motor trail
  • Motor gede (moge)

Setiap jenis motor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Motor bebek dikenal irit bahan bakar dan lincah, sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan. Motor sport menawarkan performa dan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga cocok untuk pecinta kecepatan. Motor matic praktis dan mudah dikendarai, sehingga cocok untuk pemula atau pengendara yang tidak ingin repot mengoper gigi. Motor trail cocok untuk medan off-road, sehingga cocok untuk pecinta petualangan. Motor gede (moge) menawarkan performa dan gengsi yang tinggi, sehingga cocok untuk pengendara yang menginginkan motor dengan performa dan tampilan yang gagah.

Dengan memahami jenis-jenis motor yang tersedia, Anda dapat mempersempit pilihan motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya berkendara Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menemukan motor bekas yang tepat dan sesuai dengan harapan Anda.

Tahun pembuatan

Tahun pembuatan merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan saat memilih motor bekas. Tahun pembuatan motor bekas dapat memberikan gambaran mengenai kondisi motor tersebut, teknologi yang digunakan, dan nilai jualnya di pasaran.

  • Motor bekas dengan tahun pembuatan yang lebih muda

    Motor bekas dengan tahun pembuatan yang lebih muda umumnya memiliki kondisi yang lebih baik dan teknologi yang lebih canggih. Motor bekas jenis ini juga biasanya memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan motor bekas dengan tahun pembuatan yang lebih tua.

  • Motor bekas dengan tahun pembuatan yang lebih tua

    Motor bekas dengan tahun pembuatan yang lebih tua umumnya memiliki kondisi yang kurang baik dan teknologi yang lebih sederhana. Motor bekas jenis ini juga biasanya memiliki nilai jual yang lebih rendah dibandingkan motor bekas dengan tahun pembuatan yang lebih muda.

Dengan mempertimbangkan tahun pembuatan, Anda dapat mempersempit pilihan motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Jika Anda mencari motor bekas dengan kondisi yang baik dan teknologi yang canggih, maka Anda dapat memilih motor bekas dengan tahun pembuatan yang lebih muda. Namun, jika Anda mencari motor bekas dengan harga yang terjangkau, maka Anda dapat memilih motor bekas dengan tahun pembuatan yang lebih tua.

Kondisi body

Kondisi body merupakan salah satu aspek yang penting diperhatikan dalam tips memilih motor bekas. Body motor yang mulus dan tidak penyok menunjukkan bahwa motor tersebut terawat dengan baik dan tidak pernah mengalami kecelakaan serius.

  • Perhatikan bagian-bagian body yang mudah penyok

    Beberapa bagian body motor yang mudah penyok antara lain tangki bensin, fairing, dan spakbor. Bagian-bagian ini harus diperiksa dengan teliti untuk memastikan tidak ada penyok atau goresan yang berarti.

  • Periksa cat body motor

    Cat body motor yang kusam atau mengelupas dapat mengindikasikan bahwa motor tersebut sudah tua atau pernah mengalami kecelakaan. Periksa juga apakah ada perbedaan warna pada beberapa bagian body, yang dapat mengindikasikan bahwa body tersebut pernah dicat ulang.

  • Periksa rangka motor

    Rangka motor merupakan bagian yang vital dan harus diperiksa dengan teliti. Pastikan tidak ada keretakan atau pengelasan pada rangka, yang dapat mengindikasikan bahwa motor tersebut pernah mengalami kecelakaan serius.

  • Periksa bagian-bagian plastik

    Bagian-bagian plastik pada body motor, seperti fairing dan spakbor, harus diperiksa dengan teliti untuk memastikan tidak ada yang pecah atau retak. Bagian-bagian plastik yang pecah atau retak dapat mengurangi estetika motor dan juga dapat membahayakan pengendara.

Baca Juga :  Tips Memilih Alpukat Matang, Dijamin Lezat!

Dengan memperhatikan kondisi body motor secara teliti, Anda dapat terhindar dari membeli motor bekas yang pernah mengalami kecelakaan serius atau tidak terawat dengan baik.

Kelistrikan

Kelistrikan merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam tips memilih motor bekas. Sistem kelistrikan yang baik akan memastikan bahwa semua komponen kelistrikan pada motor, seperti lampu, klakson, dan starter, berfungsi dengan baik.

  • Aki

    Aki berfungsi sebagai sumber listrik utama pada motor. Aki yang lemah atau rusak dapat menyebabkan motor sulit dihidupkan atau bahkan mogok. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi aki sebelum membeli motor bekas.

  • Sistem pengapian

    Sistem pengapian berfungsi untuk menghasilkan percikan api pada busi, sehingga mesin dapat hidup. Sistem pengapian yang bermasalah dapat menyebabkan motor susah dihidupkan atau bahkan mogok.

  • Sistem penerangan

    Sistem penerangan berfungsi untuk memberikan cahaya saat berkendara di malam hari atau di kondisi minim cahaya. Sistem penerangan yang bermasalah dapat membahayakan keselamatan pengendara dan orang lain.

  • Sistem starter

    Sistem starter berfungsi untuk menghidupkan mesin motor. Sistem starter yang bermasalah dapat menyebabkan motor sulit dihidupkan atau bahkan mogok.

Dengan memperhatikan kondisi kelistrikan motor bekas secara teliti, Anda dapat terhindar dari membeli motor bekas yang memiliki masalah kelistrikan. Hal ini akan memastikan bahwa motor bekas yang Anda beli dapat berfungsi dengan baik dan aman.

Kelengkapan aksesori

Kelengkapan aksesori merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam tips memilih motor bekas. Aksesori pada motor dapat memberikan manfaat tambahan, seperti meningkatkan kenyamanan, keamanan, atau tampilan motor.

  • Fungsionalitas

    Beberapa aksesori, seperti box dan rak, dapat meningkatkan fungsionalitas motor dengan menyediakan ruang penyimpanan tambahan. Aksesori seperti handguard dan windshield dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dengan melindungi pengendara dari angin dan hujan.

  • Keamanan

    Aksesori seperti alarm dan kunci tambahan dapat meningkatkan keamanan motor dengan mencegah pencurian. Aksesori seperti lampu sorot tambahan dapat meningkatkan visibilitas saat berkendara di malam hari, sehingga meningkatkan keselamatan.

  • Tampilan

    Aksesori seperti cover jok dan stiker dapat meningkatkan tampilan motor sesuai dengan selera pengendara. Aksesori seperti velg racing dan knalpot racing dapat memberikan kesan sporty pada motor.

  • Harga jual kembali

    Motor bekas dengan aksesori yang lengkap umumnya memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi dibandingkan motor bekas dengan aksesori yang kurang lengkap. Hal ini karena aksesori tambahan dapat meningkatkan nilai dan daya tarik motor di mata calon pembeli.

Dengan mempertimbangkan kelengkapan aksesori saat memilih motor bekas, Anda dapat memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Aksesori yang lengkap dapat memberikan manfaat tambahan dan meningkatkan nilai jual kembali motor di masa depan.

Tanya Jawab Seputar Tips Memilih Motor Bekas

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya seputar tips memilih motor bekas:

Pertanyaan 1: Apa saja aspek penting yang perlu diperhatikan saat memilih motor bekas?

Baca Juga :  Tips Memilih Wallpaper Dinding yang Akan Bikin Ruanganmu Makin Keren!

Jawaban: Aspek penting yang perlu diperhatikan meliputi kondisi mesin, kelengkapan surat-surat, riwayat servis, harga, jenis motor, tahun pembuatan, kondisi body, kelistrikan, dan kelengkapan aksesori.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara memeriksa kondisi mesin motor bekas?

Jawaban: Cara memeriksa kondisi mesin motor bekas antara lain dengan menyalakan mesin dan mendengarkan suaranya, memperhatikan asap knalpot, mengecek oli mesin, dan melakukan test ride.

Pertanyaan 3: Mengapa kelengkapan surat-surat penting saat membeli motor bekas?

Jawaban: Kelengkapan surat-surat seperti STNK, BPKB, faktur pembelian, dan kwitansi pembelian penting karena merupakan bukti kepemilikan dan legalitas motor, serta untuk menghindari masalah di kemudian hari seperti kesulitan balik nama atau saat terjaring razia lalu lintas.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mengetahui riwayat servis motor bekas?

Jawaban: Anda dapat menanyakan langsung kepada pemilik sebelumnya atau meminta bukti servis rutin dari bengkel resmi.

Pertanyaan 5: Apa saja jenis-jenis motor yang tersedia di pasaran?

Jawaban: Jenis-jenis motor yang tersedia di pasaran antara lain motor bebek, motor sport, motor matic, motor trail, dan motor gede (moge).

Pertanyaan 6: Apa yang perlu diperhatikan saat memeriksa kondisi body motor bekas?

Jawaban: Saat memeriksa kondisi body motor bekas, Anda perlu memperhatikan bagian-bagian yang mudah penyok, cat body motor, rangka motor, dan bagian-bagian plastik.

Dengan memahami tips-tips yang telah dijelaskan, Anda dapat memilih motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan Anda.

Lanjut ke bagian selanjutnya: Tips Merawat Motor Bekas

Tips Memilih Motor Bekas

Memilih motor bekas yang berkualitas dan sesuai kebutuhan memerlukan pertimbangan yang matang. Berikut adalah beberapa tips penting yang dapat membantu Anda membuat pilihan yang tepat:

Tip 1: Periksa Kondisi Mesin

Kondisi mesin merupakan aspek terpenting dalam memilih motor bekas. Periksa apakah mesin dapat menyala dengan baik, tidak mengeluarkan suara kasar, dan tidak mengeluarkan asap knalpot berwarna putih atau kebiruan. Cek juga oli mesin, pastikan tidak berwarna hitam atau keruh.

Tip 2: Pastikan Kelengkapan Surat-Surat

Surat-surat kendaraan seperti STNK, BPKB, faktur pembelian, dan kwitansi pembelian sangat penting. Pastikan semua surat-surat tersebut lengkap dan asli untuk menghindari masalah hukum di kemudian hari.

Tip 3: Periksa Riwayat Servis

Riwayat servis dapat memberikan gambaran tentang perawatan motor sebelumnya. Tanyakan kepada pemilik sebelumnya atau minta bukti servis rutin dari bengkel resmi. Riwayat servis yang baik menunjukkan bahwa motor telah dirawat secara teratur dan dalam kondisi yang baik.

Tip 4: Pertimbangkan Harga

Harga motor bekas sangat bervariasi tergantung pada kondisi, jenis, tahun pembuatan, dan kelengkapan surat-surat. Sesuaikan harga dengan anggaran Anda dan pastikan harga tersebut sesuai dengan kondisi dan kualitas motor.

Tip 5: Pilih Jenis Motor yang Tepat

Jenis motor yang tersedia di pasaran sangat beragam, seperti motor bebek, sport, matic, trail, dan moge. Pilih jenis motor yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya berkendara Anda.

Tip 6: Perhatikan Tahun Pembuatan

Tahun pembuatan dapat mempengaruhi kondisi motor dan teknologi yang digunakan. Motor dengan tahun pembuatan yang lebih muda umumnya memiliki kondisi yang lebih baik dan teknologi yang lebih canggih. Namun, motor dengan tahun pembuatan yang lebih tua biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan motor bekas yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingatlah untuk selalu melakukan pengecekan secara menyeluruh dan berkonsultasi dengan mekanik jika diperlukan.

Kesimpulan

Memilih motor bekas yang berkualitas membutuhkan pertimbangan yang cermat. Dengan memperhatikan berbagai aspek penting seperti kondisi mesin, kelengkapan surat-surat, riwayat servis, harga, jenis motor, dan tahun pembuatan, Anda dapat menemukan motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan Anda.

Selain itu, selalu lakukan pengecekan secara menyeluruh dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik untuk memastikan kondisi motor bekas yang ingin dibeli. Dengan mengikuti tips-tips yang telah diuraikan, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan motor bekas yang berkualitas dan memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Tinggalkan komentar