Tips Usaha Jasa Jahit Baju Di Rumah Yang Menguntungkan

usaha jasa jahit

Tips Usaha Jasa Jahit Baju Di Rumah Yang Menguntungkan – Sobat Waca Berita, pada umumnya jenis usaha jasa merupakan usaha yang memiliki resiko kecil. Nah sobat, salah satu usaha jasa yang cukup menjanjikan ialah jasa jahit baju di rumah.

Mengapa harus dirumah?

Karena membuka jasa jahit baju di rumah tidak membutuhkan modal yang besar. Sebab Sobat tidak perlu pusing memikirkan biaya sewa ruko yang lumayan mahal. Sehingga modal Sobat bisa di fokuskan untuk membeli peralatan menjahit yang Sobat butuhkan.

Kali ini Waca berita akan membahas tentang bagaimana membuka usaha jasa jahit baju di rumah Sobat hingga bisa ramai didatangi pelanggan. Kami juga akan menyuguhkan tentang modal yang dibutuhkan dan trik marketing yang tepat guna mengembangkan usaha Sobat.

Berikut tips sukses membuka jasa jahit baju di rumah yang bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil.

Pastikan Sobat Sudah Ahli dalam Hal Menjahit

Usaha jenis jasa tentu membutuhkan sebuah keahlian. Misalnya saja jasa laundry kiloan dimana Sobat harus tahu tentang teknik mencuci dan menyetrika yang benar. Begitu juga dengan jasa menjahit baju. Pastikan terlebih dahulu Sobat adalah orang yang bisa menjahit baju.

Bukan hanya sekedar bisa loh. Tapi Sobat haruslah orang yang memang sudah ahli dalam menjahit baju dengan model apapun.

Karena calon pelanggan Sobat nantinya bermacam-macam. Ada yang ingin membuat baju dari awal dan juga ada yang hanya ingin permak saja. Jadi, Sobat harus bisa melayani setiap permintaan pelanggan.

Jika dirasa keahlian Sobat masih kurang, sebaiknya Sobat mengikuti kursus menjahit terlebih dahulu. Carilah tempat kursus terbaik di daerah Sobat.

Disana Sobat akan diajari berbagai keahlian tentang menjahit seperti teknik-teknik menjahit, cara memotong kain yang benar, membuat pola di atas kain, pengambilan ukuran baju dan masih banyak yang lain. Sobat juga bisa belajar dengan menonton video di youtube untuk memantapkan keahlian Sobat dalam menjahit.

Baca Juga :  Cara Bayar Shopee Paylater Lewat Shopeepay

Melirik Target Konsumen

Peluang untuk mendapatkan banyak konsumen akan lebih besar jika Sobat membuka usaha jahit baju di perkotaan. Terutama di pinggir jalan yang sangat ramai. Karena kesempatan untuk terus mendapatkan pelanggan baru akan lebih besar.

Namun, karena kita sedang membahas cara mengembangkan usaha jahit baju dirumah, Sobat bisa menyasar pelanggan di sekitar rumah Sobat.

Memang target konsumen Sobat termasuk sempit. Tapi jangan salah, dari para tetangga inilah nantinya jasa menjahit baju Sobat akan lebih dikenal banyak orang.

Dengan catatan hasil jahitan baju Sobat memang bagus. Mereka tidak akan segan untuk mempromosikan jasa jahit Sobat kepada keluarga atau kenalan mereka. Sehingga peluang untuk mendapat banyak pelanggan semakin besar.

Apalagi jika pelanggan Sobat adalah guru atau pegawai instansi pemerintah. Dari mereka, Sobat berpeluang mendapat permintaan jahitan baju seragam baik untuk seragam resmi, olahraga, atau sekedar seragam perkumpulan.

Pada intinya, jika hasil jahitan Sobat bagus, kemungkinan mendapat promosi gratis dari pelanggan Sobat akan semakin besar. Jadi tidak perlu takut usaha Sobat tidak akan laku meski Sobat membukanya dirumah.

Modal Buka Usaha Jahit Baju Rumahan

Urusan modal tentu menjadi hal yang menjadi pertanyaan ketika ingin membuka sebuah usaha. Tidak terkecuali dengan usaha jahit rumahan.

Berapa sih modal untuk membuka usaha jasa jahit baju dirumah?

Jawabannya adalah relatif. Jika Sobat memiliki uang yang banyak, Sobat bisa menggunakan semuanya untuk membuka usaha jahit baju, Namun batas terendah untuk modal menjalankan usaha ini adalah Rp 5.000.000.

Modal tersebut bisa digunakan untuk membeli mesin jahit, meja, kursi dan barang pendukung lain seperti benang, kancing, resleting, minyak pelumas mesin jahit dan lain-lain.

Untuk tempat usaha, bisa dikatakan gratis karena Sobat membukanya di rumah sendiri. Mungkin Sobat hanya perlu mengeluarkan sedikit modal untuk dekorasi ruangan saja.

Mempromosikan Usaha Jahit Baju Sobat

Setelah usaha menjahit Sobat telah dibuka, segeralah lakukan promosi untuk memperkenalkan jasa jahit Sobat pada konsumen. Hal pertama yang mesti Sobat lakukan tentunya memasang banner atau plang di depan rumah Sobat.

Selanjutnya Sobat bisa mencari order jahitan dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut pada tetangga, kerabat dan kenalan Sobat. Sobat juga bisa membuat brosur atau selebaran dan pasanglah di beberapa tempat yang strategis.

Jika hal ini belum cukup untuk mendatangkan konsumen dalam jumlah yang banyak, Sobat harus cari strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan jasa jahit baju Sobat. Sebaiknya Sobat perlu membangun jaringan bisnis dengan menambah relasi untuk mencari konsumen.

Baca Juga :  Berburu Cuan Melalui Bisnis Rumahan

Mendapatkan Konsumen dengan Membangun Relasi

Saat membuka usaha, jangan hanya berdiam diri menunggu pesanan datang. Namun aktiflah untuk mencari order jahitan baju. Sobat bisa menawarkan jasa Sobat ke sekolah-sekolah atau kantor pemerintah. Biasanya mereka membutuhkan seragam baju setiap tahunnya.

Cara yang cukup mudah dan efektif adalah membuat 50 kalender meja dengan nama usaha Sobat di sana beserta nomor telepon dan kelebihan jasa jahit Sobat.

Bagikan secara gratis ke sekolah dan instansi pemerintah didaerah Sobat. Mereka tentu akan senang hati menerimanya. Jangan membuat kalender dinding, karena mungkin tidak akan di pajang. Usaha promosi Sobat akan sia-sia,

Kalender meja biasanya akan di pajang di meja dan akan selalu dilihat tiap hari, sediakan juga tempat untuk mencatat dalam kalender agar lebih berguna.

Bayangkan selama setahun, setiap hari orang akan melihat kalender Sobat. Pasti diantara mereka akan teringat dengan Sobat. Ini bisa meningkatkan penjualan Sobat.

Perbanyak Relasi ke Pihak Sekolah

Jika Sobat memiliki banyak kenalan guru atau bahkan kepala sekolah. Maka kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan tetap Sobat akan sangat besar. Sobat tinggal tawarkan jasa Sobat saja.

Jika satu saja pihak dari sekolah memesan baju seragam untuk siswanya. Itu berarti ada puluhan atau ratusan pesanan sekali jalan. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan untuk Sobat.

Bekerja Sama dengan Pemilik Salon Pengantin

Salah satu pihak yang selalu membutuhkan jasa jahit baju adalah calon pengantin. Pasti mereka butuh baju istimewa untuk hari bahagianya. Sobat bisa mendekati pemilik salon kecantikan dan pengantin untuk Sobat ajak bekerja sama. Sobat bisa menjanjikan komisi setiap kali ada yang memesan melalui dia.

Pemilik salon akan senang jika mendapatkan komisi dan Sobat akan bahagia karena mendapatkan pesanan.

Pastikan Kualitas Jahitan Sobat Bagus

Hal yang paling penting selain promosi adalah kualitas jahitan Sobat. Seperti yang saya sarankan diatas, perdalam lagi keahlian menjahit Sobat dengan kursus atau mungkin mengambil kelas online menjahit.

Kualitas jahitan, apalagi soal kerapian dan hal yang sangat krusial untuk usaha ini. Bila Sobat sampai salah ukur atau jahitan Sobat belepotan. Pelanggan Sobat tentu akan kecewa dan tidak mau menggunakan jasa Sobat lagi

Baca Juga :  Tips Memulai Usaha Percetakan Hasilkan Cuan!

Jika Sobat sudah merasa berpengalaman, tetaplah belajar. Terkadang ada pelanggan yang tidak terlalu mengerti tentang fashion.

Disini Sobat bisa bertindak sebagai desainer dengan menyarankan model baju yang cocok untuk pelanggan Sobat tersebut. Dengan begitu, mereka akan merasa senang dengan saran dari Sobat.

Jika jahitan Sobat menjadi yang terbaik diantara jasa jahit yang lain, orang pun pasti akan berbondong-bondong mendatangi tempat Sobat.

Berikan Harga yang Terjangkau

Harga juga terkadang menjadi pertimbangan banyak orang ketika memutuskan untuk menjahit atau permak baju.

Jadi, sebaiknya Sobat jangan memasang ongkos jahit baju terlalu mahal. Tapi juga jangan terlalu murah karena akan merugikan diri Sobat sendiri. Untuk mengecek harga, Sobat bisa tanya-tanya harga di tempat jahit lain.

Entah bertanya secara langsung atau pada pelanggan yang sering menjahit disana.

Jika Sobat mendapat pesanan seperti seragam dari sekolah, Sobat bisa memberikan harga miring agar mereka senang dan kedepannya mau jahit lagi di tempat Sobat.

Usahakan Tepati Waktu

Untuk usaha di bidang jasa, kepercayaan juga memiliki peran penting jika ingin sukses dalam mengembangkan usaha. Selain servis yang berkualitas, waktu juga sangat krusial untuk masa depan jasa jahit baju Sobat.

Jadi, sebaiknya selalu tepati waktu saat menerima pesanan jahitan dari pelanggan. Misalnya Sobat menjanjikan seminggu jadi, ya ketika pelanggan datang seminggu kemudian, jahitan tersebut sudah harus jadi.

Kalaupun belum jadi karena suatu hal, misalnya mesin jahit rusak atau Sobat ada keperluan mendadak. Sebaiknya segera hubungi pelanggan Sobat dan jelaskan permasalahan Sobat. Sehingga mereka bisa memaklumi dan tidak merasa kecewa dengan Sobat.

Selain itu, jangan Sobat menyanggupi jika Sobat merasa tidak mampu. Contohnya pelanggan meminta jahitannya harus jadi 3 hari meskipun harus membayar lebih mahal. Karena Sobat tergiur dengan ongkosnya, Sobat menyanggupi saja. Tapi ketika Sobat tidak mampu menyelesaikannya, bisa saja pelanggan Sobat akan marah.

Resiko Usaha Jahit Baju

Tidak perlu khawatir soal resiko, meskipun Sobat mengeluarkan uang Rp 5 jutaan untuk modal. Jika sampai Sobat tidak mendapatkan pelanggan sama sekali dan berniat untuk menutup usaha ini. Sobat bisa menjual kembali mesin jahit Sobat dan perlengkapannya.

Dikurangi penyusutan, mungkin Sobat masih balik modal sekitar Rp2.000.000. Jadi kerugiannya hanya Rp3.000.000. Namun jika Sobat melakukan tips yang ada di atas, insya allah pasti laku kok. Apalagi jika Sobat mempromosikannya melalui media online.

Kesimpulan Usaha Jasa Jahit Baju di Rumah

Usaha jasa jahit baju rumahan cukup berpotensi untuk dicoba. Apalagi dengan resiko yang kecil dan modal yang rendah. Pasti akan menjadi peluang besar untuk Sobat. Yang terpenting adalah keahlian menjahit Sobat harus mantap dan promosikan jasa Sobat ke sebanyak mungkin orang.

You May Also Like

About the Author: Afid Setyadi