aplikasi umkm

Gratis! Aplikasi UMKM Untuk Mengembangkan Bisnismu!

Gratis! Aplikasi UMKM Untuk Mengembangkan Bisnismu! – Sobat Waca Berita, Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM memiliki peranan yang tidak sedikit dalam pengembangan Indonesia, khususnya pada sektor ekonomi.

Saat ini pengembangan UMKM menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan di Indonesia, hal ini bukan hanya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah tetapi juga untuk masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Pengembangan UMKM sendiri terdiri dari berbagai aspek seperti manajemen pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), modal, pendidikan dan teknologi.

Teknologi dalam peranannya mengembangkan UMKM adalah untuk membantu para pelaku bisnis mempercepat produktivitas dalam suatu usaha yang tentu saja akan memengaruhi tingkat pendapatan.

Selain memberikan peluang, teknologi yang hadir dan dapat diakses lewat smartphone bisa membuat bisnis kamu lebih berkembang. Cukup dari smartphone tersebut, kamu bisa memaksimalkan bisnismu melalui aplikasi bisnis yang sudah diunduh di dalamnya.

Apa Manfaat Menggunakan Aplikasi Gratis UMKM?

Sobat, tentu saja dengan adanya penggunaan teknologi terutama aplikasi bisnis gratis untuk UMKM, ada beberapa kemudahan atau manfaat yang bisa Sobat dapatkan.

Manfaat atau kemudahan yang sobat UMKM dapatkan antara lain lebih mudah dan rapi dalam mengoperasikan bisnis sehari-hari, tidak menghabiskan uang banyak karena beberapa fitur yang tersedia sudah gratis, dan juga mampu memberi pelayanan optimal bagi pelanggan.

Jenis dan Fitur Aplikasi Bisnis Gratis UMKM

Aplikasi-aplikasi seperti inilah yang cocok dijadikan sebagai aplikasi UMKM. Nah, berikut ini Waca Berita menghadirkan daftar beberapa aplikasi bisnis yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis UMKM-mu.

Anti bingung dengan bantuan aplikasi catatan hingga analitik

Menangkap ide saat inspirasi datang sangat penting agar bisnis Sobat bisa semakin maju. Untuk menjadi pebisnis yang terorganisir, Evernote maupun OneNote bisa menjadi solusi utama.

Dengan fitur yang cukup kaya, kedua aplikasi ini bisa membantu Sobat maupun tim dalam berbagai kebutuhan, dari mulai menyatukan catatan, checklist, hingga membuat jadwal. Menemukan ide itu sendiri juga perlu riset mendalam.

Baca Juga :  Cara Praktis Bayar Shopee Paylater Bagi Pemula

Karena itu, tools seperti Google Analytics dan Ahrefs juga dapat dimanfaatkan agar Sobat dapat mengikuti perkembangan terkini hingga mengenal peta persaingan bisnis agar Sobat mampu mengambil strategi yang tepat.

Miliki aplikasi pengelolaan usaha yang all in one

Saat menjalankan usaha, banyak hal yang perlu diperhatikan oleh UMKM agar usaha yang dikelolanya menjadi lebih produktif dan tidak memakan waktu.

Karena itu, memiliki asisten dalam bentuk aplikasi bisnis all-in-one seperti POS yang terdiri dari pencatatan digital, penerimaan pembayaran, pengelolaan produk hingga analisis penjualan menjadi sebuah kebutuhan agar bisnismu bisa semakin maju.

Untuk menjawab itu semua, Aplikasi Usaha Youtap bisa dimanfaatkan UMKM. Hanya tinggal unduh melalui toko aplikasi, pelaku usaha bisa mendapatkan fitur-fitur produktivitas tersebut secara gratis.

Selain itu, hal lain yang seringkali dialami UMKM saat berjualan adalah cara mendapatkan stok barang secara mudah dan cepat.

Saat Sobat dan tim tidak ada waktu untuk membeli langsung, Sobat bisa memanfaatkan aplikasi stok barang yang dimiliki Youtap lewat fitur Belanja Stok.

Melalui aplikasi stok barang, pelaku usaha dapat menghemat waktu belanja dan menyederhanakan proses pengelolaan usahanya secara efisien.

Buat tampilan bisnis lebih menarik

Untuk meningkatkan value added di toko online Sobat, desain unik dan menarik menjadi sangat krusial saat ini.

Jika pemula masih belum siap meng-hire jasa desain grafis khusus, aplikasi Canva bisa dimanfaatkan untuk membantu Sobat membuat grafis-grafis cantik.

Dengan ratusan template yang disediakan, pelaku usaha yang tidak memiliki skill desain sekalipun akan mampu mendesain tampilan bisnisnya dengan cepat dan memuaskan.

Untuk membuat foto produk semakin baik, aplikasi Clip Drop juga bisa dimanfaatkan. Pebisnis bisa dimudahkan dalam mengedit foto produk mereka untuk kebutuhan konten di sosial media maupun website tanpa perlu foto studio.

Tingkatkan visibilitas Sobat di ranah digital

Agar pelanggan mampu menjangkau usaha Sobat lebih luas lagi, maka keberadaan Sobat di ranah digital perlu dibangun.

Selain lewat sosial media, untuk menampilkan informasi mengenai usaha Sobat lebih teknis seperti jam operasi, kategori usaha, hingga alamat usaha, Google My Business menjadi tools yang harus dimiliki.

Tak hanya dari sisi pebisnis. Yang lebih menarik, pelanggan juga bisa memberi rating disini. Selain itu, komunikasi kepada pelanggan pun perlu dilakukan agar semakin lancar.

Baca Juga :  Tips Usaha Jasa Jahit Baju Di Rumah Yang Menguntungkan

WhatsApp for Business dapat dimanfaatkan untuk memberikan quick reply, menampilkan katalog, maupun menampilkan profil usaha.

Di sosial media pun, Sobat bisa meletakkan tautan link di description menggunakan aplikasi Linktree agar konsumen bisa semakin mudah menghubungi Sobat.

Kelola konten lebih baik dengan tools digital marketing

Manajemen konten sudah bukan menjadi hal asing bagi tiap pelaku usaha. Agar segala hal menjadi lebih mudah, Hootsuite bisa dimanfaatkan agar sosial media Sobat dapat dikelola secara bersamaan hanya dari satu aplikasi.

Saat ingin menyampaikan pesan kepada pelanggan, penting juga untuk menjangkau mereka secara digital.

Lewat aplikasi seperti Mailchimp, Sobat bisa menyebarkan promosi yang telah dibuat dalam bentuk newsletter secara serempak kepada daftar alamat e-mail yang sudah Sobat susun.

Hal ini tentu kesempatan yang baik untuk meningkatkan penjualan, membuat pelanggan kembali, hingga menemukan subscriber baru.

Fitur Aplikasi Akuntansi UMKM Yang Wajib Ada Untuk Perkembangan Bisnismu!

Selain contoh aplikasi atau tools yang diulas pada artikel di atas, Sobat Waca Berita juga perlu nih untuk memahami bahwa secara teknis pada manajemen akuntansi bisnis UMKM pun membutuhkan beberapa fitur aplikasi yang cukup mumpuni.

Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan aplikasi yang kaya akan fitur-fitur berikut, pengembangan bisnis UMKM bisa lebih terarah dan rapi.

Berikut ini fitur aplikasi akuntansi UMKM yang wajib ada pada bisnismu.

Manajemen Faktur

Faktur adalah perincian pengiriman barang yang mencatat daftar barang, harga, dan hal-hal lain yang biasanya terkait dengan pembayaran.

Karena itulah, faktur merupakan salah satu hal yang sangat terkait pada bisnis UMKM.

Sebuah UMKM perlu software akuntansi yang harus memiliki fitur manajemen faktur untuk dapat membantu memaksimalkan Sobat dalam mengelola faktur usaha Sobat.

Beberapa keunggulan yang dimiliki fitur manajemen faktur adalah:

  • Terdapat template faktur profesional yang bisa Sobat pilih dan personalisasikan sesuai dengan bisnis dan kebutuhan Sobat
  • Membantu mengelola tagihan klien dan melihat riwayat transaksi yang sudah dilakukan
  • Terintegrasi dengan email sehingga memudahkan Sobat untuk mengirimkan faktur langsung melalui email
  • Membantu melakukan perhitungan pajak dari faktur, mengintegrasi faktur ke dalam laporan keuangan
  • Membantu mengirimkan pengingat kepada klien Sobat untuk faktur yang belum dibayarkan.
Baca Juga :  Situs Penghapus Background Gratis Terbaik

Aplikasi Catatan Keuangan untuk Manajemen yang Lebih Baik

Aplikasi umkm untuk akuntansi yang harus dimiliki adalah fitur manajemen laporan keuangan.

Fitur ini akan membantu bisnis UMKM Sobat membuat laporan keuangan dengan mudah.

Fitur ini akan membantu Sobat mengukur kas yang digunakan dan menunjukkan bagaimana kas tersebut berpindah dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini akan memudahkan Sobat dalam melihat arus kas bisnis dengan lebih transparan dan mendetail sehingga meminimalisir kemungkinan adanya fraud pada bisnis Sobat.

Dengan begitu, Sobat akan lebih mudah menghitung laba rugi bisnis lebih mudah memanfaatkan fitur laporan keuangan yang ada.

Apalagi semua ini bisa Sobat lakukan secara otomatis karena dibantu oleh sistem yang dimiliki software akuntansi tersebut.

Tentunya pekerjaan Sobat untuk membuat laporan keuangan akan lebih mudah dan efisien.

Pengelolaan Stok Barang

Sebagai contoh, keberadaan fitur stok barang pada aplikasi software untuk UMKM atau UKM bisa sangat berguna untuk membantu Sobat mendapatkan jumlah stok secara langsung.

Karena data perhitungan jumlah persediaan akan ter-update secara real time.

Hal ini akan memudahkan Sobat mengetahui harga jual rata-rata suatu produk dan mengetahui stok apa saja yang kosong.

Selain data mengenai jumlah stok barang, fitur ini juga dapat memberikan data mengenai produk mana yang paling tinggi penjualannya yang akan memberikan insight untuk pergerakan bisnis Sobat kedepannya.

Karena itu lah, fitur pengelolaan stok barang juga merupakan salah satu fitur penting yang harus dimiliki software akuntansi yang Sobat gunakan.

Fitur Manajemen Biaya

Penting bagi Sobat untuk memastikan biaya yang Sobat dikeluarkan tidak melebihi anggaran yang telah ditetapkan, hal ini untuk mencegah keuangan bisnis Sobat menjadi tidak sehat.

Karena itulah aplikasi untuk kebutuhan proses akuntansi yang baik haruslah memiliki fitur manajemen biaya yang baik pula.

Hal ini menjadi wajib untuk bisa mengategorisasikan biaya dan melacak jumlah biaya yang dikeluarkan untuk suatu barang atau jasa.

Fitur ini juga akan memudahkan Sobat melacak jumlah biaya yang belum terbayar.

Nah Sobat, demikian ulasan tentang aplikasi gratis UMKM yang dapat membantu dalam pengembangan bisnis UMKM Sobat semua. Semoga ulasan ini bermanfaat, dan semoga bisnis UMKM yang Sobat jalankan dapat berkembang jauh lebih baik. Tetap semangat!