Ide Usaha Kecil Rumahan Yang Mudah dan Potensial

Ide Usaha Kecil Rumahan Yang Mudah dan Potensial – Sobat Waca berita, memulai bisnis di zaman sekarang bisa dikatakan lebih mudah dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Tentu saja hal itu dikarenakan perkembangan teknologi sangat luas sehingga kita bisa membuka bisnis hanya dari rumah saja. Bahkan, tidak jarang ide bisnis rumahan modal kecil bisa menghasilkan keuntungan yang begitu besar.

Sebuah bisnis rumahan tidak perlu membutuhkan tempat dan juga modal yang besar. Usaha yang satu ini juga bisa menjadi sampingan, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa jadi bisnis utama di masa depan.

Daftar Ide Usaha Kecil Rumahan Yang Mudah dan Potensial

Sobat, hal yang paling sulit dilakukan dalam membangun sebuah bisnis adalah mencari ide atau inspirasi. Nah, untuk Sobat yang mencari ide bisnis rumahan modal kecil, simak rekomendasi dari Waca Berita di bawah ini, ya!

Agen pembayaran PPOB

Ide bisnis rumahan modal kecil yang pertama bisa Sobat coba adalah menjadi agen pembayaran PPOB. Untuk Sobat yang belum tahu, PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Banking.

Intinya, usaha ini menawarkan jasa dalam pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, PDAM, internet, dan TV berlangganan. Bahkan, jasa satu ini bisa juga dibutuhkan untuk pembelian tiket pesawat hingga kereta api.

Untuk bisa bisnis jasa pembayaran PPOB, Sobat perlu mendaftar dan deposit sejumlah uang agar bisa menjadi agen tersebut. Modal yang diperlukan dalam bisnis satu ini adalah smartphone dan jaringan internet. Tentunya perangkat tersebut hampir semua orang memilikinya sehingga wajar bisnis ini banyak diincar.

Baca Juga :  Cara Main Saham Bagi Pemula Agar Untung

Agen pulsa dan paket internet

Tidak jauh berbeda dengan poin pertama, Sobat bisa coba menjadi agen pulsa dan paket internet untuk ide bisnis rumahan modal kecil selanjutnya.

Kebutuhan pulsa dan paket internet sangat meningkat dalam beberapa tahun terakhir akibat pandemi. Selain itu, pilihan hiburan pun sangat berlimpah di dunia maya, sehingga banyak orang kini menghabiskan banyak waktu di depan layar smartphone.

Untuk bisa menjalankan usaha ini, Sobat Sobat tidak perlu harus memiliki counter fisik. Hal yang diperlukan hanyalah smartphone dan spanduk sebagai informasi di depan rumah. Bahkan, Sobat bisa mempromosikan usaha ini melalui media sosial maupun pesan singkat.

Ide Usaha Kecil Rumahan: Bisnis konveksi

Bisa dikatakan, bisnis konveksi ini sudah ada sejak zaman dulu. Bedanya adalah kini tidak perlu menyewa tempat khusus karena sekarang bisa dilakukan di rumah. Tentunya hal tersebut membuat usaha ini termasuk ide bisnis rumahan modal kecil yang sangat menarik.

Modal yang diperlukan cukup mesin jahit dan smartphone yang terhubung dengan internet. Sobat bisa mempromosikan usaha konveksi melalui media sosial maupun pesan singkat. Dengan begitu, Sobat tidak perlu mengeluarkan modal tambahan untuk pemasaran.

Membuka toko kelontong atau warung

Meskipun saat ini sudah menjamur berbagai minimarket dan supermarket, namun membuka toko kelontong atau warung juga termasuk ide bisnis rumahan modal kecil yang cukup menjanjikan.

Hal itu dikarenakan masih banyak masyarakat yang memilih belanja di warung atau toko kelontong. Selain harganya lebih murah, lokasinya pun dekat dengan pemukiman warga.

Bahkan, Sobat bisa membuka usaha lainnya seperti agen pulsa dan pembayaran PPOB seperti yang dibahas sebelumnya. Cara ini tentunya lebih mudah dilakukan dan bisa mendatangkan keuntungan lebih besar.

Baca Juga :  Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater Sebelum Jatuh Tempo

Untuk membuka toko kelontong atau warung, pastikan berikan harga yang murah dan kalau bisa berikan diskon menarik agar bisa mendapatkan pelanggan tetap.

Menjual kerajinan tangan

Kerajinan tangan adalah salah satu bisnis yang sudah cukup umum dan termasuk ke dalam industri rumahan. Jika Sobat memiliki keahlian tertentu, maka kerajinan tangan ini bisa menjadi ide bisnis rumahan modal kecil selanjutnya yang bisa Sobat coba. Sobat bisa menyesuaikannya dengan hobi dan juga perkembangan tren yang berkembang saat ini.

Agar lebih mudah, Sobat bisa menciptakan produk yang memiliki nilai pakai seperti tas, aksesori, dan masih banyak lagi. Untuk melakukan pemasaran, Sobat pun bisa mempromosikannya di media sosial atau pesan singkat yang saat ini lebih mudah dijangkau.

Usaha Kecil Rumahan: Menjadi dropshipper

Seiring dengan tingginya transaksi belanja online, Sobat bisa memanfaatkan hal tersebut menjadi usaha dropship. Bisa dikatakan, dropship adalah ide bisnis rumahan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali. Alat yang Sobat butuhkan hanya alat komunikasi seperti smartphone dan juga komunikasi marketing yang baik.

Bisnis dropship melibatkan pihak ketiga sebagai penghubung antara pembeli dan produsen atau supplier barang tersebut. Pada bisnis ini, Sobat sebagai dropshipper akan meminta supplier barang untuk dapat mengirimkan barang pada pembeli. Di bagian itu, Sobat bertugas mempromosikan barang yang dimiliki supplier melalui media sosial dan pesan instan.

Jasa buket bunga atau kado

Jasa pembuatan buket bunga atau kado adalah salah satu ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa menguntungkan. Kondisi pandemi saat ini membuat banyak orang memberikan kado atau bunga sebagai pilihan agar tetap terhubung dan juga terkoneksi dengan orang-orang yang disayangi.

Baca Juga :  Marketing , Pengertian dan Tujuanya

Untuk modalnya, Sobat hanya perlu membeli kardus dalam berbagai ukuran, pita, lem tembak, dan juga kertas warna-warni. Dengan sedikit keterampilan, Sobat sudah bisa membuat buket bunga atau kado. Sistem pemasarannya pun bisa melalui media sosial, pesan singkat, maupun marketplace sehingga jauh lebih praktis.

Manajemen media sosial

Ide bisnis rumahan modal kecil lainnya yang bisa Sobat coba adalah manajemen media sosial. Seperti yang diketahui bahwa pengguna media sosial terus berkembang dari beberapa tahun terakhir.

Bahkan, media sosial bukan hanya sebagai alat untuk membuat status saja, tetapi juga bisa untuk kegiatan bisnis.

Maka dari itu, hampir semua perusahaan baik yang ternama maupun masih kecil membutuhkan manajemen media sosial untuk promosi produknya.

Sobat hanya perlu laptop atau smartphone dan pengetahuan sebagai admin media sosial untuk usaha ini. Cobalah bergabung dengan situs freelancer yang biasanya memiliki banyak lowongan kerja untuk bagian manajemen media sosial.

Menjadi guru les atau bimbingan belajar

Kondisi pandemi membuat banyak anak sekolah yang harus belajar secara daring atau online. Hal tersebut bisa Sobat manfaatkan untuk membuka guru les atau bimbingan belajar tambahan.

Modal untuk usaha ini cukup smartphone dan kuota internet dan tidak perlu banyak tatap muka. Ide bisnis rumahan modal kecil ini cukup banyak dilakukan oleh beberapa orang untuk menghasilkan uang tambahan.

Selain bimbingan belajar, Sobat juga bisa buka les privat pada bidang tertentu seperti pembuatan website, desain grafis, dan lain sebagainya.

Menjual makanan ringan atau snack

Usaha makanan ringan atau snack bisa menjadi ide bisnis rumahan modal kecil selanjutnya yang bisa Sobat coba. Seperti yang diketahui bahwa hampir setiap orang sangat menyukai makanan ringan sebagai camilan. Dengan kemudahan pemasaran di zaman sekarang, Sobat bisa membangun usaha ini di rumah saja.

Modalnya pun sangat minim dan itu tergantung pada jenis makanan ringan yang Sobat buat. Sobat bisa mencari supplier makanan ringan atau bisa juga membuatnya dan menjualnya sendiri melalui internet. Sistem penjualannya bisa melalui media sosial, marketplace, dan juga pesan instan.

Pilihlah Ide Usaha Kecil Rumahan Yang Mudah dan Potensial

Demikianlah daftar ide bisnis rumahan modal kecil dengan keuntungan besar. Adakah bisnis yang ingin Sobat coba saat ini?

KMS Pico