7 Alasan Membeli Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2023
7 Alasan Membeli Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2023

7 Alasan Membeli Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2023

7 Alasan Membeli Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2023 – Gebrakan kembali dilakukan Yamaha di awal tahun 2023. Setelah merilis warna baru untuk Yamaha Nmax, XSR 155, dan R15, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing atau YIMM lagi-lagi membuat kejutan kepada pecinta roda dua tanah air dengan merilis produk baru dengan nama Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2023.

Perilisan produk ini sudah sangat ditunggu-tunggu sebab Yamaha sudah memberikan sinyalemen perilisan produk semenjak H-3 melalui kanal media sosial Instagram. PT YIMM memanfaatkan momen unveiling Yamaha Monster Energy Team Moto GP pada hari Selasa, tanggal 17 Januari pukul 10.00 WIB di Jakarta.

Bahkan sebetulnya kemunculan Grand Filano sudah banyak diprediksi oleh berbagai pihak akan nongol di IMOS 2022, namun justru Yamaha memutuskan untuk menampilkan produk yang berbeda walaupun produk tersebut juga cukup menyita perhatian yakni All New Yamaha Freego 2023.

Jadi, santernya berita bahwa Yamaha Indonesia akan memperkenalkan Grand Filano memang sudah berhembus sejak lama. Hal tersebut dikarenakan Yamaha Vietnam dan Thailand sudah terlebih dahulu memperkenalkan produk tersebut di masing-masing negaranya. Noza Grande di Vietnam, sementara itu, Thailand dan Indonesia memilih nama yang sama yakni Yamaha Grand Filano.

Grand Filano sendiri merupakan sebuah produk baru yang termasuk dalam kategori Classy Yamaha, sebuah genre produk yang menampilkan skutik dengan ciri khas berdesain klasik mewah. Jika Maxy Yamaha menawarkan skutik berdesain sporty dengan lekukan tajam, maka Classy Yamaha menampilkan garis desain melengkung (rounded) bak skutik khas negeri Italia.

Baca Juga: All New Yamaha Xmax 2023, Fitur Terbarunya Menggoda Iman

7 Alasan Membeli Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2023

7 Alasan Membeli Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2023

Lalu, apa saja hal-hal yang ada pada Grand Filano yang bisa membuat Anda kepincut untuk meminangnya? Simak beberapa alasan membeli Yamaha Grand Filano Hybrid Connected berikut ini.

1. Memiliki Desain Khas Skutik Italy

Tren motor bergaya klasik memang masih merebak di dunia roda dua tanah air. Diawali dengan naiknya animo masyarakat terhadap Honda Scoopy hingga Vespa. Walaupun Keduanya memiliki perbedaan pendekatan desain, Scoopy memiliki headlamp di area tebeng sedangkan Vespa tetap menganut headlamp di stang, namun konsep desain klasik futuristik keduanya justru disambut baik oleh masyarakat. Gurihnya pasar motor klasik membuat Yamaha tak tahan untuk ikut bersaing memperebutkan market tersebut.

Sebetulnya Yamaha sendiri sudah memiliki satu line up matik klasik yakni Yamaha Fino 125, namun kurang begitu diminati masyarakat. Berdasarkan data penjualan Yamaha secara resmi, produk ini hanya laris di beberapa wilayah khususnya Indonesia bagian timur seperti pulau Sulawesi, sedangkan di wilayah lain cenderung stagnan.

Untuk merebut hati masyarakat, Yamaha Indonesia berikhtiar menjual matik bergenre klasik dengan melaunching produk yang bertemakan Classy Yamaha, dimulai dengan lahirnya Yamaha Fazzio 125 Hybrid Connected. Bahasa Desain Fazzio lebih mengarah pada skutik Italy dengan desain klasik dan penempatan headlamp di stang. Dan ternyata, masyarakat tanah air menyambut baik hadirnya Fazzio dengan tampilan khas skutik Italy, namun membawa ciri khas tersendiri yang unik.

Setelah sukses menghadirkan Fazzio 125, Yamaha tak cepat puas dan semakin gencar merebut market share skutik klasik dengan menelurkan produk baru keluarga Classy Yamaha berlabel Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2023. Biarpun sama-sama berdesain klasik, Grand Filano memiliki pendekatan desain yang berbeda dengan Yamaha Fazzio.

Garis desain Fazzio terbilang unik, banyak bagian-bagian komponennya yang berbentuk lonjong, seperti pada headlamp, lampu sein, stop lamp, rumah speedometer, hingga pada bagian aksesoris dasi pada tebeng dan bodi samping. Sementara Grand Filano mengambil bentuk diamond atau segelima rounded. Sobat bisa melihat pada bagian headlamp, rumah speedometer hingga stop lamp, semuanya berbentuk diamond.

Secara keseluruhan, desain Grand Filano dari depan hingga ke belakang lebih terkesan mewah dan mendekati konsep desain skutik klasik Eropa. Proporsionalnya bentuk lampu, tebeng, dan buritan samping, dapat membuat kesan pertama kali melihatnya seperti melihat produk Vespa. Ditambah dengan penggunaan ban tapak lebar dengan ring 12 inchi, membuat Grand Filano semakin mirip dengan skutik Italy. Mungkin jika kita tidak melihat nama Yamaha yang tertera, akan mengira bahwa Grand Filano adalah salah satu line up dari Vespa.

2. Bagasi Luas 27 Liter dan Dek Super Lega

Alasan kedua ini mungkin menjadi alsan yang paling kuat dan susah ditolak. Bagaimana tidak, Yamaha Grand Filano 2023 memiliki bagasi luas di bawah jok dengan kapasitas hingga 27 liter. Praktis, Grand Filano kini menjadi motor Yamaha yang memiliki jok terlega dibandingkan Yamaha Freego dan Nmax yang berkapasitas 25 liter, selisih 2 liter.

Dengan kelegaan bagasi tersebut, Anda dapat membawa banyak barang bawaan di dalam, seperti jas hujan, tas, sepatu, jaket, hingga menyimpan satu buah helm. Fungsi unik lainnya juga bisa untuk memandikan anak. Namun tetap ada barang yang sebaiknya tidak ditaruh di bagasi motor seperti alat elektronik maupun sayur-sayuran dan buah-buahan.

Saat motor berjalan, kondisi permukaan bagasi motor terasa panas. Menaruh barang elektronik di bagasi motor berpotensi dapat membuat alat elektronik rusak karena suhu panas hingga meledak. Sementara jika menyimpan sayur terlalu lama di dalam bagasi motor dapat membuat sayur-sayuran ataupun buah-buahan menjadi cepat layu. Maka sangat penting sekali memperhatikan barang bawaan apa yang seharusnya diletakkan dalam bagasi motor maupun tidak, terlebih jika dalam kondisi perjalanan jauh.

Baca Juga :  New CBR250RR Rilis, Tampang dan Performa Mesin Makin Beringas!

Jika Anda membawa Grand Filano ke pasar, Anda dapat menaruh sayur dan buah di cantelan bawah stang. Dan jangan kawatir tidak muat, karena Grand Filano juga memiliki dek (tempat pijakan kaki) yang luas. Anda bisa dengan lega menaruh kaki, menggerakan kaki ke depan belakang dan ke samping, juga sangat fungsional untuk menaruh barang bawaan yang besar maupun barang bawaan yang cukup riskan jika ditaruh di dalam bagasi motor. Menaruh kursi tambahan untuk si kecil juga bisa, tapi tetap pertimbangkan keselamatan ya.

Bagaimana Sob, susah bukan menolak alasan kedua ini? Terlebih masyarakat Indonesia sangat menyukai jenis motor yang mampu membawa barang bawaan banyak. Maka Grand Filano bisa menjadi salah satu pilihan jika Anda adalah orang yang mempunyai rutinitas membawa barang bawaan banyak.

Baca Juga: Ubahan New Vario 125 Tahun 2022 Terbaru, Kini Lebih Proporsional?

3. Mengisi BBM Tanpa Buka Jok

Tak sampai di situ, nampaknya Yamaha benar-benar ingin menjawab kebutuhan masyarakat secara maksimal terkait barang bawaan. Alasan ketiga berikut ini akan sangat cocok bagi Anda yang sehari-hari membawa barang yang ditaruh di jok bagian belakang.

Ya, bagi Anda yang kerap membawa barang bawaan di jok belakang, Anda akan merasa repot saat akan mengisi bahan bakar karena harus menurunkan barang terlebih dahulu. Belum jika harus melepas ikatan tali, kemudian mengikatnya kembali, pasti sangat merepotkan dan memakan waktu yang lama.

Untuk mempermudah kondisi tersebut, Yamaha membekali Grand Filano kemudahan pengisian BBM dengan menaruh tutup pengisian BBM yang terletak pada laci depan sebelah bawah kiri stang. Fiturnya dinamakan Smart Front Refuel. Dengan demikian, Anda dapat mengisi bensin tanpa perlu membuka jok yang menampung barang bawaan Anda, tak perlu lagi bongkar pasang barang, cukup turun lalu membuka tutup tangka bensin di bagian depan.

Bagi Anda yang malas buka jok ataupun tidak ingin orang lain melihat barang bawaan privasi Anda di jok bagasi, akan sangat termanjakan dengan fitur yang satu ini. Fitur pengisian jok seperti ini juga dapat Anda temukan pada produk Yamaha lainnya, yakni Yamaha Freego 125.

Namun karena posisinya di sebelah kiri stang, akan terasa lebih susah jika mengisi bensin pada posisi nozzle bensin di bagian kanan. Maka jika kondisi memungkinkan, akan lebih mudah mengisi bensin pada posisi nozzle bensi di sebelah kiri.

4. Speedometer Mewah

Keunggulan Grand Filano 2023

Pernahkan Anda membeli sepeda motor yang menurut Anda memiliki desain keren dan mewah, namun merasa kurang puas saat memandangi bagian dashboard stang khususnya speedometer? Desain (body) bisa jadi merupakan alasan Anda untuk memilih sepeda motor, namun kenyataan saat menungganginya, yang Anda pandangi adalah bagian dashboard atau speedometer.

Akan terasa puas jika sebuah motor memiliki desain body dan juga dashboard yang sama-sama sesuai ekspektasi Anda. Dan mungkin, Grand Filano Hybrid Connected 2023 adalah salah satu motor yang memenuhi kriteria tersebut.

Selain menawarkan desain mewah bergaya klasik, Grand Filano juga menawarkan desain panelmeter yang mampu memanjakan mata. Panelmeter ini menampilkan dua cluster, yakni speedometer negatif digital LCD pada bagian atas, serta MID (Multi Information Display) pada bagian bawah dengan teknologi TFT (Thin Film Transistor).

Oke, kita mulai dengan bahasa desain terlebih dahulu. Desain panelmeter Grand Filano selaras dengan bentuk headlamp diamond atau segi lima. Di antara cluster atas dan bawah, terdapat emblem krom bertuliskan Grand Filano dengan font khasnya.

Pada Cluster atas terdapat panelmeter berupa speedometer. Pengukur kecepatan ini memiliki tampilan negatif LCD sehingga warna latarnya berwarna biru. Visualnya akan tampak terang dan jelas terutama pada malam hari serta menambah kesan lebih mewah dibandingkan LCD biasa/monokrom.

 Pada speedometer ini, Anda akan melihat informasi berupa kecepatan real time saat berkendara yang dapat dilihat dengan angka besar yang berada di tengah layer. Selain itu, Anda juga akan menemukan ikon berupa telepon, SMS, baterai ponsel dan juga Bluetooth. Ya, ikon-ikon tersebut menandakan bahwa Grand Filano sudah mampu bertaut dengan ponsel penggunanya, teknologinya dinamakan Y-Connect.

Bagi yang baru mendengar istilah tersebut, Y-Connect adalah teknologi Yamaha yang fungsinya untuk menautkan ponsel pengguna dengan sepeda motor melalui fitur Bluetooth. Setelah ponsel terhubung dengan motor melalui Y-Connect, pengguna dapat mengetahui adanya telpon serta pesan masuk pada ponsel dengan melihat tanda/ikon yang berada di layer Speedometer (ikon bergambar telepon dan SMS), dan juga dapat mengetahui berapa persen daya baterai ponsel pengguna.

Selanjutnya, terdapat beberapa indikator-indikator yang terdapat di atas speedometer, seperti indikator sein kanan dan kiri, indikator kunci, engine check, serta lampu jauh. Satu hal yang menarik bila kita melihat lebih dekat ke speedometer, terdapat desain seperti tangga di sekitar speedometer yang bertingkat-tingkat. Sebuah hal yang mungkin terlihat sepele, namun menurut kami justru membawa kesan elegan pada tampilan layar dashboard Grand Filano.

Berpindah ke cluster bawah, Anda akan menemukan sebuah layar persegi panjang kecil yang disebut MID atau Multi Information Display. Sebuah layar yang memuat banyak informasi tentang performa motor. Sebelum membahas isi layar ini, Anda mungkin akan terbuat terkesima dengan tampilan layar mungil satu ini.

Saat Anda memutar knop keyless pada posisi On, Anda akan mendapatkan sambutan special dari Grand Filano pada layar MID yang bertuliskan “welcome aboard” dengan gambar siluet Grand Filano, feel mewahnya terasa sekali. MID Grand Filano ini sudah menganut teknologi TFT (   ), sehingga layar dapat menampilkan banyak warna serta gambar. Teknologi layar TFT ini biasa kita temukan pada dashboard mobil. Kalau pada segmen motor, sudah diaplikasikan beberapa pada motor listrik. Pada motor berbahan bakar bensin, baru Yamaha Xmax yang mengadopsi teknologi ini. Jadi terasa mewah sekali ya Sobat otomotif semua.

Baca Juga :  All New Yamaha Xmax 2023, Fitur Terbarunya Menggoda Iman

Kemudian, apa saja informasi yang disajikan pada MID Grand Filano Hybrid 2023? Beberapa informasi yang disuguhkan pada layar ini adalah berikut ini.

1) Indikator kapasitas bahan bakar bensin yang terdapat pada kiri layar (ditunjukkan dengan gambar jarum),

2) Indikator eco riding atau gaya berkendara hemat bahan bakar pada kanan layar (ditunjukkan dengan gambar jarum),

3) Indikator jam pada tampilan tengah layar,

4) Trip meter dan odo meter,

5) Konsumsi bahan bakar real time, dan

6) Tegangan baterai.

Baca Juga: Warna WR 155 R Tahun 2022 Terbaru Makin Berkelas

5. Teknologi Mesin Sudah Hybrid

Yamaha Grand Filano 125 Hybrid Connected 2023 menggunakan mesin yang basisnya mirip dengan mesin Yamaha Fazzio 125. Mesin ini adalah mesin Bluecore 125 cc dengan pendingin air-forced cooler satu silinder, SOHC 4 tak 2 katup yang dikombinasikan dengan teknologi Mild Hybrid. Yamaha mengklaim mesin ini mampu menghasilkan power maksimal sebesar 8,3 PS pada 6.500 rpm dan torsi puncak sebesar 10,4 Nm pada 5.000 rpm. Sistem Hybrid Yamaha ini terdiri dari 3 komponen penting yakni baterai, mesin SMG (Smart Motor Generator), dan juga sebuah ECU bernama SGCU (Smart Generator Control Unit).

Mild hybrid 125 cc milik Grand Filano akan menghasilkan Electric Power Assist hingga selama 3 detik bagi motor untuk berakselerasi dari posisi diam. Sistem Electric Power Assist akan aktif untuk kemudian meningkatkan dorongan torsi pada mesin, jadi akan menimbulkan efek bukaan gas yang ringan seperti mendapatkan tambahan tenaga. Sistem ini akan sangat bermanfaat saat melewati tanjakan yang membutuhkan tenaga banyak, juga saat membawa penumpang atau boncengan.

Tambahan tenaga yang dirasakan tadi itulah yang disebut Power Assist yang berasal dari SMG (Smart Motor Generator). Teknologi SMG ini berperan membuat motor dapat distarter dengan halus dan juga memberikan tenaga tambahan (Power Assist) saat bukaan gas pertama dari kondisi diam.

6. Irit Bahan Bakar

Berkat teknologi Mild Hybrid tersebut, konsumsi bahan bakar Grand Filano menjadi semakin irit. Ditambah lagi dengan penggunaan fitur SSS (Start Stop Sistem) mirip Idling Stopnya Honda yang akan mematikan idling mesin pada saat keadaan diam. Jadi Kombinasi SSS pada keadaan diam ditambah dengan Power Assist Hybrid akan semakin menghemat konsumsi bensin. Namun dengan catatan penghematan tersebut akan maksimal dalam kondisi perkotaan yang rentan macet dan memaksa penggunanya untuk berkali-kali membuka serta menutup gas.

Bagi masyarakat pedesaan mungkin akan tidak begitu terasa penghematan bahan bakarnya. Justru akan lebih terbantu dengan Power assist Hybrid yang memberikan tenaga tambahan saat melibas tanjakan di daerah pegunungan ataupun perbukitan.

Yamaha sendiri mengklaim 1 liter bensin mampu menempuh jarak 60 km. Nah jika kita bandingkan dengan pengetesan salah satu media yakni otomotif.net pada Yamaha Fazzio yang bermesin sama dengan Grand Filano, didapatkan hasil 1:51 yang artinya 1 liter mampu menempuh jarak 51 km dalam kondisi stop and go. Namun demikian, banyak ditemukan hasil yang berbeda-beda berdasarkan pengetesan langsung di lapangan oleh berbagai pihak. Bahkan ada yang mencapai hingga lebih dari 70 km.

Dari sekian banyak tes tersebut, kami merangkum bahwa jarak 1 liter bensin Grand Filano dapat menempuh rata-rata 50-60 km. Hasil dapat berbeda tergantung pada gaya mengendarai sepeda motor. Praktis dengan hasil pengetesan yang sudah dilakukan, Mesin Hybrid Grand Filano dan juga Fazzio adalah mesin Yamaha yang paling hemat BBM.

7. Fitur Melimpah

Alasan Membeli Yamaha Grand Filano Hybrid 2023

Di produk Grand Filano terbaru ini, Yamaha seperti ingin membuktikan kepada masyarakat bahwa kini mereka benar-benar ingin memberikan sebuah produk yang tidak hanya keren namun juga berteknologi canggih. Berikut ini kita akan bedah satu persatu fitur-fitur yang terdapat pada Yamaha Grand Filano Hybrid Coonected 2023.

Smart Key System/ Keyless. Tanpa anak kunci, si Grand Filano ini sudah pakai fitur keyless yang membuat Anda tidak perlu lagi menenteng-nenteng kunci ke mana-mana. Tapi sebagai gantinya, Anda harus membawa remote sebagai sensor untuk menghidupkan sepeda motor. Jadi, motor tidak bisa dihidupkan kalau kondisi remote mati.

Tombol yang terdapat di remote juga berfungsi sebagai Answer Back System atau pemanggil motor. Jika Anda pergi ke parkiran dan lupa menaruh motor atau motor Anda sudah dipindahkan oleh tukang parkir, Anda cukup menekan tombol di remote. Lalu motor Anda akan menjawab dengan bunyi, bip bip, kurang lebih seperti itu. Fitur Keyless dan Answer Back System kini menjadi salah satu fitur wajib yang hampir ada pada setiap varian sepeda motor pabrikan apapun. Boleh dibilang sudah menjadi fitur standard sepeda motor kekinian.

SSS (Start Stop System). Seperti yang sudah disebutkan di atas, fitur yang satu ini mirip dengan idling stopnya Honda. Bedanya, jika Idling Stop akan mematikan mesin setelah kendaraan berhenti selama 3 detik, SSS ini akan mematikan idle mesin setelah kendaraan diam selama 5 detik. Untuk menghidupkan mesin, Anda hanya perlu membuka tuas gas, tidak perlu men-starter motor lagi.

Fitur SSS ini menjadi salah satu fitur yang cukup pro kontra, pasalnya dianggap kurang efektif. Namun, pada kenyataannya bisa benar maupun tidak. Jika fitur ini dipakai oleh Anda yang hidup di wilayah pedesaan dan jarang sekali menemukan kemacetan, maka Anda juga akan hanya sesekali memakai fitur ini.

Berbeda hal untuk Anda yang tinggal di perkotaan dan harus berjibaku dengan kondisi macet sehari-hari, maka fitur ini akan sangat sering Anda gunakan. Manfaat fitur ini pun akan terasa pada konsumsi bahan bakar kendaraan. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan fitur SSS selama 5 menit (kalkulasi 1 hari) dalam kondisi macet dan berhenti pada lampu lalin, maka Anda akan menghemat penggunaan bensin selama 2,5 jam selama satu bulan (5 menit x 30 hari) saat berkendara. Tanpa disadari kita menjadi jauh lebih efektif dalam menggunakan bahan bakar bensin yang cadangan energinya kian hari kian menipis.

Baca Juga :  Toyota Vios 2021, Mobil Keren dari Toyota

Digital Speedometer with TFT Sub Display. Sudah disebutkan secara jelas di atas bahwasanya Grand Filano 2023 sudah dibekali speedometer full LCD negative display yang dilengkapi dengan layar TFT yang menyajikan informasi seputar kendaraan. Fitur ini menjadi yang pioneer di kelas nya bahkan di antara semua jenis kendaraan berbahan bakar bensin dengan kubikasi yang sama.

Hazard Lamp. Sebuah fitur yang membuat kedua lampu sein depan dan sein belakang menyala secara bersamaan. Satu hal yang perlu diketahui dari fitur ini tentu adalah fungsinya, yakni sudah tersebut dalam UU nomor 22 tahun 2009 peraturan berlalulintas pasal 121 ayat 1 bahwasanya Hazard Lamp berfungsi untuk memberi tanda dalam situasi darurat.

Namun dalam kondisi nyata yang ditemukan sehari-hari, masih ada pengendara yang menggunakan lampu hazar sesuai peruntukkannya, seperti melewati lampu lalin, menyalip, atau pun touring tanpa pengawalan resmi. Semoga kita lebih bijak lagi dalam memanfaatkan fitur yang satu ini.

All LED Lamp. Grand Filano Hybrid 2023 sudah dibekali lampu LED pada semua sektor, baik headlamp (lampu utama), DRL yang berbentuk menyerupai dasi, lampu sein depan dan belakang, Tail Light (lampu belakang), dan juga stop lamp (lampu yang menyala saat menarik tuas rem). Selain menambah kesan mewah, penggunaan lampu LED juga tergolong hemat karena usianya yang lama.

Namun lampu jenis ini juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan bulb (bohlam). Maka dari itu, salah satu faktor yang membuat Grand Filano lebih mahal dari Fazzio yang notabenenya bermesin sama adalah penyematan lampu. Lampu Fazzio yang LED hanya lampu utama dan DRL, sementara lampu sein, lampu belakang dan lampu rem masih menggunakan bohlam.

Electric Power Socket. Fitur yang membantu Anda untuk mengisi daya baterai ponsel. Tapi karena masih berbentuk Socket, Anda harus membeli adaptor yang memiliki lubang USB. Walaupun harus membeli secara terpisah. Anda bisa membeli adaptor yang memiliki beberapa lubang USB. Atau Anda juga bisa menggunakan Socket untuk keperluan lain selain mengisi daya baterai ponsel.

Smart Front Refuel. Seperti yang disebutkan di atas, fitur ini adalah fitur pengisian bensin tanpa membuka jok. Letak tutup tangka bensin berada di bawah stang sebelah kiri.

Spacioous Luggage 27L with LED Lamp. Bagasi luas berkapasitas 27 liter yang dilengkapi dengan penerangan lampu LED kecil di sebelah kiri. Lampu LED ini akan bermanfaat bagi Anda saat mengambil barang di jok dalam kondisi gelap. Namun, Anda harus memastikan posisi knop keyless pada posisi ON supaya lampu LED bagasi tetap menyala.

Blue Core Hybrid 125cc. Mesin Blue Core khas Yamaha yang diklaim irit bahan bakar yang dikombinasikan dengan Electric Power Assist, sehingga membuat tarikan mesin lebih bertenaga.

Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect). Sebuah aplikasi bernama Y-Connect yang menghubungkan ponsel pengendara dengan kendaraan melalui fitur Bluetooth. Y Connect menghadirkan beragam informasi seputar pemakaian kendaraan, servis berkala, dan informasi lainnya yang berguna bagi pengendara.

Spacious Front Pocket. Kompartemen penyimpanan yang berada di bawah knop keyless yang dapat Anda pakai untuk menyimpan botol air minum, sarung tangan, maupun ponsel yang dipakai saat mengecas. Karena laci sebelah kiri digunakan untuk mengisi bensin, maka Yamaha memindahkannya sedikit ke bawah dekat tombol keyless. Laci ini ukurannya cukup dalam.

Ban Tubeless Tapak Lebar. Sama seperti Fazzio, Grand Filano Hybrid juga memakai jenis ban tapak lebar dengan ukuran ring 12 inci. Bahkan ukuran ban depan dan belakangnya sama, yakni 110/70 untuk ban depan dan belakang.

Convenience Footstep, yah seperti itu Yamaha memberikan sebutan untuk jenis footstep terbaru di Grand Filano 2023. Yang membedakan footstep ini dengan footstep produk Yamaha lainnya adalah footstep ini memiliki desain lebih luas, jadi nyaman sekali bagi pembonceng. Desain footstep jenis ini juga dapat kita temui di produk motor pabrikan lain, seperti Honda PCX 150/160.

Premium Seat with Embroidery Style. Yamaha menawarkan Grand Filano dengan desain jok menarik yang dilengkapi dengan border jahitan. Terlebih pada Grand Filano seri LUX, joknya berwarna coklat, tekstur bergaris-garis pada jok depan, serta dilengkapi dengan bordir bertuliskan Grand Filano pada bagian jok belakang berlatarkan warna coklat gelap. Jok seri LUX ini memang terlihat lebih mewah dibandingkan seri NEO yang berwarna hitam.

Smart Lock. Sebuah tombol kecil yang berada di pangkal tuas rem sebelah kiri. Berfungsi untuk mengunci rem pada kondisi diam di tanjakan. Anda dapat berhenti ditanjakan tanpa perlu menarik tuas rem, hanya dengan menekan tombol satu ini. Jadi saat berhenti ditanjakkan, Anda bisa sambal membetulkan posisi tas, mengunci tali helm, atau membenarkan dasi Anda yang miring.

Side Stand Switch. Mesin tidak akan menyala jika standard samping belum dilipat. Namun, tidak disarankan mematikan mesin menggunakan standard samping karena akan menyebabkan indikator engine check menyala.

Demikian artikel mengenai Alasan Membeli Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2023 yang dapat kami bagikan. Produk ini dibanderol Yamaha sebesar 27 juta untuk versi NEO dan 27,5 juta untuk varian LUX on the road Jakarta. Semoga artikel ini dapat menjawab kebutuhan kamu dan bermanfaat. Jangan lupa selalu nantikan dan update artikel terbaru dari kami selanjutnya.