anggrek dasi
anggrek dasi

Anggrek Dasi, Cari Tahu Keunikannya Yuk!

Anggrek Dasi, Cari Tahu Keunikannya Yuk! – Sobat para pecinta tanaman hias terutama bunga, kali ini kita akan membahas tentang salah satu jenis bunga yang menjadi favorit di Indonesia, yaitu bunga anggrek.
Bunga anggrek merupakan primadona pecinta tanaman hias karena memiliki berbagai macam keunikan.

Namun, apakah sobat pernah mendengar tentang Anggrek Dasi? Jika belum, simak penjelasannya berikut ini ya Sob!

Sekilas tentang Keunikan Anggrek Dasi

Anggrek Dasi memiliki nama ilmiah Bulbophyllum phalaenopsis. Merupakan spesies tumbuhan yang tergolong ke dalam famili Orchidaceae. Spesies ini juga merupakan bagian dari ordo Asparagales. Spesies Bulbophyllum phalaenopsis sendiri merupakan bagian dari genus Bulbophyllum. Nama ilmiah dari spesies ini pertama kali diterbitkan oleh J.J.Sm. 1937

Masyarakat menjuluki tanaman jenis anggrek ini sebagai Anggrek Dasi, hal ini dikarenakan ia memiliki daun dan bunga seperti dasi, panjang daunnya bisa mencapai hingga lebih dari 1 meter, dengan lebar daun 20 cm.

Daun-daun raksasa anggrek itu muncul dari umbi semu sebesar bola tenis. Dari sela-sela umbi, muncul tandan bunga berbentuk lembaran berbulu dan berwarna merah marun menambah keunikannya. Selain unik, penampilan anggrek itu juga prima berdaun mulus, bebas serangan hama dan penyakit.

Di Indonesia, Anggrek Dasi ditemukan di sekitar Papua. Saking langkanya, tanaman jenis ini menjadi incaran para pehobi tanaman hias.

Faktor yang Berpengaruh terhadap tanaman Anggrek Dasi

Seperti pada umumnya tanaman anggrek yang memerlukan lingkungan tertentu agar dapat tumbuh secara optimal sebagaimana tanaman lainnya. Kondisi yang cocok akan memberikan dukungan sehingga tanaman dapat tumbuh secara normal tanpa gangguan apa pun. Oleh karena itu, sangat di- perlukan pemahaman yang mendalam tentang lingkungan tempat anggrek itu tumbuh.

Baca Juga :  Biodata MR. Sutan Mohammad Amin Nasution

Faktor utama yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman anggrek pada umumnya dibagi berdasarkan ukuran tanamannya, untuk lebih jelasnya tentang faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan anggrek adalah sebagai berikut:

Sinar Matahari

Kelompok anggrek yang berdaun lebar ukurannya lebih lebar daripada jenis anggrek yang lain. Contohnya adalah anggrek dendrobium, cattleya, phalaenopsis (anggrek dasi), dan Iain- lain. Jenis anggrek ini membutuhkan sinar matahari tidak langsung, yaitu sekitar 30-60% cahaya matahari. Jadi, anggrek ini memerlukan naungan yang terbuat dari net, yaitu suatu anyaman plastik yang kuat untuk mengatur intensitas cahaya yang diperlukan. Dewasa ini, diperdagangkan net yang dibuat sesuai dengan persentase cahaya yang diperlukan.

Kelembapan Udara

Kelembapan udara menunjukkan kadar uap air yang berada di udara di sekitar tanaman itu. Kelembapan udara ini sangat berhubungan dengan kesehatan tanaman anggrek. Banyak penanam anggrek menyangka bahwa anggrek harus ditanam di tempat yang senantiasa basah. Pandangan demikian itu keliru, ternyata anggrek ini lebih tahan kekeringan daripada terlalu basah. Pada dasarnya, kelembapan udara ini sangat erat hubungannya dengan penyiraman.

Temperatur

Kelompok anggrek berdaun lebar, menyukai suhu malam sekitar 21 °C. Suhu ini sangat penting bagi pembungaannya, namun apabila mengalami suhu malam hari yang tinggi, anggrek akan mendorong tumbuhnya anakan baru.

Memperbanyak tanaman anggrek dasi

Setelah mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi tanaman anggrep dasi, berikut ini adalah cara memperbanyak anggrek berdaun lebar seperti anggrek desi ini.

Anggrek yang berdaun lebar seperti dendrobium, cattleya, phalaenopsis dapat diperbanyak dengan dua cara, yaitu dengan membelah rumpun batangnya dan dengan cara stek tunas berakar yang tumbuh di sekitar ujung batang. Kedua bahan perbanyakan tanaman tadi langsung ditanam di dalam pot berisi media tanam.

Baca Juga :  6 Contoh Tanaman Vertikultur, Mana Yang Dicoba?

Rumpun tanaman dibelah dengan meng- gunakan pisau yang tajam dan bersih. Setiap rumpun yang dipisahkan harus memiliki beberapa umbi (1-4 umbi) dan daun yang sehat.

Setelah lebih kurang dua bulan, kemudian pindahkan bagian rumpun yang sudah di­belah dari pot asalnya ke pot yang baru.

Tanamlah rumpun dalam pot kecil yang sudah berisi media tanam.

Siramlah tanaman yang baru ditanam itu setiap hari dan hindari sinar matahari yang bersifat langsung.

Demikian informasi singkat mengenai anggrek dasi. Semoga bermanfaat ya Sob!

Ativador Office 2013

Pencarian Populer : anggrek dasi