Biodata Adolphe Sax Penemu Saksofon, Saxotromba, Saxhorn dan Saxtuba

Biodata Adolphe Sax Penemu Saksofon, Saxotromba, Saxhorn dan Saxtuba

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Adolphe Sax seorang penemu Saksofon, Saxotromba, Saxhorn dan Saxtuba. Penasaran ingin tahu tentang penemu Saksofon, Saxotromba, Saxhorn dan Saxtuba, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Adolphe Sax :

Lahir : 6 November 1814 Dinant, provinsi Namur, Belgia
Meninggal : 7 Februari 1894 (umur 79) Paris, Prancis
Kebangsaan : Belgia
Pekerjaan : Penemu, musisi, desainer alat musik
Dikenal atas : Penemu saksofon
Antoine-Joseph “Adolphe” adalah desainer alat musik asal Belgia dan musisi yang memainkan seruling dan klarinet, dan terkenal karena telah menemukan saxophone. Selain saksofon, dia juga menemukan saxotromba, saxhorn dan saxtuba.

Awal kehidupan

Antoine-Joseph Sax lahir pada tanggal 6 November 1814 di Dinant, Belgia dari pasangan tuan & nyonya Charles-Joseph Sax . Saat waktu kecil dia dipanggil Adolphe. Ayah dan ibunya, merupakan desainer instrumen.

Adolphe mulai membuat instrumen sendiri pada usia muda, pada usia 15 dia pernah mengikuti kompetisi klarinet. Dia lalu belajar pada kinerja kedua instrumen serta suara di Koninklijk Conservatorium of Brussels.

Setelah meninggalkan sekolah, Adolphe mulai bereksperimen dengan desain instrumen baru, sementara orangtuanya terus membuat instrumen konvensional untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Penemuan penting pertama Adolphe adalah membuat beberapa perbaikan pada bass klarinet dengan meningkatkan keywork akustik dan memperluas jangkauan nada yang lebih rendah yang dipatenkan pada usia 24.

Adolphe pindah secara permanen ke Paris pada tahun 1841 dan mulai bekerja pada sebuah instrumen baru yang dipamerkan pada tahun 1844 yakni terompet  valved.

Baca Juga :  Biodata Charles Goodyear Penemu Ban Karet

Adolphe mempatenkan ciptaannya itu pada tahun 1846. hak paten Sax mencakupi 2 keluarga Saxophone yaitu keluarga orkestra (in C dan in F) dan keluarga band (in Bb dan in Eb).

Paten Adolphe berakhir pada tahun 1866,  setelah itu, banyak pemain saksofon dan produsen alat melakukann perbaikan untuk desain dan keywork. Modifikasi substansial pertama oleh produsen Perancis yang diperpanjang bel sedikit dan menambahkan kunci tambahan untuk memperluas jangkauan ke bawah oleh satu semitone ke B ♭.

Penemuan alat musik lainnya

Sax juga mengembangkan keluarga saxotromba, instrumen kuningan valved dengan bore sempit dari saxhorns, pada tahun 1845.

Instrumen Saxhorn menyebar dengan cepat di seluruh dunia. Katup saxhorn diterima sebagai bagian dari seni dan sebagian besar tidak berubah sampai saat ini.

Adolphe terus membuat instrumen di kemudian hari dan memimpin kelas saksofon baru di Paris Conservatoire. Pembuat instrumen Rival menyerang legitimasi paten dan melancarkan kampanye yang panjang litigasi terhadap Adolphe dan perusahaannya.

Dia menderita kebangkrutan pada tahun 1856 dan pada tahun 1873.

Kematian

Adolphe menderita kanker bibir antara tahun 1853 dan 1858 tetapi membuat pemulihan penuh. Adolphe Sax meninggal pada tanggal 7 Februari 1894 di Paris dan dikebumikan di bagian 5 (Avenue de Montebello) di Cimetière de Montmartre di Paris.

Penutup

Itulah biodata Adolphe Sax seorang penemu Saksofon, Saxotromba, Saxhorn dan Saxtuba. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski