Biodata Alex Kawilarang Penemu Kapal Ikan Bersirip

Biodata Alex Kawilarang Penemu Kapal Ikan Bersirip

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Alex Kawilarang seorang penemu kapal ikan bersirip. Penasaran ingin tahu tentang penemu kapal ikan bersirip, simak penjelasannya berikut ini.

Prof Dr Ir Alex Kawilarang Warouw Masengi MSc ialah penemu teknologi kapal ikan bersirip yang dipatenkan di Jepang. Ia  memperoleh gelar Doktor dari The Graduate School of Marine Science and Engineering Nagasaki University, Jepang tahun 1993.

Biografi 

Alex Kawilarang lahir di Desa Kinilou, Tomohon, Sulawesi Utara pada tanggal 13 Juni 1958. Alex tumbuh di dalam keluarga petani. Alex dilahirkan dan dibesarkan dalam lingkungan pertanian di kaki Gunung Lokon, Desa Kinilou, Tomohon, Sulawesi Utara. Alex akrab dengan pertanian palawija, hortikultura,serta budidaya tambak air tawar.

Alex Kawilarang memanfaatkan lokasi rumahnya di alam pegunungan yang sejuk sebagai tempat pertemuan para dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Alex sering menerima tamu di rumahnya yang dikelilingi tambak air tawar itu.

Alex menyelesaikan pendidikan sekolah dasar di Desa Kinilou pada tahun 1971, lalu melanjutkan ke sekolah teknik pertama dan lulus tahun 1974. Selanjutnya Alex meneruskan pendidikan di Sekolah Usaha Perikanan Menengah di Manado dan lulus pada tahun 1977.

Setelah sempat bekerja di sebuah perusahaan perikanan, Alex melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Perikanan Unsrat dan lulus tahun 1984. Alex mengikuti program master di Faculty of Fisheries Nagasaki University pada tahun 1990 dan meraih gelar doktor di The Graduate School of Marine Science and Engineering Nagasaki University, Jepang, tahun 1993.

Baca Juga :  Biodata Ferdinand Braun Penemu Osiloskop Pertamakali

Selain aktif dalam dunia pendidikan, Alex juga dikenal luas di Sulawesi Utara karena aktivitasnya di berbagai organisasi pemuda. Antara lain,dia tercatat sebagai Wakil Ketua Komisi Pemuda GMIM (Gereja Masehi Injili di Minahasa), salah satu gereja terbesar di Kawasan Timur Indonesia. Alex juga menjadi anggota tim akademisi muda Unsrat yang aktif menjelaskan posisi, visi, dan misi Unsrat ke depan.

Alex secara rutin juga menjadi pembicara dan dosen tamu pada berbagai universitas di Jepang dan Perancis. Alex juga sering menyampaikan makalah ilmiah di berbagai universitas ternama di Jepang, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat.

Alex Kawilarang menikah dengan Ixchel Peibie Mandagie MSi (juga dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsrat). Mereka dikaruniai empat orang anak, yaitu Kesihi, Shinji, Etsuko dan Akira.

Penemuan kapal ikan bersirip

Kapal ikan bersirip adalah sebuah teknologi perkapalan yang diilhami dari sebuah ikan, ikan itu dapat terbang jauh bagaikan pesawat udara yang melayang rendah di atas permukaan air laut.

Alex Kawilarang tertarik ketika mengamati bentuk tubuh dan sirip ikan terbang bernama antoni (torani). Ikan itu dapat melayang di atas permukaan air laut. Tubuhnya terangkat melalui pergerakan sirip yang relatif panjang dan dorongan pergerakan tubuhnya sendiri.

Ikan antoni mempunyai bentuk tubuh yang relatif unik, mulai dari kepala, badannya yang montok, pergelangan ekornya serta seluruh siripnya.

Bentuk tubuh dan sifat-sifat khas ikan antoni itulah yang ia terapkan ke dalam desain badan kapal ikan, berikut pemasangan sirip pada bagian lambung kapal. Hasilnya, tingkat kestabilan kapal ikan relatif menjadi lebih tinggi apabila dibandingkan dengan jenis kapal ikan lain.

Sejumlah pengkajian dan uji coba stabilitas kapal ikan yang menggunakan sirip ini sudah dilakukannya sejak 16 tahun terakhir. Pengkajian dan pengujian dilakukan di Laut Cina Timur, Teluk Ohmura Nagasaki, perairan Jepang Timur, Teluk Manado dan perairan di sekitar Kota Bitung. Hasilnya, stabilitas kapal ikan bersirip rata-rata melebihi kapal ikan biasa.

Baca Juga :  Biodata Brian David Josephson Penemu Efek Josephson

Selain itu, pengujian laboratorium juga dilakukan di beberapa laboratorium ternama, seperti Laboratorium kapal ikan di Fakultas Perikanan Hokkaido University, Japan Fisheries Engineering Laboratory, Faculty of Ship Building Soga University, Nagasaki.

Hasil pengujian stabilitas terhadap kapal ikan tipe sabani dari Okinawa dengan menggunakan sirip dalam kondisi statis meningkat 17 persen. Adapun saat kapal dalam kondisi dinamis atau bergerak, tingkat stabilitasnya naik menjadi 22 persen.

Metode yang sama, diujicobakan pula pada beberapa kapal ikan tipe pamo yang biasa digunakan para nelayan Sulawesi Utara, baik dalam ukuran nyata maupun dalam skala model. Dari hasil pengujian diperoleh hasil stabilitas kapal pamo dalam kondisi statis meningkat 19 persen dan dalam kondisi dinamis meningkat 28 persen.

Berdasarkan semua pembuktian itu, temuan teknologi kapal ikan bersirip yang desainnya didasarkan pada bentuk tubuh ikan antoni itu, Alex mematenkan atas namanya sendiri di Jepang.

Penutup

Itulah biodata Alex Kawilarang seorang penemu kapal ikan bersirip. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :  Tokoh Indonesia

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski