Biodata André Courrèges Penemu Rok Mini

Biodata André Courrèges Penemu Rok Mini

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata André Courrèges seorang penemu rok mini. Penasaran ingin tahu tentang penemu rok mini, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata André Courrèges :

  • Lahir : 9 Maret 1923, Pau, Pyrénées-Atlantiques, Perancis
  • Meninggal : 7 Januari 2016, Neuilly-sur-Seine, Perancis
  • Pasangan : Coqueline Barrière 
  • Pendidikan : École des ponts ParisTech
  • Anak : Marie Courrèges
  • Dikenal atas : penemu rok mini

Andre Courreges lahir di Pau, Pyrénées-Atlantiques, Perancis pada tanggal 9 Maret 1923. Courreges menempuh pendidikan teknik dan arsitektur. Tetapi, ternyata, ketekunan minat dan hasratnya untuk berkarya ada di ranah mode.

Courreges pergi ke Paris untuk bekerja di rumah mode Jeanne Lafaurie. Beberapa bulan kemudian, dia pergi bekerja untuk Cristóbal Balenciaga.

Sekitar 11 tahun, Courreges bekerja sama dengan seorang perancang adibusana terkenal asal Spanyol, Cristobal Balenciaga. Tetapi, pada akhir tahun 1961, dia memutuskan untuk meluncurkan labelnya sendiri.

Pada tahun 1964, Courreges merilis koleksi bertajuk “Space Age”. Koleksi busana ini sebenarnya adalah perpaduan ilmu arsitektur dan mode. Courreges mendobrak dunia fashion konvensional dengan rancangan yang memiliki struktur kuat, futuristik, tetapi tetap sederhana.

Bahan yang disukai Courrèges sudah termasuk plastik seperti vinyl dan kain stretch seperti lycra. Sementara dia lebih suka putih dan perak, Courrèges sering menggunakan kilatan warna jeruk, dan desain dengan dominasi warna putih dalam bukunya, Agustus 1964 acara yang marah dengan sentuhan tanda tangan merah muda yang jelas, “terang menyengat” hijau, berbagai nuansa coklat dari gelap ke pucat, dan poppy merah.

Baca Juga :  Jawaban Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan

Pada tahun 1967 Courreges menikah dengan Coqueline Barrière, asisten desain. Mereka bertemu saat bekerja bersama di Balenciaga, dan bekerja sama sebagai tim suami dan istri hingga akhir hidupnya.

Pada tahun 1968 Courreges menjual saham perusahaan kepada L’Oréal untuk membiayai ekspansi tahun 1972, termasuk 125 butik di seluruh dunia. Tahun itu, Courreges ditugaskan untuk merancang seragam staf untuk Olimpiade Munich tahun itu.

Beberapa Karya Courreges yang terkenal :

  • Rok pensil dengan warna cerah
  • Sepatu boots dari bahan kulit
  • Sepatu tip toe
  • Rok mini
  • Celana Model ramping.
  • Courreges (sarung tangan serta kacamata plastik)

Pada tahun 1967 Courreges baru leluasa untuk memproduksi karyanya secara masif, dan timbullah sebutan industrial couture.  “Aku tak akan pernah memberi aksen tambahan, dan itu tak akan pernah berubah,” ujar Courreges pada tahun 1967.

Rancangan Courreges yang mengusung siluet basic dan retro sampai saat ini masih terus disukai dan menjadi bagian vital dari dunia fashion.

Kematian

André Courrèges menderita penyakit Parkinson selama 30 tahun terakhir hidupnya. Courrèges meninggal pada tanggal 7 Januari 2016 saat berusia 92 tahun di Neuilly-sur-Seine, Perancis, dia meninggalkan seorang istri dan putri mereka.

Penutup

Itulah biodata André Courrèges seorang penemu rok mini. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org