Biodata Antoine Jérôme Balard Penemu Bromin atau Brom

Biodata Antoine Jérôme Balard Penemu Bromin atau Brom

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Antoine Jérôme Balard seorang penemu bromin atau brom. Penasaran ingin tahu tentang penemu bromin atau brom, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Antoine Jérôme Balard :

Lahir : 30 September 1802 Montpellier

Meninggal : 30 April 1876 paris

Dikenal atas : penemu bromin atau brom

Antoine Jérôme Balard (30 September 1802 – 30 April 1876) adalah seorang ahli kimia asal Prancis dan salah satu penemu bromin.

Antoine Jérôme Balard lahir di Montpellier pada tanggal 30 September 1802, dia memulai sebagai apotek, namun mengajar sambil bekerja sebagai asisten kimia di fakultas ilmu kota asalnya, dan kemudian menjadi profesor kimia di perguruan tinggi kerajaan dan sekolah apotek dan di fakultas sains.

Penemuan Broming

Pada tahun 1826 Balard menemukan ada zat pada air laut yang dia kenali sebagai unsur yang sebelumnya tidak dikenal dan menamakannya bromin. Telah dibuat secara independen oleh Carl Jacob Lowig pada tahun sebelumnya dan keduanya dianggap telah menemukan unsur itu.

Balard menemukan bahan kimia brom di abu rumput laut dari rawa – rawa garam di Montpellier. Rumput laut digunakan untuk menghasilkan yodium, tapi juga mengandung brom.

Balard mendistilasi bromin dari larutan abu rumput laut yang jenuh dengan klorin. Sifat-sifat zat yang dihasilkan adalah antara antara klorin dan yodium, Dengan demikian dia mencoba membuktikan bahwa zat tersebut adalah yodium monoklorida (ICl), namun setelah gagal melakukannya, dia yakin telah menemukan unsur baru, dan menamakannya muride, berasal dari kata Latin muria untuk air garam.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini, Sabtu 30 Juli 2022

Setelah ahli kimia asal Prancis Louis Nicolas Vauquelin, Louis Jacques Thénard , dan Joseph-Louis Gay-Lussac menyetujui percobaan dari apoteker muda Balard, hasilnya dipresentasikan pada kuliah Académie des Sciences dan diterbitkan di Annales de Chimie et Physique.

Dalam terbitannya, Balard menyatakan bahwa dia mengganti namanya dari muride menjadi milik proposal M. Anglada. Brôme (bromin) berasal dari bahasa Yunani βρωμος (bau busuk).

Sumber lain mengklaim bahwa ahli kimia dan fisikawan asal Prancis Joseph-Louis Gay-Lussac menyarankan nama brôme untuk bau khas uap. Brom tidak diproduksi dalam jumlah banyak sampai tahun 1858, ketika penemuan deposit garam di Stassfurt memungkinkan produksinya sebagai produk sampingan dari kalium.

Pada tahun 1851 dia diangkat sebagai profesor bidang kimia di College de France, di mana dia memiliki MPE Berthelot terlebih dahulu. Sebagai murid, kemudian sebagai asisten dan akhirnya sebagai kolega.

Balard juga mempunyai murid bernama Louis Pasteur, saat Pasteur berusia 26 tahun. Di laboratorium Balard, Pasteur menemukan perbedaan antara kristal “tangan kanan” dan “tangan kiri” saat dia bekerja dengan asam tartarat.

Balard adalah seorang ahli kimia yang rajin pada kedua sisi murni dan terapan. Dalam penelitiannya tentang senyawa pemutihan klorin, dia adalah orang pertama yang memajukan pandangan bahwa bubuk pemutih adalah senyawa ganda kalsium klorida dan hipoklorit.

Dan dia mencurahkan banyak waktu untuk masalah penghematan soda dan potasium dari air laut secara ekonomi, meskipun di sini usahanya dihapuskan dengan ditemukannya sumber pasokan yang jauh lebih kaya yang diberikan oleh simpanan Stassfurt.

Dalam kimia organik dia menerbitkan makalah tentang dekomposisi amonium oksalat, dengan pembentukan asam oksik, amil alk0h0l, pada sianida, dan perbedaan konstitusi antara etil nitrat dan etil sulfat. Dia juga membantu Louis Pasteur memikirkan eksperimen yang akan membuktikan bahwa generasi spontan tidak benar.

Baca Juga :  Biodata Arthur Eddington Penemu Hubungan Antara Massa Bintang dan Intensitas Cahayanya

Antoine Jérôme Balard meninggal di Paris pada tanggal 30 April 1876.

Penutup

Itulah biodata Antoine Jérôme Balard seorang penemu bromin atau brom. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog.Penemu