Biodata Carl Jacob Löwig Penemu Bromin atau Brom

Biodata Carl Jacob Löwig Penemu Bromin atau Brom

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Carl Jacob Löwig seorang penemu bromin atau brom. Penasaran ingin tahu tentang penemu bromin atau brom, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Carl Jacob Löwig : 

Lahir : 17 Maret 1803 Bad Kreuznach, Jerman

Meninggal : 27 Maret 1890 (umur 87) Breslau Jerman 

Kebangsaan : Jerman 

Institusi : Universitas Heidelberg, Universitas Zurich, Universitas Breslau

Alma meter : Universitas Heidelberg

Dikenal atas : penemu bromin atau brom

 

Carl Jacob Löwig (17 Maret 1803 – 27 Maret 1890) ialah seorang ahli kimia berkebangsaan Jerman. Ia merupakan salah satu penemu bromin secara independen selain ahli kimia Prancis, Antoine Jérôme Balard.

Carl Jacob Löwig lahir di Bad Kreuznach, Jerman, pada tanggal 17 Maret 1803. Dia  menerima gelar PhD di University of Heidelberg atas karyanya bersama Leopold Gmelin. Setelah bekerja di University of Heidelberg dan University of Zurich Jacob Löwig menjadi penerus Robert Wilhelm Bunsen di Universitas Breslau.

Carl Jacob Löwig bekerja dan tinggal di Breslau sampai kematiannya pada tanggal 27 Maret 1890. Ia meninggal pada usia 87 tahun.

Penemuan Broming

Selama penelitiannya tentang garam mineral Carl Jacob Löwig menemukan bromin pada tahun 1825, saat gas coklat berkembang setelah garam diobati dengan klorin.

Jacob Löwig mengisolasi bromin dari mata air mineral dari kampung halamannya, Bad Kreuznach pada tahun 1825. Jacob Löwig menggunakan larutan garam mineral yang jenuh dengan klorin dan mengekstraksi bromina dengan dietil eter.

Baca Juga :  Biodata Kwee Tek Hoay, Sastrawan Melayu Tionghoa

Setelah penguapan eter cairan coklat tetap ada. Dengan cairan ini sebagai contoh karyanya, Jacob Löwig melamar ke laboratorium Leopold Gmelin di Heidelberg. Jacob Löwig menunda mempublikasikan hasil temuannya tentang bromin sehingga Antoine Jérôme Balard mempublikasikan hasilnya terlebih dahulu.

Penutup

Itulah biodata Carl Jacob Löwig seorang penemu bromin atau brom. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu