Biodata Charles Wheatstone, Penemu Stereogram

Biodata Charles Wheatstone, Penemu Stereogram

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Charles Wheatstone seorang penemu stereogram. Penasaran ingin tahu tentang penemu stereogram, simak penjelasannya berikut ini.

Sir Charles Wheatstone adalah seorang ilmuwan asal Inggris dan penemu banyak terobosan ilmiah di era Ratu Victoria, Diantara penemuannya ialah English concertina, stereoscope (perangkat untuk menampilkan gambar tiga dimensi), dan cipher Playfair (sebuah enkripsi teknik).

Namun, Wheatstone terkenal karena kontribusinya dalam pengembangan jembatan Wheatstone, awalnya diciptakan oleh Samuel Hunter Christie, yang digunakan untuk mengukur hambatan listrik yang tidak diketahui, dan sebagai tokoh utama dalam pengembangan telegrafi.

Charles Wheatstone lahir di Barnwood, Gloucester pada tanggal 6 Februari 1802 Gloucester, Inggris.  Ayahnya adalah penjual musik di kota tersebut, yang kemudian berpindah ke 128 Pall Mall, London, empat tahun kemudian, menjadi guru flute. Wheatstone meninggal pada tanggal 19 Oktober 1875 saat berumur 73 tahun di Paris, Perancis.

Stereogram

Stereogram ciptaan Charles Wheatstone

Stereogram adalah ilusi kedalaman optik dibuat dalam bidang datar, gambar dua dimensi atau foto. Awalnya, stereogram adalah sepasang foto stereo yang dapat dilihat menggunakan stereoscope. Stereogram jenis lain termasuk anaglyphs dan autostereograms.

Charles Wheatstone menemukan Stereogram pada tahun 1838. Ia menemukan suatu penjelasan tentang visi teropong yang menuntunnya untuk membangun sebuah stereoscope didasarkan pada kombinasi dari prisma dan cermin untuk memungkinkan seseorang melihat gambar 3D dari dua foto 2D.

Oliver Wendell Holmes, Sr menciptakan bentuk peningkatan stereoscope pada tahun 1861, yang tidak memiliki cermin dan murah untuk diproduksi. Stereoscopes ini sudah sangat populer selama beberapa dekade.

Stereogram itu kembali dipopulerkan oleh penciptaan autostereograms pada komputer, di mana sebuah gambar 3D yang tersembunyi dalam satu gambar 2D, sampai mata terfokus penampil dengan benar. The Magic Eye Book adalah contoh yang populer dari hal ini.

Baca Juga :  Biodata Edwin Beard Budding Penemu Mesin Pemotong Rumput

Magic Eye mengacu pada buku-buku autostereograms sebagai stereogram, menyebabkan kebanyakan orang untuk percaya bahwa kata stereogram adalah identik dengan autostereogram. Salvador Dalí membuat beberapa mengesankan stereogram di eksplorasi dalam berbagai ilusi optik.

Salah satu yang paling umum cara untuk membuat stereogram adalah untuk menahan kedua jari telunjuk Anda di depan Anda dengan ujung menyentuh dan lintas mata Anda untuk menciptakan ilusi bahwa Anda memiliki jari ekstra.

Penutup

Itulah tadi biodata Charles Wheatstone seorang penemu stereogram. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog Penemu

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski