Biodata Daniel Gabriel Fahrenheit Penemu Skala suhu Fahrenheit

Biodata Daniel Gabriel Fahrenheit Penemu Skala suhu Fahrenheit

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Daniel Gabriel Fahrenheit seorang penemu Skala suhu Fahrenheit. Penasaran ingin tahu tentang penemu Skala suhu Fahrenheit, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Daniel Gabriel Fahrenheit :

Lahir :  24 Mei 1686 Danzig (Gdansk), Commonwealth Polandia-Lithuania

Meninggal :  16 September 1736 (umur 50) The Hague, Belanda
Kebangsaan : Jerman
Bidang : Fisika, thermometry
Dikenal atas : penemu Skala Temperatur Fahrenheit, Fahrenheit hydrometer, Termometer kaca merkuri pertama
Daniel Gabriel Fahrenheit (24 Mei 1686 – 16 September 1736) adalah  seorang fisikawan dan insinyur asal Jerman, yang dikenal karena menemukan termometer kaca merkuri pertama tahun 1714, dan mengembangkan skala suhu yang dikenal dengan “Fahrenheit”.
Daniel Fahrenheit lahir pada tanggal 24 Mei 1686 di Danzig (Gdansk), Commonwealth Polandia-Lithuania. Daniel anak tertua dari lima bersaudara. Ayahnya adalah pedagang yang membawa keluarganya hidup berpindah-pindah ke beberapa kota Hansa di Eropa.

Kedua orang tua Daniel meninggal secara tiba-tiba akibat memakan jamur beracun saat Daniel berumur 16 tahun. Sejak saat itu, dia meninggalkan pendidikannya dan bekerja pada perusahaan perdagangan di Amsterdam.

Di waktu senggangnya, Daniel terus bereksperimen. Pekerjaannya membawa Daniel berkeliling Eropa dan berkenalan dengan tokoh akademis ternama seperti Gottfried Leibenz dan Christian Wolff. Pada tahun 1718, dia berhenti dari pekerjaanya dan mengajar di Amsterdam.

Penemuan

Pada tahun 1724 Daniel menemukan skema Fahrenheit pertama kali. Pada tahun 1720, setelah melakukan berbagai penelitian, Daniel menemukan bahwa penggunaan air raksa dalam pembuatan alat pengukuran suhu akan menjamin keakuratan.

Baca Juga :  Biodata Ernest Rutherford Penemu Proton

Derajat suhu yang digunakan dalam termometer itu lalu diberi nama Fahrenheit, sesuai nama penemunya.

Skala Fahrenheit

Menurut pasal 1724 Fahrenheit, dia menentukan skalanya dengan mengacu pada tiga poin suhu tetap. Suhu terendah yang bisa dicapai dengan mempersiapkan campuran frigorific dari es, air, dan amonium klorida (garam), dan menunggu untuk mencapai keseimbangan.

Termometer lalu ditempatkan ke dalam campuran, kemudian cairan dalam termometer dibiarkan turun ke titik terendah. Kemudian titik terendah dalam termometer itu diberi angka 0 ° F.

Titik referensi kedua dipilih sebagai pembacaan termometer ketika ditempatkan di air ketika es hanya terbentuk di permukaan, dan ditentukan sebagai 32 ° F. Titik kalibrasi ketiga, diambil sebagai 96 ° F, terpilih sebagai bacaan termometer ketika instrumen itu ditempatkan di bawah lengan atau di mulut.

Daniel datang dengan gagasan bahwa merkuri mendidih sekitar 600 derajat pada skala suhu ini. Bersama ilmuwan lain, dia menunjukkan bahwa air mendidih sekitar 180 derajat di atas titik beku.

Skala Fahrenheit  kemudian didefinisikan kembali untuk membuat interval beku-ke-didih tepat 180 derajat, nilai nyaman seperti 180 adalah angka yang sangat komposit , yang berarti bahwa itu adalah merata dibagi menjadi banyak fraksi.

Hal ini karena redefinisi skala pada suhu tubuh normal saat diambil sebagai 98,2 derajat, sedangkan 96 derajat pada skala Fahrenheit itu asli.

Sampai beralih ke skala Celsius , skala Fahrenheit banyak digunakan di Eropa. Hal ini masih difungsikan untuk pengukuran suhu sehari-hari oleh masyarakat umum di Amerika Serikat.

Kematian

Daniel Gabriel Fahrenheit meninggal di The Hague, Belanda pada tanggal 16 September 1736 saat berusia 50 tahun.

Penutup

Itulah biodata Daniel Gabriel Fahrenheit seorang penemu Skala suhu Fahrenheit. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Biodata K.H. Ahmad Sanusi

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski