Biodata Diana Wynne Jones, Penulis Buku Asal Inggris

Biodata Diana Wynne Jones, Penulis Buku Asal Inggris

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Diana Wynne Jones seorang penulis buku asal Inggris. Penasaran ingin tahu tentang seorang penulis buku asal Inggris ini, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Diana Wynne Jones :

  • Lahir : 16 Agustus 1934 London, Inggris, UK
  • Meninggal : 26 Maret 2011 (umur 76) Bristol, Inggris, UK
  • Pekerjaan : Penulis
  • Kebangsaan : Inggris
  • Genre : novel fantasi Anak 
  • Perihal : Fiksi fantasi
  • KaryaChrestomanci series, Dalemark Quartet, Howl Moving Castle
  • PenghargaanWali Prize 1978, Mythopoeic Award 1996, 1999, World Fantasy Award for Life Achievement 2007

 

Diana Wynne Jones ialah seorang penulis asal Inggris, ia menulis novel fantasi untuk anak-anak dan orang dewasa, serta sejumlah kecil non-fiksi. Beberapa karyanya lebih dikenal adalah Chrestomanci series, The Dalemark series, novel Howl Moving Castle dan Dark Lord of Derkholm, dan The Tough Guide to Fantasyland.

Diana Wynne Jones lahir di London pada tanggal 16 Agustus 1934, putri dari pasangan Marjorie (née Jackson) dan Richard Aneurin Jones, keduanya adalah pendidik. Saat perang diumumkan, tak lama setelah ulang tahun kelima, ia dievakuasi ke Wales, dan setelah itu pindah beberapa kali, termasuk periode di Coniston Air, di York, dan kembali di London.

Pada tahun 1943 keluarganya akhirnya menetap di Thaxted, Ess3x, di mana orang tuanya bekerja menjalankan pusat konferensi pendidikan. Ada, Jones dan dua saudara muda Isobel (kemudian Profesor Isobel Armstrong, kritikus sastra) dan Ursula.

Setelah lulus dari Friends School Saffron Walden, ia belajar bahasa Inggris di St Anne College di Oxford, di sana dia mengikuti kuliah dari CS Lewis dan JRR Tolkien sebelum lulus pada tahun 1956. Pada tahun yang sama Jones menikah dengan John Burrow, seorang sarjana sastra abad pertengahan,bersamanya ia mempunyai tiga putra, Richard, Michael dan Colin.

Baca Juga :  Biodata Thomas Midgley Jr, Pengembang Tetraethyllead (TEL) Aditif dan Chlorofluorocarbons (CFC)

Setelah periode singkat di London, pada tahun 1957 pasangan ini kembali ke Oxford untuk tinggal sampai pindah ke Bristol pada tahun 1976.

Diana Wynne Jones adalah salah satu pengarang fantasi dan fiksi ilmiah terbaik yang pernah dimiliki negara Inggris. Jones telah menulis lebih dari tiga puluh buku, sebagian ditujukan untuk anak-anak dan sebagian lagi untuk orang dewasa.

Karya-karyanya diterbitkan di berbagai negara dan memenangkan banyak penghargaan, yang terakhir adalah World Fantasy Award for Lifetime Achievement (2007).

Seri The Worlds of Chrestomanci (Dunia-Dunia Chrestomanci) yang mulai diterbitkan pada tahun 1977 terkenal di seluruh dunia dan disebut-sebut sebagai sumber inspirasi J. K. Rowling saat menulis seri Harry Potter. Judul-judul lengkap seri ini adalah sebagai berikut:

– Charmed Life (Eric Chant dan Korek Api Bertuah)
– The Lives of Christopher Chant
– The Magicians of Caprona
– Witch Week
– Mixed Magics

Kematian

Jones didiagnosis kanker paru-paru pada awal musim panas tahun 2009. Dia menjalani operasi pada bulan Juli dan dilaporkan kepada teman-teman bahwa prosedur telah berhasil. Namun, pada bulan Juni 2010 ia mengumumkan bahwa ia akan menghentikan kemoterapi karena hanya membuatnya merasa sakit.

Diana Wynne Jones meninggal pada tanggal 26 Maret 2011. Jones meninggalkan seorang suami, tiga anak, dan lima cucu.

Penutup

Itulah biodata Diana Wynne Jones seorang penulis buku asal Inggris. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :  Wikipedia