Biodata George Stephenson Penemu Lokomotif Uap

Biodata George Stephenson Penemu Lokomotif Uap

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata George Stephenson seorang penemu lokomotif uap. Penasaran ingin tahu tentang penemu lokomotif uap, simak penjelasannya berikut ini.

George Stephenson (1781-1848) adalah seorang insinyur mesin asal Inggris yang dikenal telah menemukan lokomotif uap. Dari presentasinya, pengangkutan barang dan penumpang mengalami perubahan besar di seluruh Eropa, menjadi penting bagi Revolusi Industri.

Biografi

George Stephenson lahir pada tanggal 9 Juni 1781 di kota Wylam, Inggris. Dari keluarga yang rendah hati, Stephenson tidak mampu mendapatkan pendidikan formal. Ayahnya, yang bekerja di tambang menggunakan pompa uap yang dirancang untuk mengalirkan air, membuatnya menjadi akrab dengan mesin jenis ini.

Sejak usia sangat muda Stephenson harus membantu dalam ekonomi keluarga. Di antara pekerjaannya adalah mengurus sapi, toko penjahit atau toko sepatu.

Stephenson tidak bisa belajar membaca sampai ia berusia 18 tahun. Stephenson pada usia itu ketika dia mendaftar di kelas malam untuk dapat memiliki beberapa pelatihan.

Penemuan Lokomotif uap

Pada tanggal 27 September 1825, setelah bertahun-tahun bekerja dan menyelesaikan kesulitan yang ada, akhirnya transportasi kereta api memulai perjalanannya. Di depan gerbong ada lokomotif Stephenson dan mengangkut 450 orang dengan kecepatan 24 kilometer per jam.

Keberhasilan lokomotifnya menyebabkan pihak lain yang tertarik untuk menghubungi Stephenson. Maka, ia memulai perencanaan dan pembangunan jalur kereta api antara Liverpool dan Manchester, dengan panjang 64 kilometer.

Untuk membangunnya, Stephenson harus mengatasi keraguan para petani dan pemilik tanah yang takut bahwa penemuan baru itu akan mengakhiri dominasi kuda sebagai alat transportasi, dan, karenanya, mengakhiri pasar gandum untuk memberi makan hewan-hewan itu.

Baca Juga :  Biodata Elijah McCoy Penemu Pelumas Otomatis

Pada tahun 1829, harus diputuskan mesin apa yang akan digunakan. Stephenson, bersama putranya Robert, membuat model baru, Rocket. Kecepatan yang mencapai, 58 kilometer per jam, berhasil memenangkan kontes itu.

Ketika saluran dibuka pada tanggal 15 September 1830, Stephensons telah membangun 8 mesin baru ini. Tidak terlalu lama, transportasi kereta api menyebar melalui Inggris, Eropa, dan Amerika Utara. Stephenson tetap sebagai kepala perusahaannya sendiri, berurusan dengan semua aspek teknis dan logistik.

George Stephenson telah turun dalam sejarah sebagai penemu kereta api modern. Tidak hanya untuk pembuatan lokomotif uap, tetapi juga karena telah bertanggung jawab untuk merencanakan jalur kereta api pertama di dunia.

Kematian

George Stephenson meninggal pada tanggal 12 Agustus 1848, pada usia 67 tahun, karena penyakit Pleurisy (penyakit paru-paru).

Penutup

Itulah biodata George Stephenson seorang penemu lokomotif uap. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : thpanorama.com