Biodata Osborne Reynolds Penemu Bilangan Tak Berdimensi

Biodata Osborne Reynolds Penemu Bilangan Tak Berdimensi

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Osborne Reynolds seorang penemu bilangan tak berdimensi. Penasaran ingin tahu tentang penemu bilangan tak berdimensi, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Osborne Reynolds :

  • Lahir : 23 Agustus 1842 Belfast, Irlandia
  • Meninggal : 21 Februari 1912 (umur 69) Watchet, Somerset, Innggris 
  • Kebangsaan : Inggris Raya
  • Bidang : Fisika
  • Alma mater : Queens ‘College, Cambridge, Victoria University of Manchester
  • Dikenal untuk : Dinamika fluida, bilangan Reynolds
  • Penghargaan terkemuka : Royal Medal pada tahun 1888

Osborne Reynolds adalah seorang inovator terkemuka dalam pemahaman tentang dinamika fluida. Secara terpisah, penelitian tentang perpindahan panas antara padatan dan cairan membawa perbaikan dalam boiler dan desain kondensor.

Kehidupan awal

Osborne Reynolds lahir pada tanggal 23 Agustus 1842 di Belfast, Irlandia. Ayahnya bekerja sebagai kepala sekolah. Sang ayah mengambil sejumlah paten untuk perbaikan peralatan pertanian.

Osborne Reynolds belajar di Queens ‘College, Cambridge dan lulus pada tahun 1867. Pada tahun 1868 dia diangkat sebagai profesor teknik di Owens College di Manchester (sekarang University of Manchester ), dia menjadi salah satu profesor pertama dalam sejarah universitas di Inggris untuk memegang gelar “Profesor Teknik”.

Sebelum masuk universitas, Reynolds sempat magang di bengkel Edward Hayes, seorang pembuat kapal terkenal di Stony Stratford, di sana dia memperoleh pengalaman praktis dalam pembuatan kapal uap pesisir (di sinilah ia memperoleh pemahaman tentang dinamika fluida).

Setelah lulus dari Cambridge Reynolds kembali ikut mendirikan pos dengan sebuah perusahaan teknik, kali ini sebagai insinyur sipil terlatih di London ( Croydon ) sistem transportasi limbah.

Baca Juga :  Tips Agar Bunga dan Buah Jambu Air Madu Deli Tidak Rontok

Reynolds tetap di Owens College untuk sisa karirnya  pada tahun 1880 perguruan tinggi menjadi sebuah perguruan tinggi konstituen yang baru didirikan Victoria University.

Dia dipilih menjadi mahasiswa Fellow di Royal Society pada tahun 1877 dan dianugerahi Royal Medal pada tahun 1888. Reynolds pensiun pada tahun 1905.

Mekanika fluida

Reynold dikenal karena penelitiannya tentang kondisi aliran fluida di dalam pipa transisi, dari aliran laminar ke aliran turbulen.

Dari penelitian itulah akhirnya Reynold menemukan “Bilangan Reynold” (bilangan tak berdimensi) yang sekarang dipakai untuk membedakan apakah suatu aliran fluida itu merupakan aliran laminar, transisi, atau turbulen.

Publikasi penelitiannya tentang dinamika fluida dimulai sejak awal tahun 1870-an dan model teori akhirnya dipublikasikan pada pertengahan tahun 1890-an. Osboren Reynolds meraih penghargaan “Royal Medal” pada tahun 1888, di Notable awards.

Bilangan Reynolds

Bilangan Reynolds adalah bilangan tak berdimensi yang dapat membedakan suatu aliran itu dinamakan laminar, transisi atau turbulen.

V   kecepatan (rata-rata) fluida yang mengalir (m/s)
D adalah diameter dalam pipa (m)
ρ  adalah masa jenis fluida (kg/m3)
µ  adalah viskositas dinamik fluida (kg/m.s) atau (N. det/ m2)

Dilihat dari kecepatan aliran, menurut (Mr. Reynolds) diasumsikan/dikategorikan :

  • Aliran laminer, dengan Re < 2300.
  • Aliran turbulen, dengan Re > 4000
  • Aliran transisi, dengan Re diantara 2300 dan 4000 (bilangan Reynolds kritis).

Pekerjaan lain

Reynolds menerbitkan sekitar tujuh puluh sains dan laporan penelitian teknik. Ketika menjelang akhir karirnya tersebut diterbitkan sebagai koleksi mereka mengisi tiga jilid.

Daerah yang dibahas selain dinamika fluida adalah: termodinamika, teori kinetik gas, kondensasi uap, sekrup-baling-jenis propulsi kapal, jenis turbin propulsi kapal, rem hidrolik, pelumasan hidrodinamik, dan peralatan laboratorium untuk pengukuran yang lebih baik dari Joule setara mekanik panas.

Baca Juga :  Biodata W.S. Rendra (Willibrordus Surendra Broto Rendra), Sastrawan Indonesia

Kematian

Osborne Reynolds meninggal pada tanggal 21 Februari 1912 saat berusia 69 tahun di Watchet, Somerset, Innggris.

Penutup

Itulah biodata Osborne Reynolds seorang penemu bilangan tak berdimensi. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog.Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski