Biodata Guglielmo Marconi Penemuan Radio

Biodata Guglielmo Marconi Penemuan Radio

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Guglielmo Marconi seorang penemuan radio. Penasaran ingin tahu tentang penemu radio, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Guglielmo Marconi :

  • Lahir25 April 1874 Italia Palazzo Marescalchi, Bologna, Italia
  • Meninggal 20 Juli 1937 (umur 63) Italia Roma, Italia
  • KebangsaanItalia
  • Alma materUniversitas Bologna
  • Pembimbing akademikAugusto Righi
  • Dikenal karena : Penemuan Radio
  • Penghargaan Nobel Fisika (1909)

Guglielmo Marconi (25 April 1874 –20 Juli 1937) ialah seorang insinyur listrik dari Italia dan peraih hadiah Nobel pada tahun 1909, dia terkenal setelah mengembangkan suatu sistem telegrafi tanpa kabel yang dikenal sebagai “radio”.

Kehidupan awal

Guglielmo Marconi lahir di Bologna, Italia pada tanggal 25 April 1874, ayahnya bernama Giuseppe Marconi, seorang pria Italia kaya raya dan ibunya bernama Annie Jameson yang berdarah Irlandia.

Guglielmo Marconi menikah dengan Maria Cristina Bezzi-Scali pada tanggal 15 Juni 1927 dan memiliki seorang anak perempuan yang bernama Maria Elettra Elena Anna Marconi.

Penemuan Radio

Guglielmo Marconi mendapatkan pendidikan privat dari seorang guru. Pada tahun 1894 saat usianya menginjak dua puluh tahun, Marconi mengamati beberapa percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya.

Percobaan ini dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak terlihat oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.

Marconi akhirnya memiliki ide bahwa gelombang ini bisa dimanfaatkan mengirim tanda-tanda melintasi jarak jauh tanpa lewat kawat yang menyediakan banyak kemungkinan berkembangnya komunikasi yang tak bisa dijangkau telegram.

Baca Juga :  Biodata Henry Louis Le Chatelier Penemu Prinsip Le Châtelier

Pada tahun 1895, hanya setahun kerja kerasnya, Marconi sukses memprodusir peralatan yang diperlukan. Kemudian di tahun 1896 Marconi memperagakan alat penemuannya di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuan itu.

Marconi lalu mendirikan perusahaan dan “Marconi” pertama dikirim tahun 1898. Tahun berikutnya dia sudah sanggup kirim berita tanpa lewat kawat menyeberang selat Inggris.

Meskipun patennya yang terpenting diperolehnya pada tahun 1900, Marconi meneruskan pembuatan dan mempatenkan banyak penyempurnaan atas dasar penemuannya sendiri. Pada tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.

Makna penting dari penemuan barunya secara dramatis dilukiskan pada tahun 1909 pada saat itu kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berita radio sangat membantu, semua penumpang bisa diselamatkan kecuali enam orang.

Pada tahun yang sama Marconi berhasil meraih Hadiah Nobel untuk penemuannya. Dan pada tahun berikutnya dia berhasil mengirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, suatu jarak yang lebih dari 6000 mil.

Sebuah penemuan yang hak patennya punya nilai tinggi dengan sendirinya menimbulkan pertentangan di pengadilan. Tetapi, berbagai macam tuntutan lewat pengadilan lenyap sesudah tahun 1914 tatkala pengadilan mengakui hak-hak Marconi.

Guglielmo Marconi wafat

Marconi terus menyempurnakan penemuannya, beberapa percobaan dengan siaran gelombang pendek dan menguji jarak transmisi komunikasi melalui radio di atas kapal pesiar Elettra.

Pada tahun 1935, sebelum meninggal Marconi  sempat melakukan perjalanan dari Brazil hingga ke Eropa. Dan Dua tahun kemudian, penemu Radio ini meninggal karena serangan jantung di Roma, Italia pada tanggal 20 Juli 1937, saat usianya 63 tahun.

Penutup

Itulah biodata Guglielmo Marconi seorang penemuan radio, semoga bisa bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Cara Memilih dan Menyimpan Tomat, Nggak Cepat Busuk

baca juga : Biodata Christopher Latham Sholes Penemu Mesin Ketik QWERTY

sumber : Biografi.penemu

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski