Biodata Hugo Junkers Penemu Pesawat

Biodata Hugo Junkers Penemu Pesawat

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Hugo Junkers seorang penemu pesawat. Penasaran ingin tahu tentang penemu pesawat, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Hugo Junkers :

Lahir : 3 Februari 1859 Rheydt, Rhine Province, Kerajaan Prussia

Meninggal : 3 Februari 1935 (umur 76) Gauting, Bavaria

Tempat peristirahatan : Munich Waldfriedhof

Kebangsaan : Jerman

Pendidikan : Royal Polytechnic University di Charlottenburg, Royal University Teknik di Aachen

Pekerjaan : insinyur

Hugo Junkers ialah seorang insinyur asal Jerman yang merupakan desainer pesawat. Junkers lahir pada tanggal 3 Februari 1859 di Rheydt, Rhine Province, Kerajaan Prussia-Jerman. Dia dikenal karena telah merintis pembuatan pesawat udara dari bahan logam serta penerapan motor disel untuk penerbangan.

Sebagai pendiri Junkers Flugzeug- und Motorenwerke AG, dia adalah salah satu andalan industri pesawat terbang Jerman di tahun-tahun antara Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Pesawat berbahan dari logam monoplane (pesawat udara bersayap sepasang) pertama yang dia buat bernama J-1 Blechesel (Sheet Metal Donkey) pada tahun 1915. F-13 miliknya adalah transportasi pertama berbahan semua-logam (1919).

Pada zaman Nazi, industri pesawat terbangnya (terbesar di Jerman pada waktu itu) dinasionalisasikan. Hugo Junkers mendirikan perusahaan penerbangan yang kemudian diambil alih oleh Deutsche Lufthansa. Junkers juga merancang sebuah mesin pesawat yang dinamakan Jumo, salah satu mesin turbojet pertama yang ada saat Perang Dunia II terjadi. Mesin tersebut memiliki peranan penting terkait kekuatan udara Jerman selama masa perang.

Di antara puncak karirnya adalah Junkers J 1 dari tahun 1915, (pesawat pertama yang menggunakan semua logam kulit kantilever sayap desain dan bracing eksternal yang minimal), Junkers F 13 dari tahun 1.919 (pesawat berpenumpang pertama dunia, semua-logam), Junkers W 33 (yang membuat sukses pertama dari persimpangan timur ke barat dari Samudera Atlantik), Junkers G 38 “sayap terbang”, dan Junkers Ju 52, sayang dijuluki “Tante Ju”, salah satu pesawat yang paling terkenal dari tahun 1930-an.

Baca Juga :  Biodata Evariste Galois, Peletak Dasar Teori Himpunan

Hugo Junkers meninggal pada tanggal 3 Februari 1935 saat berumur 76 tahun di Gauting, Bavaria, Jerman.

Penutup

Itulah biodata Hugo Junkers seorang penemu pesawat. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Heinrich Rudolf Hertz Penemu Electric Charge Jump

sumber : Biografi.Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski