Biodata Jacques Cousteau Penemu Aqualung

Biodata Jacques Cousteau Penemu Aqualung 

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Jacques Cousteau seorang penemu aqualung. Penasaran ingin tahu tentang penemu aqualung, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Jacques Cousteau :

Lahir : 11 Jun 1910 St. André-de-Cubzac, Perancis

Meninggal : 25 Jun 1997 (umur 87) Paris, Perancis

Kewarganegaraan : Perancis

Pekerjaan : Ahli jelajah laut

 

Jacques Cousteau adalah seorang pegawai tentera laut asal Perancis, penjelajah, pembuat filem, inovator, saintis, jurugambar, pengarang dan penyelidik yang mengkaji laut dan semua bentuk kehidupan di air. Dia bersama-sama mengembangkan Aqualung dipelopori pemuliharaan laut dan merupakan ahli dari Academie Francaise.

Kehidupan Awal

Jacques Cousteau lahir pada tanggal 11 Juni 1910 di St. André-de-Cubzac, Prancis. Pendidikan awal Cousteau dihabiskan di New York, di mana dia terdaftar di Holy Name School. Cousteau juga belajar menyelam sebagai seorang pemuda di Danau Harvey.

Masa remajanya dihabiskan di sekolah menengah Prancis, dan Cousteau kemudian belajar di akademi militer di dekat perbatasan Prancis-Jerman. Cousteau juga menghadiri Akademi Angkatan Laut Prancis, di mana dia bergabung dengan kelas angkatan lautnya di kapal pesiar dunia satu tahun.

Cousteau kemudian memasuki akademi penerbangan angkatan laut Prancis sebelum Perang Dunia II.

Karir

Sebuah kecelakaan mobil sebelum lulus dari akademi penerbangan angkatan laut menempatkan Cousteau ke fasilitas rehabilitasi. Bagian dari rejimen rehabilitasinya adalah berenang di Mediterania, di mana ia menemukan kecintaannya pada laut.

Setelah invasi Perang Dunia II ke Prancis oleh Jerman, Jacques Cousteau diam-diam bekerja untuk Perlawanan Prancis, mengembangkan peralatan selam dan kamera film baru.

Baca Juga :  Biodata Garrett Morgan Penemu Masker Gas

Kemudian Cousteau meningkatkan peralatan menyelamnya dengan bantuan seorang insinyur bernama Gagnan, dan menyebut perangkat baru itu “Aqualung”. Otoritas angkatan laut Prancis terkesan dengan Aqualung, dan memberinya komisi untuk penelitian lebih lanjut dan pengembangan peralatan menyelam.

Penemuan

Selain penemuan Aqualung, Jacques Cousteau juga menemukan kereta luncur bawah air. Cousteau menggunakan sejumlah kapal selam, seperti kapal selam kuningnya yang ikonik (gambar di atas dipamerkan di Museum Oseanografi Monte Carlo).

Tetapi, penemuan dan inovasi besar lainnya yang Cousteau buat dalam menyelam, terjadi di atas kapalnya, Calypso, pada awal tahun 1950-an. Cousteau menemukan spesies ikan dan tumbuhan baru di Laut Merah, serta lubang vulkanik bawah laut.

Di lepas pantai selatan Grand Congloué, ia menemukan sebuah kapal galai Romawi kuno, yang sarat dengan barang antik dan harta karun. Cousteau juga menemukan kapal selam kecil untuk menjelajahi kedalaman laut, DS-2 . Setelah pencapaian itu, Cousteau lalu dikenal sebagai penjelajah bawah laut yang cakap, inovator, dan pembuat film di seluruh dunia.

Kematian

Jacques Cousteau meninggal dunia akibat serangan jantung pada tanggal 25 Jun 1997 di Paris, Prancis, dua minggu selepas ulang tahunnya yang ke-87. Cousteau dikebumikan di peti besi keluarga di Saint André-de-Cubzac tempat kelahirannya.

Penutup

Itulah biodata Jacques Cousteau seorang penemu aqualung. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : dariberbagai sumber

 

Pencarian Populer : https://wacaberita com/biodata-jacques-cousteau-penemu-aqualung/