Biodata Willis Haviland Carrier Penemu AC Modern

Biodata Willis Haviland Carrier Penemu AC Modern

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Willis Haviland Carrier seorang penemu AC modern. Penasaran ingin tahu tentang penemu AC modern, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Willis Haviland Carrier :

Lahir : 26 November 1876, Angola, New York, AS

Meninggal : 7 Oktober 1950 (umur 73) New York City , New York , AS

Kebangsaan : Amerika

Orang tua : Duane Williams (1836-1908) dan Elizabeth R. Haviland (1845-1888)

Dikenal atas : penemu AC modern

 

Willis Haviland Carrier lahir pada tanggal 26 November 1876, di Angola, New York. Ayahnya bernama Duane Williams (1836-1908) dan ibunya bernama Elizabeth R. Haviland (1845-1888).

Penemu pertama AC (Air conditioning) adalah John Gorrie yakni seorang ilmuwan Fisika dari AS. Willis Carrier hanyalah salah seorang yang membuat penemuan AC menjadi lebih baik yakni AC Moderen.

Pada tahun 1902, hanya satu tahun setelah Willis Haviland Carrier lulus dari Cornell University de, yakni seprang ilmuwan Fisika yang berasal dari AS.ngan Magister Teknik, AC pertama (suhu dan kelembaban) akhirnya beroperasi, membuat seorang pemilik pabrik pencetakan di Brooklyn sangat gembira.

Fluktuasi panas dan kelembaban di pabrik tersebut telah mengakibatkan dimensi dari kertas cetak sedikit berubah, cukup untuk mengakibatkan misalignment dari tinta berwarna.

Mesin pendingin udara baru menciptakan lingkungan yang stabil dan selaras tempat warna cetak menjadi lebih menambah kualitas cetak. Semua berkat Carrier yang berstatus karyawan baru di Perusahaan Forge Buffalo, yang mulai dengan gaji hanya $ 10,00 per minggu.

Baca Juga :  Biodata James Smithson Tennant Penemu Iridium dan Osmium

Pada tahun 1928, Willis Haviland Pengangkut mengembangkan unit perumahan pertama ‘Weathermaker’, sebuah AC untuk digunakan di rumah pribadi. Depresi Besar dan kemudian WW2 memperlambat penggunaan AC non-industri. Setelah perang, penjualan konsumen mulai tumbuh lagi.

Willis Haviland tidak menciptakan sistem yang sangat pertama struktur interior AC,  tapi bagaimanapun sistemnya benar-benar sukses dan pertama yang memulai ilmu AC modern.

Kehidupan pribadi dan kematian

Willis Haviland Carrier menikah sebanyak tiga kali, dengan Claire Seymour, m 1912;. Jennie Martin, m 1939;. Elizabeth Marsh Wise, m 1964.

Willis Haviland Carrier menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 7 Oktober 1950 saat berumur 73 tahun di New York City , New York , AS.

Penghargaan dan pengakuan

Untuk kontribusi dalam ilmu pengetahuan dan industri, Willis Carrier dianugerahi gelar Engineering oleh Lehigh University pada tahun 1935  dan kehormatan Doctor of Letters gelar oleh Alfred (NY) Universitas pada tahun 1942.

Penutup

Itulah biodata Willis Haviland Carrier seorang penemu AC modern. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski