Biodata Daniel Rutherford Penemu Isolasi Nitrogen

Biodata Daniel Rutherford Penemu Isolasi Nitrogen

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Daniel Rutherford seorang penemu isolasi nitrogen. Penasaran ingin tahu tentang penemu isolasi nitrogen, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Daniel Rutherford :

  • Lahir :  3 November 1749 Edinburgh, Skotlandia
  • Meninggal : 15 Desember 1819 (umur 70) Edinburgh
  • Kebangsaan :  Skotlandia
  • Bidang : Kimia
  • Institusi : Physician in Edinburgh (1775-86), Professor of Medicine and Botany, Edinburgh University, and Keeper of the Royal Botanic Garden, Edinburgh (1786-1819) King’s Botanist in Scotland (1786-), Physician at the Edinburgh Royal Infirmary (1791)
  • Alma mater :  University of Edinburgh
  • Dikenal atas :  Penemu Isolasi Nitrogen
  • Orang tua : John Rutherford dan Anne Mackay
Daniel Rutherford ialah seorang dokter, ahli kimia dan ahli botani berkebangsaan Skotlandia, yang dikenal dalam isolasi nitrogen pada tahun 1772. Daniel Rutherford merupakan paman dari novelis Sir Walter Scott, tetapi tidak terkait dengan teori atom Ernest Rutherford.

Daniel Rutherford adalah seorang kimiawan terkenal, Botanis dan Dokter. Dia adalah seorang profesor botani di University of Edinburgh dan penjaga Royal Botanic Garden Edinburgh.

Daniel Rutherford Lahir di Edinburgh, Skotlandia pada tanggal 3 November 1749, dia adalah anak dari pasangan Profesor John Rutherford dan Anne Mackay. Pada usia 16 tahun, Rutherford mengambil pendidikan di perguruan tinggi. Rutherford dididik di Mundell School dan Edinburgh University (MD 1772).

Isolasi nitrogen

Daniel Rutherford menemukan isolasi nitrogen oleh partikel pada tahun 1772. Saat Joseph Black mempelajari sifat-sifat karbon dioksida, ia menemukan bahwa lilin tidak akan terbakar di dalamnya.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Jumat 29 Juli 2022

Joseph Black menerangkan masalah ini kepada muridnya pada saat itu, yakni Daniel Rutherford. Rutherford mencoba menempatkan tikus dalam ruang dengan kualitas udara terbatas sampai mati. Lalu, ia membakar lilin di udara yang tersisa sampai keluar.

Setelah itu, Rutherford membakar fosfor, sampai tidak akan terbakar. Kemudian udara dilewatkan melalui menyerap karbon dioksida. Sisa oksigen tidak mendukung pembakaran, dan tikus tidak bisa hidup di dalamnya.
Rutherford menyebut gas (yang sekarang kita tahu terdiri dari nitrogen) “udara berbahaya” atau “udara phlogisticated”. Rutherford melaporkan percobaanya pada tahun 1772. Rutherford dan Black yakin tentang kebenaran teori phlogiston.

Kematian

Daniel Rutherford meninggal di Edinburgh, Skotlandia pada tanggal 15 Desember 1819 saat berusia 70 tahun.

Penutup

Itulah biodata Daniel Rutherford seorang penemu isolasi nitrogen. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia