Biodata Jerry Yang Chih-Yuan dan David Filo Penemu dan Pendiri Yahoo

Biodata Jerry Yang Chih-Yuan dan David Filo Penemu dan Pendiri Yahoo

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Jerry Yang Chih-Yuan dan David Filo penemu dan pendiri Yahoo. Penasaran ingin tahu tentang penemu dan pendiri Yahoo, simak penjelasannya berikut ini.

Yahoo! Inc didirikan oleh dua orang alumni Universitas Stanford yakni Jerry Yang Chih-Yuan (lahir 6 November 1968, adalah pengusaha asal Amerika-Taiwan) dan David Filo (lahir di Wisconsin, Amerika Serikat, 20 April 1966).

Awal tahun 2012, Jerry Yang akhirnya meninggalkan Yahoo, perusahaan yang didirikannya sejak tahun 1995. Ia meninggalkan Yahoo sepenuhnya, tidak ada lagi posisi yang dipegangnya di sana, termasuk kursinya di dewan direksi.

Hal ini dilakukan hanya dua minggu setelah Yahoo memilih CEO baru, Scott Thompson. Ia memiliki 3,69 persen saham Yahoo, sedangkan David Filo yang juga pendiri Yahoo memiliki 6 persen. Jumlah itu berdasarkan data bulan April sampai Mei 2011.

Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford (Jerry Yang Chih-Yuan dan David Filo) mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

Dua mahasiswa teknik itu hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.

Mereka lalu berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online. Awalnya bookmark yang dibuat pada tahun 1994 itu bernama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web”, akhirnyaberganti menjadi yahoo! yang merupakan kependekan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.

Baca Juga :  Biodata Abu al-Qasim al-Zahrawi Penemu Ilmu Bedah Modern Pertamakali

Filo dan Yang memilih kata itu karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-)

Pada tanggal 18 Januari 1995 dibuatlah domain yahoo.com. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.

Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir tahun 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka.

Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.

Yahoo!

Yahoo! Inc. (NASDAQ: YHOO ) adalah sebuah perusahaan internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya.

Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat. Menurut sumber berita, sekitar 700 juta orang mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap bulannya. Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik “lebih dari setengah miliar pengunjung setiap bulannya ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa.”

Yahoo! Inc. didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibentuk pada tanggal 1 Maret 1995. Pada tanggal 16 Juli 2012, mantan eksekutif Google, Marissa Mayer, ditunjuk sebagai CEO dan Presiden Yahoo!, efektif 17 Juli. Yahoo telah mengangkat satu CEO setiap tahun selama lima tahun terakhir.

Baca Juga :  Biodata Robert Hooke Penemu Sel Pertama Kali

Penutup

Itulah biodata Jerry Yang Chih-Yuan dan David Filo penemu dan pendiri Yahoo. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog.Penemu

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski