Biodata Ernest Swinton Dunlop Penemu Tank Lapis Baja

Biodata Ernest Swinton Dunlop Penemu Tank Lapis Baja

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Ernest Swinton Dunlop seorang penemu tank lapis baja. Penasaran ingin tahu tentang penemu tank lapis baja, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Ernest Swinton Dunlop :


Lahir :  21 Oktober 1868 Bangalore, India

Meninggal :  15 Januari 1951 (umur 82) Oxford, Oxfordshire , England, UK

Kepatuhan  Inggris Raya

Layanan / cabang :  Royal Engineers

Masa dinas :  1888-1919

Pangkat :  Mayor Jenderal

Penghargaan :  KBE , CB , DSO

 

Mayor Jenderal Sir Ernest Swinton Dunlop, KBE , CB , DSO , RE (21 Oktober 1868 – 15 Januari 1951) adalah seorang tentara Inggris berpangkat perwira yang aktif dalam pengembangan dan adopsi tank selama Perang Dunia 1. Dia juga seorang koresponden perang dan penulis beberapa karya alegoris fiksi pada tema militer, termasuk sebuah buku lastingly yang berpengaruh pada taktik dan praktek yang baik. Dia dikenal karena menciptakan kata “tank” sebagai nama untuk kendaraan tempur lapis baja.

Awal kehidupan dan karir

Ernest Swinton lahir di Bangalore , India , pada tahun 1868. Ayahnya bekerja di Layanan Sipil Madras. Swinton bersekolah di University College, Sekolah Rugby, Cheltenham Universitas, Sekolah Proprietary Blackheath, dan Royal Akademi Militer, Woolwich.

Ernest Swinton menjadi seorang perwira di Corps of Royal Engineers pada tahun 1888, bertugas di India dan menjadi Letnan pada tahun 1891.

Ernest menjabat sebagai Kapten selama Perang Boer Kedua (1899-1901), dan menerima Distinguished Service Order (DSO) pada bulan November 1900. Meskipun prinsipnya berhubungan dengan konstruksi kereta api, dia mengambil minat dalam taktik, benteng, dan efektivitas persenjataan modern, terutama senapan mesin.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini, Rabu 3 Agustus 2022

Setelah perang, Ernest menulis buku tentang taktik perang yang telah digunakan oleh tentara Kanada dan Inggris untuk melatih bintara dan perwira mereka. Pada tahun-tahun menjelang Perang Dunia Pertama , Ernes menjabat sebagai perwira staf dan sebagai sejarawan resmi dari Perang Rusia-Jepang.

Penemuan Tenk

Ernes Swinton menceritakan dalam bukunya bagaimana dia pertama kali mendapat ide mendadak untuk membangun tank pada 19 Oktober 1914, ketika mengemudi mobil di Peranci.

Ide itu dia dapatkan setelah mendapat surat pada bulan Juli 1914, surat tersebut datang dari seorang teman, seorang insinyur pertambangan bernama Hugh F. Marriott yang pernah dia temui di Afrika Selatan.

Dalam suratnya, Marriott menjelaskan tentang perkembangan teknis yang dapat dia aplikasikan ke dalam militer, dijelaskan pula bahwa Marriott melihat mesin di Antwerp buatan seorang Amerika Holt Caterpillar Tractor.

Marriott  menyarankan bahwa mesin itu mungkin dapat digunakan untuk transportasi, dan Swinton menyebarkan informasi tersebut ke beberapa tokoh militer dan politik. Ide trek ulat sebagai dasar untuk kendaraan tempur terpikir olehnya pada saat dia melaju dari St Omer ke Calais pada pagi hari 19 Oktober.

Di Inggris, David Roberts of Richard Hornsby & Sons telah berusaha mulai pada tahun 1911 untuk kepentingan para pejabat militer Inggris dalam pembuatan kendaraan lacak akan tetapi gagal.

Benjamin Holt dari Holt Manufacturing Company membeli paten yang berhubungan dengan “rantai track” Traktor tipe track dari Richard Hornsby & Sons pada tahun 1914 dengan harga £ 4,000. Ketika Perang Dunia I terjadi, dengan masalah perang parit dan sulitnya mengangkut pasokan ke depan, kendaraan traktor menarik perhatian militer.

Mayor Swinton dikirim ke Prancis sebagai tentara koresponden perang. Pada bulan November 1914 dia menyarankan kepada Sir Maurice, Sekretaris Komite Imperial Pertahanan untuk membangun kendaraan perang tahan terhadap peluru yang bisa menghancurkan senapan mesin musuh.

Baca Juga :  Biodata Samuel Hahnemann Penemu Pengobatan Alternatif Homeopati

Pada tahun 1916 Swinton dipromosikan menjadi Letnan Kolonel dan diberi tanggung jawab untuk melatih unit tank pertama. Dia menciptakan instruksi taktis pertama untuk kendaraan perang lapis baja.

The Royal Commission on Awards to Inventors setelah perang memutuskan bahwa penemu tank adalah Sir William Tritton, managing director Fosters dan Mayor Walter Gordon Wilson. Pada tahun 1918, Kantor Perang telah menerima 2.100 traktor Holt.

Pada April 1918 Swinton melakukan perjalanan ke Stockton, California untuk menghormati Benjamin Holt dan perusahaannya atas kontribusi mereka terhadap upaya perang dan untuk menyampaikan rasa terima kasih Inggris untuk seorang penemu. Benjamin Holt diakui oleh General pada pertemuan publik yang diadakan di Stockton.

Kehidupan keluarga

Ernest Swinton menikah dengan Louise Clayton pada tahun 1897, dan mempunyai dua putra dan seorang putri, putrinya meninggal dalam kecelakaan lalu lintas selama Perang Dunia Kedua .Swinton meninggal di Oxford pada tanggal 15 Januari 1951, saat berusia 82 tahun.

Penutup

Itulah biodata Ernest Swinton Dunlop seorang penemu tank lapis baja, semoga bisa bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Emile Berliner Penemu Gramofon

sumber : http://blogpenemu.blogspot.com/2014/04/penemu-tank-lapis-baja-ernest-swinton-Dunlop.html

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski