Biodata John Peake Knight Penemu Lampu Lalu Lintas Pertamakali

Biodata John Peake Knight Penemu Lampu Lalu Lintas Pertamakali

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata John Peake Knight seorang penemu lampu lalu lintas pertamakali. Penasaran ingin tahu tentang penemu lampu lalu lintas pertamakali, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata John Peake Knight :

Lahir : 13 Desember 1828 Nottingham, Inggris

Meninggal : 23 Juli tahun1886 (umur 58) London

Kebangsaan : Inggris

Pasangan : Elizabeth Knight

Dikenal atas : penemu lampu lalu lintas pertamakali

Penghargaan : Legion of Honour, 1878

 

John Peake Knight adalah seorang insinyur dan penemu kereta api asal Inggris, ia juga dikenal sebagai penemu lampu lalu lintas (Traffic lights) pertama kali.

Biografi

John Peake Knight lahir di Nottingham, Inggris pada tanggal 13 Desember 1828. Knight sempat mengenyam pendidikan di SMA Nottingham.

Pada usia 12 tahun, Knight meninggalkan sekolah untuk bekerja di ruang terpisah stasiun kereta api Derby. pada usia 20 tahun Peake Knight dipromosikan menjadi Manager Lalu Lintas untuk London ke Brighton Line.

Saat itu Knight melakukan banyak hal untuk meningkatkan kualitas perjalanan kereta api seperti memperkenalkan mobil Pullman dan kereta aman dengan alarm tarik untuk wanita.

John Peake Knight menikah dengan Elizabeth, dari pernikahannya mereka dikaruniai lima orang putra.Yang tertua mendirikan JP Knight Ltd, operator kapal tunda.

Penemuan lampu lalu lintas oleh John Peake Knight

John Peake Knight dikreditkan dengan Penemuan Lampu Lalu Lintas Pertama kali pada tahun 1868, sebuah sistem semaphore berdasarkan sinyal kereta api. Pada tahun 1866, terjadi kecelakaan, 1.102 orang tewas dan 1.334 terluka di jalan-jalan di London.

Baca Juga :  Biodata Joseph Black Penemu Magnesium, Panas laten, Panas Spesifik, dan Karbon Dioksida

Saat itu John Peake Knight mengusulkan sistem sinyal untuk mengatur lalu lintas kuda untuk mengurangi jumlah kecelakaan di jalan. Ini bukan lampu lalu lintas yang kita kenal sekarang, tapi lentera bertenaga gas bergulir dengan warna merah dan lampu hijau pada akhir lengan kayu.

Penemuan Knight sama dengan sinyal waktu kereta api. Lampu lalu lintas Knight awalnya dipasang pada tanggal 9 Desember 1868, dekat London House of Commons, di persimpangan Great George Street dan Bridge Street, London SW1.

Tetapi, pada tahun 1869 lampu itu meledak akibat kebocoran gas, dalam inseden itu seorang polisi yang sedang bertugas di dekatnya terluka parah. Akhirnya sejak tahun 1870 jenis lampu lalu lintas ini tidak digunakan lagi.

Pengembangan Lampu lalu-lintas

Pada tahun 1910, Ernest Sirrine dari Chicago meningkatkan cahaya dengan menambahkan otomatis. Dia juga mengganti lampu merah dan hijau dengan kata-kata yang dibaca Go (melanjutkan) dan Stop (berhenti).

Pada tahun 1912  Lester Farnsworth Wire, seorang detektif di Salt Lake City, Utah, Amerika serikat memilih untuk mengembalikan bentuk lampu lalu lintas merah dan hijau, sehingga ia dikreditkan sebagi orang yang menciptakan lampu lalu lintas seperti seperti sekarang ini.

Tetapi, lampu lalu lintas yang dikembangkan Lester Farnsworth Wire di Amerika Serikat bukan dari lentera bertenaga gas asli namun bertenaga listrik.

Pada tahun 1922, Garrett Morgan telah menyaksikan kecelakaan serius di persimpangan di Chicago dan menciptakan perangkat kontrol lalu lintas dan diterapkan untuk paten di atasnya pada tahun 1922.

Rambu lalu lintas buatan Morgan adalah tiang dengan ujung berbentuk huruf T yang terdiri dari tiga sinyal yaitu “Stop”, “Go”, dan posisi “Stop” untuk semua arah.

Baca Juga :  Harga Toyota Fortuner 2021 Yang Wajib Kalian Tau

Sinyal ketiga ini membuat para pengguna jalan mempunyai interval waktu dari berhenti sampai jalan kembali atau sebaliknya. Penggunaannya bukan hanya menguntungkan para pemakai kendaraan dalam hal keamanan, tetapi juga untuk para pejalan kaki, terutama pada jalan dengan persimpangan yang sangat ramai.

Temuan Morgan bisa dibuat dalam posisi setengah tiang. Posisi ini lebih efektif memberikan sinyal kepada para pengendara agar lebih berhati-hati di persimpangan yang sepi, karena pengendara dari arah lain bisa datang kapan saja tanpa bisa dideteksi sebelumnya.

Teknologi rambu lalu lintas Morgan lalu dipakai di Amerika Utara sampai penggunaannya diganti dengan lampu lalu lintas sistem lampu hijau, kuning, dan merah, seperti yang dipakai sampai sekarang.

Kematian

John Peake Knight meninggal pada tanggal 23 Juli 1886 saat umur 58 tahun. Dia dimakamkan di Pemakaman Brompton di London. John Peake Knight mendapat penghargaan Legion of Honour pada tahun 1878.

Penutup

Itulah biodata John Peake Knight seorang penemu lampu lalu lintas pertamakali. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :  Wikipedia