Biodata John Stuart Mill, Reformator Utilitarianisme Sosial

Biodata John Stuart Mill, Reformator Utilitarianisme Sosial

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata John Stuart Mill seorang reformator utilitarianisme sosial. Penasaran ingin tahu tentang seorang reformator utilitarianisme sosial, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata John Stuart Mill :

Lahir : 20 Mei 1806 Pentonville, London, Inggris

Meninggal : 8 Mei 1873 (umur 66) Avignon, Prancis

Tempat Tinggal : Inggris

Kebangsaan : Inggris

Era : Filsafat abad ke-19, Ekonomi klasik

Sekolah : Empirisme, utilitarianisme, liberalisme

Kepentingan utama : Filsafat politik, etika, ekonomi, logika induktif

Gagasan penting : Publik / ruang privat, kesenangan hirarki di Utilitarianisme, liberalisme, feminisme liberal awal, prinsip kerugian, Metode Mill

 

John Stuart Mill adalah seorang filsuf asal Inggris, ahli politik ekonomi dan pegawai negeri sipil. Dia adalah seorang kontributor berpengaruh untuk teori sosial, teori politik dan politik ekonomi. Dia disebut juga “Filsuf yang paling berpengaruh dari abad kesembilan belas”. Konsepsi Mill tentang kebebasan membenarkan kebebasan individu dalam oposisi terhadap kontrol negara terbatas.

Biografi

John Stuart Mill lahir di Pentonville, London, Inggris, pada tanggal 20 Mei 1806. Ayahnya bernama James Mill adalah seorang sejarawan dan akademisi. Stuart Mill mempelajari psikologi, yang merupakan inti filsafat Mill, dari ayahnya.

Sejak kecil, ia mempelajari bahasa Yunani dan bahasa Latin. Pada usia 20 tahun, Stuart Mill pergi ke Perancis untuk mempelajari bahasa, kimia, dan matematika.

Menurut Stuart Mill, psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan dasar yang menjadi asas bagi filsafat. Di sini, pandangannya berbeda dengan Comte.

Tugas psikologi adalah menyelidiki apa yang disajikan oleh kesadaran, artinya sistem indrawi manusia dan hubungan-hubungannya. Stuart Mill berpendapat bahwa satu-satunya sumber bagi segala pengenalan adalah pengalaman. Oleh sebab itu, induksi menjadi jalan kepada pengenalan.

Baca Juga :  Biodata Carl Bosch Penemu Metoda Tekanan Tinggi Kimia

Di dalam etika, Stuart Mill melihat hubungan timbal-balik antara manusia secara pribadi dengan masyarakat atas dasar prinsip utilitarianisme. Dengan demikian, tindakan yang dilakukan oleh manusia bertujuan membawa kepuasan bagi dirinya sendiri secara psikologis, bukan orang lain atau nilai-nilai.

Stuart Mill adalah seorang pendukung Utilitarianisme, sebuah teori etika yang dikembangkan oleh filsuf Jeremy Bentham.

Kematian

John Stuart Mill meninggal dunia di Avignon, Perancis, pada tanggal 8 Mei 1873 pada umur 66 tahun.

Penutup

Itulah tadi biodata John Stuart Mill seorang reformator utilitarianisme sosial. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : John Stuart Mill

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski