Biodata John Venn Penemu Diagram Venn

Biodata John Venn Penemu Diagram Venn

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata John Venn seorang penemu diagram Venn. Penasaran ingin tahu tentang penemu diagram Venn, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata John Venn :

  • Lahir : 4 Agustus 1834, Kingston upon Hull, Yorkshire, Inggris
  • Meninggal : 4 April 1923 (umur 88) Cambridge, Inggris
  • Orang tua : Martha Sykes dan Pdt Henry Venn
  • Pasangan : Susanna Carnegie Edmonstone
  • Kebangsaan : Inggris
  • Bidang : Matematika, Logika, Filsafat
  • Institusi : University of Cambridge
  • Almamater : University of Cambridge
  • Penghargaan : Fellow dari Royal Society

John Venn ialah seorang matematikawan, ahli logika dan filsuf berkebangsaan Inggris yang menemukan diagram Venn. Dengan menggunakan diagram Venn ini, relasi antar himpunan menjadi lebih mudah dipahami.

John Venn yang memperkenalkan diagram Venn, yang dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti: teori set, probabilitas, logika, statistik, dan ilmu komputer.

Biografi

John Venn lahir pada tanggal 4 Agustus 1834 di Kingston Upon Hull, Yorkshire dari pasangan Martha Sykes dan Pdt Henry Venn, yang merupakan rektor paroki Drypool. Ibunya meninggal pada saat Venn berumur tiga tahun.

Diagram Venn untuk set A, B, dan C
Diagram Venn untuk set A, B, dan C

John Venn dididik oleh guru privat sampai tahun 1853 di Gonville dan Caius College, Cambridge. Pada tahun 1857, Venn mendapat gelar dalam matematika dan menjadi seorang  fellow.

Pada tahun 1862, Venn kembali ke Universitas Cambridge sebagai dosen dalam ilmu moral, belajar dan mengajar logika dan teori probabilitas.

John Venn menikah dengan Susanna Carnegie Edmonstone pada tahun 1868, dari pernikahannya tersebut mereka dikaruniai seorang putra, bernama John Archibald Venn.

Baca Juga :  Biodata Robert Dennard Penemu RAM Komputer

Pada tahun 1883, Venn dipilih sebagai mahasiswa Fellow dari Royal Society dan pada tahun yang sama Venn dianugerahi Sc.D. oleh Cambridge.

Hubungan antara set A, B dan C
Hubungan antara set A, B dan C

Diagram Venn

Diagram Venn dari 4 set
Diagram Venn dari 4 set

Diagram Venn atau diagram set adalah diagram yang menunjukkan semua kemungkinan hubungan logika dan hipotesis di antara sekelompok (set/himpunan/grup) benda/objek.

Sebagai bagian ilmu matematika, diagram Venn ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1880 oleh John Venn untuk menunjukkan hubungan sederhana dalam topik-topik di bidang logika, probabilitas, statistik, linguistik dan ilmu komputer.

Kematian

John Venn meninggal dunia pada tanggal 4 April 1923 saat umur 88 tahun di Cambridge, Inggris.

Penutup

Itulah biodata John Venn seorang penemu diagram Venn. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski