Biodata George Eastman Penemu Film Gulung

Biodata George Eastman Penemu Film Gulung

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata George Eastman seorang penemu film gulung. Penasaran ingin tahu tentang penemu film gulung, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata George Eastman :

Lahir 12 Juli 1854 Waterville, New York, Amerika Serikat 

Meninggal :  14 Maret 1932 (umur 77) Rochester, New York , Amerika Serikat 

Tempat peristirahatan : Abu dimakamkan di Eastman Business Park (Taman Kodak)

Kebangsaan :  Amerika

Pendidikan : University of Rochester

Struktur : Eastman Theatre

Dikenal : pelopor Fotografi  Pendiri Eastman Kodak

Kekayaan bersih :  USD $ 95.000.000 saat kematiannya (sekitar 1/611th dari AS GNP)

Orangtua : George Washington Eastman (1815-1862) dan Maria Kilbourn (1821-1907)

Awal kehidupan

George Eastman adalah pendiri dari Eastman Kodak Co. dan penemu film gulung, serta berjasa menyebarluaskan fotografi. Film gulung ini merupakan dasar dari penemuan film bergerak yang digunakan oleh pembuat film awal Thomas Alva Edison, Lumière bersaudara dan Georges Méliès.

Eastman lahir di Waterville, New York, sekitar 20 mil sebelah barat daya dari Utica, New York pada 12 Juli 1854. Orang tuanya adalah pasangan George Washington Eastman dan Maria Kilbourn.Saat berusia 14 tahun dia sempat dikeluarkan dari sekolah menengah dan mulai bekerja sebagai petugas kantor.

Kodak

Pada tanggal  4 September 1888, Eastman mendaftarkan merek datang Kodak, yang disusunnya berdasarkan huruf-huruf kesukaannya, dan menerima paten untuk kameranya yang menggunakan film gulung.

Dari sinilah muncul frasa “You press the button, we do the rest.” (Anda menekan tombolnya, kami mengerjakan setelahnya)

Baca Juga :  Biodata Marc Delafontaine Penemu Unsur Holmium

Kamera temuan Eastaman berharga 25 Dolar Amerika dan dapat digunakan untuk mengambil 100 gambar dengan satu film gulung. Kemudian, pengguna memberikan film gulungnya ke Kodak untuk diproses.

Layanan ini pada saat itu dihargai 5 Dollar. Selain menciptakan Kodak, Eastman ikut menyumbang pendirian Sekolah Musik Eastman dari Universitas Rochester yang dipimpin oleh Alfred Klingenberg.

Pada tahun 1925, Eastman melepas manajemen sehari-hari Kodak, dan menduduki jabatan ketua. Setelah masa ini, dia memusatkan kegiatannya pada kegiatan derma.

Akhir hidup

Dua tahun sebelum meninggal, Eastaman menderita suatu nyeri yang hebat, Dia mengalami kesulitan berjalan dan berdiri. Dalam kedokteran modern, dimungkinkan Eastman menderita stenosis spinalis, penyempitan saluran sumsum tulang belakang karena peradangan.

Eastaman terus mengalami depresi dan hari-hari dihabiskannya di kursi roda. Pada tanggal 14 Maret 1932, Eastaman mengakhiri hidupnya dengan satu tembakan dan meninggalkan pesan, “Pekerjaan saya sudah selesai. Mengapa menunggu lagi?”. Eastman dimakamkan di Kodak Park di Rochester, New York.

Warisan

Dalam hidupnya, Eastaman memberikan 100 juta dollar, sebagian besar untuk Universitas Rochester dan Massachusetts Institute of Technology (dengan nama “Tuan Smith”). Untuk mengenang jasanya, Universitas Rochester membangun suatu gedung yang dipersembahkan untuk Eastman. Eastman turut membantu Tuskegee Institute dan Hampton Institute.

Rumahnya di 900 East Avenue di Rochester menjadi sebuah museum fotografi dan fim pada tahun 1947. Untuk memperingati 100 tahun kelahirannya, Eastman dihargai dengan pemuatan fotonya di perangko kantor pos Amerika Serikat.

Penutup

Itulah biodata George Eastman seorang penemu film gulung, semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Georg Karl von Hevesy Penemu Unsur Kimia Hafnium

sumber : wikipedia.org & Biografi.Penemu

Baca Juga :  Biodata Albert Einstein Penemu Teori Relativitas