Biodata John von Neumann Penemu Struktur dan Arsitektur Mesin Von Neumann

Biodata John von Neumann Penemu Struktur dan Arsitektur Mesin Von Neumann

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata John von Neumann seorang penemu struktur dan arsitektur mesin von neumann. Penasaran ingin tahu tentang penemu struktur dan arsitektur mesin von neumann, simak penjelasannya berikut ini.

John von Neumann (28 Desember 1903 – 8 Februari 1957) ialah seorang matematikawan, fisikawan, ahli ilmu komputer, insinyur , dan polimatik dari Hongaria-Jerman. Von Neumann secara umum dianggap sebagai matematikawan terkemuka pada masanya dan dikenal sebagai “wakil matematikawan hebat terakhir”. Dia mengintegrasikan ilmu murni dan ilmu terapan.

Von Neumann memberikan kontribusi penting pada banyak bidang, termasuk matematika, fisika, ekonomi, komputasi, dan statistika. Von Neumann adalah pionir dalam menerapkan teori operator pada bidang mekanika kuantum untuk mengembangkan analisis fungsional dan seorang sosok kunci dalam perkembangan teori permainan, konsep cellular automaton, universal constructor, dan komputer digital.

Von Neumann menerbitkan lebih dari 150 makalah pada masa hidupnya, sekitar 60 diantaranya berisi tentang matematika murni, 60 tentang matematika terapan, 20 tentang fisika, dan sisanya mengenai bidang matematika yang khusus atau bidang non-matematika.

Karya terakhirnya, manuskrip yang belum selesai dan ditulis ketika ia berada di rumah sakit, diterbitkan dalam bentuk buku berjudul The Computer and the Brain. Analisisnya tentang struktur replikasi diri  mendahului penemuan struktur dari DNA.

Arsitektur von Neumann

Struktur Mesin Von Neumann

Arsitektur von Neumann adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann pada tahun 1903 hingga 1957. Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini.

Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmetika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.

Baca Juga :  Biodata Antonio de Ulloa Penemu Platina Atau Platinum

John Van Neumann ialah seorang ahli matematika yang merupakan konsultan pembuatan ENIAC pada tahun 1945 mencoba memperbaiki kelemahan ENIAC dengan rancangan komputer barunya, bernama EDVAC (Electronic Discrete Variable Computer) dengan konsep program tersimpan.

Pada tahun 1946 komputer dengan stored-program concept dipublikasikasikan, yang kemudian di kenal dengan Komputer IAS (Computer of Institute for Advanced Studies).

Penutup

Itulah biodata John von Neumann seorang penemu struktur dan arsitektur mesin von neumann. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski