Biodata Konrad Zuse Penemu dan Programmer Komputer Awal

Biodata Konrad Zuse Penemu dan Programmer Komputer Awal

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Konrad Zuse seorang penemu dan programmer komputer awal. Penasaran ingin tahu tentang penemu dan programmer komputer awal, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Konrad Zuse :

  • Lahir : 22 Juni 1910 di Berlin-Wilmersdorf, Jerman
  • Meninggal : 18 Desember 1995 di Hünfeld (dekat Fulda), Jerman
  • Orangtua : Emil Wilhelm Albert Zuse dan Maria Crohn Zuse
  • Pasangan : Gisela Ruth Brandes
  • Anak-anak : Horst, Klaus Peter, Monika, Hannelore Birgit, dan Friedrich Zuse
  • Dikenal atas :  Penemu komputer digital elektronik pertama yang dapat diprogram sepenuhnya, dan bahasa pemrograman

Konrad Zuse (22 Juni 1910–18 Desember 1995) adalah seorang insinyur sipil, penemu dan perintis komputer asal Jerman. Zuse memperoleh gelar semi-resmi “penemu komputer modern” untuk rangkaian kalkulator otomatisnya, yang dia ciptakan untuk membantu kalkulasi tekniknya yang panjang.

Awal kehidupan

Konrad Zuse lahir pada tanggal 22 Juni 1910, di Berlin-Wilmersdorf, Jerman, dan merupakan anak kedua dari dua bersaudara dari pegawai negeri sipil Prusia dan petugas pos Emil Wilhelm Albert Zuse dan istrinya Maria Crohn Zuse.

Adik Zuse bernama Lieselotte. Dia menghadiri serangkaian sekolah tata bahasa dan sempat mempertimbangkan karir di bidang seni, tetapi dia akhirnya mendaftar di Sekolah Tinggi Teknik (Technischen Hochschule) di Berlin-Charlottenburg, dan lulus dengan gelar di bidang teknik sipil pada tahun 1935.

Setelah lulus, Zuse mulai berkarir sebagai insinyur desain di Henschel Flugzeugwerke (pabrik pesawat Henschel) di Berlin-Schönefeld. Zuse mengundurkan diri setahun kemudian setelah memutuskan untuk mengabdikan hidupnya sepenuhnya untuk pembangunan komputer, pekerjaan yang dia lakukan tanpa henti antara tahun 1936 dan 1964.

Baca Juga :  Biodata James Smithson Tennant Penemu Iridium dan Osmium

Pada tahun 1945, Zuse menikah dengan salah satu karyawannya, Gisela Ruth Brandes. Mereka memiliki lima anak: Horst, Klaus Peter, Monika, Hannelore Birgit, dan Friedrich Zuse.

Kalkulator Z1

Salah satu aspek tersulit dalam melakukan penghitungan besar dengan mistar hitung atau mesin tambahan mekanis adalah melacak semua hasil antara dan menggunakannya di tempat yang tepat selama langkah penghitungan selanjutnya.

 Zuse ingin mengatasi kesulitan itu. Dia menyadari bahwa kalkulator otomatis akan membutuhkan tiga elemen dasar: kontrol, memori, dan kalkulator untuk aritmatika.

Pada tahun 1936 Zuse membuat kalkulator mekanis yang disebut Z1. Ini adalah komputer biner pertama. Zuse menggunakannya untuk menjelajahi beberapa teknologi terobosan dalam pengembangan kalkulator: aritmatika floating-point, memori berkapasitas tinggi, dan modul atau relai yang beroperasi dengan prinsip ya / tidak.

Komputer yang dapat diprogram sepenuhnya

Ide Zuse tidak sepenuhnya diterapkan di Z1 tetapi lebih berhasil dengan setiap prototipe Z. Zuse menyelesaikan Z2, komputer elektro-mekanis pertama yang berfungsi penuh pada tahun 1939, dan Z3 pada tahun 1941.

Z3 menggunakan bahan daur ulang yang disumbangkan oleh sesama staf universitas dan mahasiswa. Itu adalah komputer digital elektronik pertama di dunia yang dapat diprogram sepenuhnya berdasarkan bilangan floating-point biner dan sistem switching.

Menurut “Kehidupan dan Karya Konrad Zuse” oleh Horst Zuse:

“Pada tahun 1941, Z3 berisi hampir semua fitur komputer modern seperti yang didefinisikan oleh John von Neumann dan rekan-rekannya pada tahun 1946. Satu-satunya pengecualian adalah kemampuan untuk menyimpan program dalam memori bersama dengan datanya. Konrad Zuse tidak menerapkannya. fitur ini di Z3 karena memori 64-kata-nya terlalu kecil untuk mendukung mode operasi ini. Karena dia ingin menghitung ribuan instruksi dalam urutan yang berarti, dia hanya menggunakan memori untuk menyimpan nilai atau angka.

Struktur blok Z3 sangat mirip dengan komputer modern. Z3 terdiri dari unit terpisah, seperti pembaca pita punch, unit kontrol, unit aritmatika floating-point, dan perangkat input / output. ”

Bahasa Pemrograman Algoritma Pertama

Zuse menulis bahasa pemrograman algoritmik pertama pada tahun 1946. Dia menyebutnya Plankalkül dan menggunakannya untuk memprogram komputernya. Zuse menulis program bermain catur pertama di dunia menggunakan Plankalkül.

Baca Juga :  Mengenal Bagian-bagian Bunga Sepatu

Bahasa Plankalkül menyertakan array dan record serta menggunakan gaya penugasan — menyimpan nilai ekspresi dalam variabel — di mana nilai baru muncul di kolom kanan. Array adalah kumpulan item data dengan tipe identik yang dibedakan berdasarkan indeksnya atau “subskripnya”, seperti A [i, j, k], di mana A adalah nama array dan i, j, dan k adalah indeksnya. paling baik jika diakses dalam urutan yang tidak terduga. Ini berbeda dengan daftar, yang paling baik jika diakses secara berurutan.

Model Z1 hingga Z3 ditutup, bersama dengan Zuse Apparatebau, perusahaan komputer pertama yang dibentuk Zuse pada tahun 1940. Zuse berangkat ke Zurich untuk menyelesaikan pekerjaannya di Z4, yang dia selundupkan dari Jerman dengan truk militer dengan menyembunyikannya di kandang kuda. rute ke Swiss.

Dia menyelesaikan dan memasang Z4 di Divisi Matematika Terapan dari Institut Politeknik Federal Zurich, di mana Z4 tetap digunakan sampai tahun 1955. Z4 memiliki memori mekanis dengan kapasitas 1.024 kata dan beberapa pembaca kartu.

Zuse tidak lagi harus menggunakan film film untuk menyimpan program karena dia sekarang dapat menggunakan kartu berlubang. Z4 memiliki pukulan dan berbagai fasilitas untuk memungkinkan pemrograman yang fleksibel, termasuk terjemahan alamat dan percabangan bersyarat.

Zuse pindah kembali ke Jerman pada tahun 1949 untuk membentuk perusahaan kedua bernama Zuse KG untuk konstruksi dan pemasaran desainnya. Zuse membangun kembali model Z3 pada tahun 1960 dan Z1 pada tahun 1984.

Wafat

Konrad Zuse meninggal pada tanggal 18 Desember 1995, karena serangan jantung, di Hünfeld, Jerman. Inovasinya tentang kalkulator yang dapat diprogram yang berfungsi penuh dan bahasa untuk menjalankannya telah menjadikannya sebagai salah satu inovator yang memimpin industri komputasi.

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Ikan Masak Kecap

Penutup

Itulah biodata Konrad Zuse seorang penemu dan programmer komputer awal. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Nikola Tesla Penemu Listrik Terbesar Sepanjang Masa

sumber : dariberbagai sumber

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski