Biodata Larry Tesler Penemu Cut, Copy Dan Paste

Biodata Larry Tesler Penemu Cut, Copy Dan Paste

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Larry Tesler seorang penemu cut, copy dan paste. Penasaran ingin tahu tentang penemu cut, copy dan paste, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Larry Tesler :

Lahir : 24 April 1945 New York AS.

Meninggal : 16 Febuari 2020 (umur 74) California

Kewarganegaraan : Amerika

Dikenal atas : penemu cut, copy dan paste

 

Lawrence Gordon Tesler adalah seorang ilmuwan komputer yang bekerja pada Xerox PARC, Apple Computer, Amazon.com, dan Yahoo! menemukan cara copy paste (yang akhirnya menjadi bahasa gaul COPAS) yang lebih sederhana.

Larry Tesler lahir di New York, Amerika Serikat  pada tanggal 24 april 1945, dan meninggal pada tanggal 16 Febuari 2020 di California.

Penemuan

Tesler bekerja pada pemrograman dari sistem Smalltalk-76 antara tahun 1973 sampai 1976, dan pada proyek itu Tesler menerapkan metode menangkap teks ke dalam memori internal komputer, yaitu “cut” / “copy,” dan kemudian memasukkan itu di tempat lain, yaitu “paste.”

Kata (copy/paste) diambil dari ide lama dalam mengedit naskah, ketika harus secara fisik memotong kata-kata pada halaman dengan gunting dan menempel di tempat lain.

Disusul kemudian oleh Apple (1981) yang mulai memunculkan penggunaan tombol ctrl C untuk mengkopi, ctrl X untuk Cut , dan ctrl V untuk mempaste. Teknologi itu semakin lengkap dengan munculnya ctrl Z untuk pembatalan (undo).

Windows pun mengadopsi teknologi hasil temuan Apple tersebut. Maka jadilah proses Copy Paste menjadi sangat mudah seperti yang hadir di depan meja Anda sekarang ini.

Baca Juga :  Biodata Felix Hoffmann Penemu Aspirin

Tesler pindah ke Xerox PARC dan memilki kehidupan yang cukup mewah beberapa dekade terakhir. Tesler sempat bekerja untuk Apple, menjadi wakil presiden Amazon.com dan Yahoo!.

Perbedaan Perintah Copy dan Paste dengan Cut dan Paste

Fungsi perintah Copy, Paste, dan Cut :

–  Copy : menggandakan teks atau file yang sudah dipilih

–  Paste : menempel teks atau file di tempat yang sudah ditentukan

–   Cut : memotong atau memindahkan kan teks atau file dari sumber data

Dalam praktiknya, kombinasi perintah yang sering digunakan adalah Copy dan Paste dengan Cut dan Paste. Lalu apa perbedaan kedua perintah tersebut?

1.  Copy dan Paste

Perintah ini memungkinkan untuk menggandakan data tanpa menghapus data sebelumnya.

Cara cepat untuk Copy-Paste :

Windows : CTRL + C kemudian CTRL + V

Mac : Command + C kemudian Command + V

2.  Cut dan Paste

Perintah ini memungkinkan untuk memindahkan data dengan menghapus data sebelumnya.

Cara cepat untuk Cut-Paste :

Windows : CTRL + X kemudian CTRL + V

Mac : Command + X kemudian Command + V

Penutup

Itulah biodata Larry Tesler seorang penemu cut, copy dan paste. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org dan Blog Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski