Biodata Marguerite Perey Penemu Unsur Fransium

Biodata Marguerite Perey Penemu Unsur Fransium

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Marguerite Perey seorang penemu unsur fransium. Penasaran ingin tahu tentang penemu unsur fransium, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Marguerite Perey :

Lahir : 19 Oktober 1909  Villemomble dekat Paris, Prancis

Meninggal : 13 Mei 1975 Louveciennes, Prancis

Kebangsaan : Prancis

Dikenal sebagai : Penemu Francium

Penghargaan : Leconte Prize (1960)

Bidang : Fisika

Marguerite Catherine Perey adalah seorang fisikawan asal Prancis, murid dari Marie Curie. Pada tahun 1939, Perey menemukan unsur francium dengan memurnikan sampel lantanum yang mengandung actinium.

Pada tahun 1962, dia adalah wanita pertama yang terpilih menjadi anggota Académie des Sciences Prancis, sebuah kehormatan ditolak oleh mentornya, Curie.

Marguerite Perey lahir pada tanggal 19 Oktober 1909 di Villemomble, Prancis, di luar Paris dimana Curie’s Radium Institute berada. Meski ia berharap bisa belajar kedokteran, kematian ayahnya meninggalkan keluarga dalam kesulitan keuangan. Perey bekerja dengan Marie Curie pada usia 19 tahun.

Perey menghabiskan satu dekade untuk memilah-milah aktinium dari semua komponen bijih uranium lainnya, yang lalu digunakan Curie dalam studinya tentang pembusukan unsur tersebut.

Meskipun Curie meninggal pada tahun 1934, laboratorium itu melanjutkan studinya tentang actinium. Beberapa tahun kemudian Perey pertama kali menyadari bahwa aktinum yang dimurnikannya memancarkan radiasi tak terduga.

Setelah studi lebih lanjut, Perey bisa mengisolasi unsur baru yang dia namakan ” francium ” untuk Prancis. Setelah penemuan itu, dia menerima hibah untuk akhirnya melanjutkan studinya di universitas, dan menerima gelar PhD dari Sorbonne pada tahun 1946.

Baca Juga :  Biodata Larry Page dan Sergey Brin Penemu Google

Perey diangkat menjadi kepala departemen kimia nuklir di Universitas Strasbourg pada tahun 1949 dan melanjutkan pekerjaannya. Di francium Perey mendirikan sebuah laboratorium yang pada tahun 1958 menjadi Laboratorium Kimia Nuklir di Pusat Penelitian Nuklir, yang menjadi direkturnya.

Ironisnya Perey berharap francium akan membantu mendiagnosa kanker, tapi sebenarnya itu bersifat karsinogenik, dan Perey mengembangkan kanker tulang yang akhirnya membunuhnya.

Marguerite Perey meninggal pada tanggal 13 Mei 1975 di Louveciennes, Prancis,  Perey meninggal karena kanker.

Francium

Francium adalah unsur kimia dengan simbol Fr dan nomor atom 87. Dulu dikenal sebagai eka – cesium dan actinium K. Ini adalah elemen elektronegatif paling sedikit kedua, hanya ada sedikit cesium, dan merupakan elemen alami paling langka kedua. (setelah astatine ).

Francium adalah logam radioaktif yang meluruh menjadi astatine , radium, dan radon. Sebagai logam alkali  ia memiliki satu elektron valensi.

Penutup

Itulah biodata Marguerite Perey seorang penemu unsur fransium. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :  en.wikipedia.org